Minggu, 24 Januari 2021 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
TRANSJAKARTA AWALI 2021 DENGAN BUKA PELUANG BUS LISTRIK
 
09 Januari 2021


(Jakarta – haltebus.com) Mengawali tahun 2021 PT. Transportasi Jakarta (Transjakarta) membuka peluang pabrikan bus listrik untuk menghadirkan bus-bus terbaik mereka. Perusahaan daerah yang menjadi pengelola transportasi di DKI Jakarta ini menyambut baik antusias beberepa merek bus listrik, dalam dan luar negeri, yang ingin mendukung program Langit Biru Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Tahun 2021 ini, rencananya PT. Transjakarta mulai mengoperasikan bus listrik secara bertahap.

“Pada prinsipnya, kami menyambut baik antusiasme yang sekarang ada, baik itu dari pabrikan luar negeri maupun dalam negeri untuk berpartisipasi dalam mengadakan bus listrik bagi operator. Kalau semua lulus kajian dan uji teknis dari Dishub maka kami akan memberikan kriteria komersialnya nanti,” kata Direktur Utama PT. Transjakarta, Sardjono Tjitrokusumo di Jakarta, Kamis (7/1/21).

Menurut pria yang akrab disapa Jhony ini, antusiasme ini terlihat dari merek-merek bus listrik yang muncul. Ada Mobil Anak Bangsa (MAB), BYD, Skywell, Higer, Zhongtong dan INKA dengan E-Inobus.



Jhony mengatakan operator Transjakarta yang akan menggunakan bus listrik dapat memilih bus listrik yang digunakan. Tentunya, lanjut dia, dengan kualitas yang baik, yang memiliki dukungan penuh purna jual dari Agen Pemegang Merek. Transjakarta sebagai pengguna nantinya akan menyerahkan pemilihan merek kepada operator dengan skema kerja sama yang sudah ditetapkan. Yakni, dengan pola BDMI (Bus, Driver, Maintenance & Insurance) yang baru dijalankan oleh Transjakarta. Pola ini, kata dia, akan menjamin keterandalan armada secara teknis sebagai pemenuhan standar pelayanan.

Sejauh ini, baru BYD yang sudah melakukan uji coba komersial bersama PT. Transjakarta dan dinyatakan memuaskan pada September 2020 lalu. Transjakarta juga akan merencanakan untuk melakukan uji coba unit-unit bus listrik dari pabrikan lain. “Harapan kami, di tahun 2021 ini secara bertahap pada pertengahan semester kedua, bus listrik sudah mulai dapat digunakan dan dirasakan oleh masyarakat Jakarta,” kata Jhony lagi.

Setiap pabrikan, menurut Jhony, harus melalui mekanisme kerja sama yang sudah ditetapkan. Masing-masing pabrikan harus lolos uji teknis terlebih dahulu, yang dibuktikan dengan dokumen-dokumen teknis dari Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta. Setelah itu, baru PT. Transjakarta bisa memberikan kesempatan untuk uji coba secara komersial. “Sebelum nantinya pihak operator akan melakukan penjajakan untuk melakukan pembelian,” ujar Jhony menambahkan penjelasannya.

Transjakarta melakukan serangkaian uji coba panjang sebagai bagian dari mengidentifikasi kebutuhan operasional di Jakarta. Berdasarkan catatan haltebus.com, Transjakarta beberapa kali melakukan uji coba bus listrik dalam keadaan kosong dan dengan beban tanpa penumpang. Ada pula uji coba dengan penumpang di area terbatas, sebelum akhirnya melakukan uji coba di jalan raya dengan mengangkut penumpang. Semua uji coba ini dicatat dan didokumentasikan sebagai bahan evaluasi yang pada akhirnya bisa membantu tim Transjakarta mendapatkan bus yang sesuai kebutuhan operasional sehari-hari di Jakarta.

Sejumlah operator juga sudah melakukan penjajakan dengan pabrikan bus listrik. Perum Pengangkutan Djakarta (PPD) misalnya menjajaki kerja sama dengan uji coba bersama Inobus dan BYD. Sebelumnya perusahaan yang juga Badan Usama Milik Negara transportasi yang beroperasi di Jakarta ini menjajaki kerja sama dengan MAB.

Operator bus Transjakarta lainnya, DAMRI juga sudah merencanakan pengoperasian bus listrik. Salah satu prototipenya yang dibuat Edison Motor sudah tiba di Jakarta. Tidak hanya untuk kebutuhan transportasi bus di kota Jakarta, DAMRI menyiapkan rencana untuk kebutuhan komuter dan antar kota. Desember lalu, DAMRI mengungkapkan program retrofit armada mereka dari penggerak diesel ke motor listrik. (naskah : mai/foto : dok. PT. ransjakarta/PPD/haltebus.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013