Minggu, 24 Januari 2021 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
PANDEMI COVID-19 DATANG, SIRKULASI UDARA DIPERHATIKAN
 
08 Januari 2021


(Jakarta – haltebus.com) Sistem sirkulasi udara di dalam bus selama pandemi COVID-19 sangat diperhatikan. Tidak terkecuali oleh pabrikan bus asal Belgia, Van Hool yang memperkenalkan sistem pemurnian sirkulasi udara yang bisa diaplikasikan ke semua produknya. Baik produk yang baru keluar dari perakitan maupun bus-bus yang kini sudah beroperasi.

“Van Hool Clean Air Purifying System (CAPS) menyediakan pembersihan aktif udara interior baru maupun bekas. Setiap elemen filter CAPS menggunakan tiga teknologi berbeda, semuanya bertujuan untuk menghancurkan bakteri dan virus yang mungkin ada di udara untuk didaur ulang di dalam kabin bus,” demikian pernyataan tertulis Van Hool, Kamis (29/10/20).

Perusahaan pembuat bus yang bermarkas di Koningshooikt itu menyiapkan semua komponen CAPS yang dibutuhkan. Pada bus baru komponen CAPS sudah terpasang, sementara untuk bus-bus pelanggan mereka yang sudah beroperasi ada paket perubahan sirkulasi udara kabin bus yang disiapkan Van Hool. Layanan perubahan sistem sirkulasi udara yang baru ini adalah bagian dari program Future Proof Coach (Pembuktian Bus Masa Depan) yang diusung Van Hool.

Program Future Proof Coach telah menawarkan beberapa solusi pandemi COVID-19 sejak Mei 2020. Ada perubahan perangkat lunak heating, ventilation, and air conditioning atau yang dikenal dengan HVAC. Ini adalah sistem pengendalian suhu ruangan. Demi menjamin keamanan perjalanan dari sebaran virus corona, ada pemrograman ulang HVAC pada bus Van Hool. Sistem distel agar udara segar dari luar bisa masuk sebanyak mungkin, antara 80 hingga 100 persen tergantung pada jenis bus.

Ada juga pembatas penumpang yang membatasi antara setiap baris kursi. Ada pembatas pengemudi dan penumpang di kabin pengemudi. Ada pula tanda khusus di setiap kursi yang tidak boleh ditempati. Van Hool juga menempatkan dispenser disinfektan untuk tangan/hand sanitizer pada dua pintu masuk yang mudah dijangkau penumpang.

Van Hool CAPS menjadi inti dari perubahan dalam beradaptasi dengan situasi pandemi COVID-19. Sistem ini bisa diaplikasikan pada bus yang diproduksi sebelum masa pandemi COVID-19. Van Hool menyebut sistem penyaringan udara ini unik. Mereka mengklaim, “memberikan solusi yang lebih baik dari pemfilteran pasif (filter kelas G3, misalnya, hampir tidak berdampak pada virus dan bakteri).”

Demi memperhatikan pasar Van Hool di Eropa dan Amerika, tim teknis Van Hool bekerja sama dengan Sanz Clima (Spanyol) dengan sistem SECURE AIR 3 mereka. Sanz Clima dikenal luas reputasinya dalam sistem HVAC untuk bus dan kendaraan komersial lainnya.

Berbeda dengan pengoptimalan perangkat lunak HVAC, di mana sebanyak mungkin udara segar dari luar diperbolehkan masuk ke dalam kendaraan (80 hingga 100 persen tergantung pada jenis kendaraan), Van Hool CAPS bekerja pada udara interior bus bekas. Tidak seperti udara luar yang segar, dalam udara bus bekas ini mungkin mengandung aerosol dengan bakteri dan kuman seperti COVID-19. Pembersihan aktif dengan Van Hool CAPS adalah solusi sempurna untuk menghilangkan patogen.

Van Hool CAPS menggunakan penyaringan aktif pada awal daur ulang udara interior. Bergantung pada jenis atau bus Van Hool, udara interior yang masuk akan didaur ulang dilengkapi dengan empat atau enam elemen filter. Setiap bus Van Hool dilengkapi dengan sistem daur ulang yang kuat sebagai standar, dengan kapasitas untuk menyegarkan volume udara di interior dalam waktu kurang dari satu menit.

Setiap elemen filter CAPS menggunakan tiga teknologi berbeda. Semuanya bertujuan untuk memusnahkan bakteri dan virus yang mungkin ada di udara yang didaur ulang. Filter elektrostatik menangkap partikel debu, bakteri dan partikel virus dan menghancurkannya menggunakan tegangan listrik tinggi (ionisasi).

Udara kemudian disterilkan menggunakan lampu UV-C. Virus dan bakteri dinonaktifkan. Pada saat yang sama, fotokatalisis berlangsung. Ini adalah proses kimiawi dimana virus dan bakteri dimusnahkan karena aksi penyerapan sinar UV-C. Van Hool CAPS tidak membutuhkan perawatan khusus. Elemen filter hanya perlu diganti setelah 8.000 jam dan setara dengan 500.000 km.

Perangkat Van Hool CAPS dapat dipesan untuk semua gerbong tur baru, tetapi juga dapat dipasang ke kendaraan bekas. Perbaikan seluruh sistem hanya membutuhkan waktu satu hari. Van Hool membuka jaringan mereka di Eropa dan Amerika untuk menerima pelanggan yang ingin mengubah sistem pendukung kabin penumpang yang lebih aman dari bakteri, kuman dan mikroba lainnya, termasuk partikel virus corona penyebab COVID-19. (naskah : mai/foto : vanhool.be)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013