Minggu, 24 Januari 2021 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
INOVASI VDL DI MASA PANDEMI COVID-19
 
01 Januari 2021


(Jakarta – haltebus.com) Pandemi COVID-19 membuat sejumlah pabrikan melakukan terobosan untuk memastikan perjalanan penumpang bus lebih aman. Adalah VDL Bus & Coach, pembuat bus asal Belanda yang merancang ulang busnya agar kesehatan pengemudi dan penumpang menjadi prioritas. VDL Bus & Coach menghadirkan berbagai rekomendasi dan solusi untuk rangkaian Futura dan Citea yang mengurangi risiko infeksi selama perjalanan.

Pengenalan Teknologi Udara Murni VDL (untuk Futura) dan Teknologi Udara Bersih VDL (Citea dan Futura) adalah salah satu inovasi terpenting. “Sudah jelas bahwa krisis COVID-19 berdampak besar pada VDL Bus & Coach dan industri bus. Kami harus beradaptasi dengan kenyataan baru ini. Jumlah perjalanan telah menurun tajam akibat COVID-19 dan tidak jelas seberapa cepat pariwisata akan pulih,” kata Business Manager Coach Range dari VDL Bus & Coach, Pieter Gerdingh di laman resmi VDL akhir Oktober lalu.

Menurut Gerdingh, sejak awal krisis virus corona, mereka tetap berhubungan dengan pelanggan. Dia mengungkapkan, sebagai bagian dari industri transportasi mereka ikut bertanggung jawab bersama membuat transportasi seaman mungkin. Tujuannya jelas, untuk mendapatkan kembali kepercayaan penumpang.

Virus COVID-19 menyebar dengan berbagai cara. Pengalaman menunjukkan bahwa infeksi paling sering disebabkan oleh partikel virus di permukaan dan aerosol di udara. Selain aturan dasar di dalam bus (desinfektan tangan, memakai masker dan menjaga jarak), VDL menilai ada aturan penting lainnya : mengganti udara sebanyak mungkin. Tim VDL merancang bagaimana sirkulasi udara bisa terjaga terus-menerus sehingga keberadaan partikel virus dikurangi seminim mungkin.

VDL menyebutnya Teknologi Udara Murni (Pure Air Technology) VDL. Teknologi ini melibatkan ionisasi aktif udara melalui ioniser plasma cluster. Udara yang terionisasi yang masuk ke kompartemen penumpang dari saluran udara memiliki nilai ion yang sangat tinggi sehingga tidak hanya virus tetapi juga, misalnya, debu halus dan bakteri menjadi tidak berbahaya.









Modul VDL Pure Air Technology ditempatkan di dalam saluran udara kendaraan agar tidak terlihat. Sistem udara murni aktif secara otomatis saat mesin kendaraan dihidupkan. Ini menjamin pembersihan yang konstan. Proses ionisasi disebut VDL tidak berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Teknologi udara bersih VDL juga tersedia di Futura dan Citea. Pembaruan sistem ini menawarkan peningkatan sistem pengendali suhu ruangan dan filter sirkulasi di dalam bus.

Filter F7 menjebak hingga 90 persen partikel dengan ukuran hingga 0,4 µm. dalam ukuran itu, termasuk droplet yang terpancar ketika orang berbicara atau batuk. Seperti diketahui, droplet dapat menjadi alat transportasi untuk partikel virus yang lebih kecil. Dengan filter F7 sebaran virus melalui partikel kecil dan droplet di udara bisa dihentikan sepenuhnya.









Di luar sistem sirkulasi udara, beberapa perubahan juga dilakukan untuk memastikan perjalanan yang aman dengan VDL Citea. Ada perubahan di pengedali suhu ruang bus (AC/penghangat) dengan adanya penambahan sistem ventilasi udara. “Perubahan ventilasi memungkinkan peningkatan proporsi udara segar hingga 100 persen. Adaptasi ini memastikan sedikit udara yang disirkulasi ulang untuk mengurangi resiko infeksi,” demikian penjelasan VDL terkait perubahan sistem sirkulasi udara dan pengatur suhu di dalam busnya.

Business Manager of Public Transport VDL Bus & Cioach, Alex de Jong menambahkan, kondisi yang dialami selama pandemi COVID-19 berdampak pada rencana mereka. “(Perusahaan bus) pelanggan kami harus menghadapi (kondisi) hanya sedikit orang yang menggunakan transportasi umum. Ini juga memiliki konsekuensi untuk prosedur tender, terutama di Belanda. Tetapi bahkan di masa-masa sulit ini, kami terus berinvestasi dengan tujuan memperkuat posisi kami sebagai pelopor Eropa dalam electric mobility di pasar utama kami,” katanya

Pada Citea dan Futura, disediakan dispenser untuk disinfektan tangan. Dispenser ini bisa ditempatkan di beberapa tempat di dalam bus yang mudah dijangkau penumpang. Untuk VDL Citea disiapkan dispenser otomatis, sedangkan pada Futura disiapkan dispenser manual. Pada dispenser manual, dibuat sedemikian rupa hanya bisa digunakan dengan sentuhan siku. Selain itu, VDL juga menyiapkan partisi untuk kabin pengemudi di bus kota Citea dan bus jarak jauh/wisata Futura.

Agar memudahkan penumpang, VDL juga sudah menyiapkan material informasi terkait perubahan ini. Petunjuk stiker disiapkan untuk penumpang mengenali dan menggunakan fasilitas baru, sehingga bisa menciptakan kesadaran perjalanan yang aman. VDL membuat berbagai paket stiker dengan simbol yang jelas untuk menarik perhatian penumpang terhadap aturan baru yang berlaku selama perjalanan. (naskah : mai/foto : dok. vdlbuscoach.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013