Jumat, 05 Maret 2021 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
IRIZAR SIAPKAN BUS UNTUK PERJALANAN AMAN
 
15 Februari 2021


(Jakarta – haltebus.com) pabrikan bus Spanyol, Irizar, November lalu mengumumkan pengembangan sistem sirkulasi dan pengatur suhu ruangan. Bekerja sama dengan pabrikan AC Hispacold, mereka memperbaharui sistem penyaringan udara pada Hispacold eco3, sistem pengatur suhu ruangan (air conditioning) yang digunakan Irizar.

“Irizar grup berkomitmen mendorong mobilitas kolektif yang berkelanjutan dan pengunaan bus sebagai alternatif terbaik dalam menciptakan manfaat dalam upaya mewujudkan keselamatan, efisiensi, konektivitas dan mengurangi emisi gas buang dan suara. Perjalanan bersama Irizar bus semakin aman dan lebih terjaga dalam jangka panjang,” demikian pernyataan Irizar yang dirilis akhir November lalu.

Irizar mengungkapkan, selama Oktober, Hispacold eco3 diuji oleh lembaga antariksa Spanyol di bawah naungan Kementerian Pertahanan (INTA). Dari hasil pengetesan Divisi Pertahanan Biologi INTA dilaporkan, sistem pengendali suhu ruangan (HVAC) mengurangi virus corona sampai 99,7 persen. Pengetesan dilakukan pada bus Irizar i6 dengan panjang 15 meter yang dilengkapi Hispacold eco3 35 kW










INTA melakukan pengetesan dengan menyebarkan virus MR2 yang menjadi penyebab penyakit demam seperti campak. Virus ini lebih kuat dibandingkan virus corona SAR-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19. Dalam keterangannya Irizar menyebut virus MR2 10 kali lebih tahan dibandingkan SAR-CoV-2. Virus disebar di kabin penumpang. Tujuannya, melihat efektivitas sistem HVAC yang terpasang pada Irizar i6, mampu memutar udara dalam kabin penumpang, sekaligus mematikannya dengan metode ionisasi.

Menurut Irizar, pada percobaan itu, virus SAR-Cov-2 tidak digunakan, tetapi digantikan dengan virus lain yang bisa merepresentasikan tujuan uji coba. Sebab, ada peraturan di Spanyol yang mengharuskan perlindungan pekerja terkait resiko ancaman biologis di tempat kerja. Meski diganti, virus yang digunakan dalam uji coba, dinilai mewakili cara kerja Hispacold eco3 dalam membunuh virus dan mikro organisme yang melayang bersama udara. Semua tim yang menguji menggunakan peralatan lengkap pelindung diri yang menutup seluruh tubuh.

Sejatinya, Hispacold eco3 adalah alat penyaring/pemurni udara. Dibuat oleh pabrikan HVAC Hispacold yang masih satu grup dengan Irizar. Hispacold eco3 menjadi perlengkapan HVAC standar di Irizar. Saat bekerja, ion yang dilepaskan Hispacold eco3 itu memancarkan ion ke udara, menciptakan lingkungan yang bebas dari virus, termasuk SARS-CoV-2, mikro organisme, bakteri, kuman, alergen, dan partikel debu.

“Selain itu, selama proses pembentukan ion, ozon diproduksi dalam konsentrasi yang sangat rendah (<0,05 ppm), yang tidak berbahaya bagi penumpang. Ini menghilangkan bau tak sedap dan meningkatkan konsentrasi oksigen di kompartemen penumpang, mengurangi rasa lelah di antara penumpang dan pengemudi,” demikian pernyataan Irizar.

Solusi mengantisipasi peredaran virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 yang ditawarkan Irizar melalui Hispacold eco3 ini sangat menarik. Hanya dengan menempatkan penjernih udara Hispacold eco3 di sistem udara balik, pembersihan dan desinfeksi udara interior dilakukan. Dalam sistem HVAC standar pada Irizar, ada pula ventilasi yang mendistribusikan udara yang diolah kembali ke interior kendaraan.

Pabrikan bus yang memiliki jaringan global yang luas itu mengklaim, pembaruan udara interior yang konstan juga merupakan kunci dalam melindungi kesehatan penumpang dan pengemudi. Sistem HVAC dirancang untuk bekerja dengan campuran udara interior dan udara luar pengganti, yang sebelum dipanaskan dan dimasukkan ke dalam kabin penumpang, melewati bagian penyaringan.

Pada sistem yang dirancang desainer Irizar, partikel yang paling berpotensi berbahaya dibuang untuk meningkatkan kualitas udara dalam kabin penumpang. Sistem HVAC Irizar diklaim menjamin udara interior diperbarui setiap 3 atau 4 menit, melebihi persyaratan regulasi regulasi. Eco3 telah terbukti sangat efektif pada kendaraan yang telah dipasangnya.

“SGS, lembaga terdepan dunia dalam inspeksi, verifikasi, pengujian dan sertifikasi, juga telah mengujinya dan mensertifikasi keefektifannya. Departemen Analisis Kimia di Fakultas Kimia Universitas Seville juga menguji sistem tersebut dan hasilnya menunjukkan jumlah total unit yang dibentuk oleh koloni bakteri berkurang 93 persen,” begitu pernyataan Irizar mendukung klaimnya.

Melalui efektiftas sistem HVAC dan sistem penyaringan udara yang mereka desain, Irizar menyebutnya sebagai pembuktian komitmen Irizar Group. Terutama untuk memberikan solusi dengan menawarkan perawatan kesehatan dan perlindungan bagi penumpang. Langkah ini sekaligus menjadi kontribusi mendorong kembali sektor transportasi umum bisa aktif kembali, sesuai misi mereka dalam mobilitas masa depan yang lebih aman dan berkelanjutan. (naskah : mai/foto : irizar.com/hispacold.es)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013