Kamis, 06 Mei 2021 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
MEMBUKA 2021, VOLVO LUNCURKAN BUS DOUBLE-DECKER BARU
 
16 Februari 2021


(Jakarta – haltebus.com) Volvo Buses, Divisi pembuatan bus dari Volvo Group, meluncurkan model terbaru di jajaran produk mereka di awal tahun 2021. Setelah sukses dengan model 9700 dan 9900 untuk versi bus bertingkat (double-decker), kali ini Volvo membuat model yang lebih bisa beroperasi di seluruh Eropa. Kuncinya ada di ketinggian bus hanya 4 meter. “Versi baru dari double-decker kami yang sangat diterima (pasar), Volvo 9700 DD, semakin memperluas pilihan yang tersedia bagi pelanggan kami di Eropa," kata Senior Vice President, di Volvo Buses, Ulf Magnusson, dalam keterangan yang dirilis Volvo Buses, Kamis (4/2/21).

Model terbaru yang diluncurkan itu menambah pilihan pelanggan Volvo untuk kebutuhan bus yang aman, nyaman dan modern, khususnya bus tingkat. Volvo mengklaim produk bus double-decker mereka, memiliki pilihan yang bisa disesuaikan untuk kebutuhan wisata maupun rute reguler jarak jauh. Volvo menargetkan kebutuhan bus premium dengan melengkapi produk bus double-decker mereka.

“(Untuk bus) Double-decker ada permintaan yang terus meningkat dari operator di Eropa, dan dengan kepuasan yang tinggi, kami sekarang meluncurkan versi ini untuk memenuhi tuntutan pelanggan kami yang (juga) tinggi akan kualitas, efisiensi dan produktivitas,” ujar Magnusson menambahkan.

Mengapa yang ditekankan Volvo pada produk bus terbarunya adalah tinggi 4 meter? Dalam penjelasannya, Volvo menyebut sebelumnya tinggi bus double-decker seri Volvo 9700 DD adalah 4,25 meter. Cocok untuk bisa menyusuri aspal di negara-negara Eropa. Bagi kebanyakan operator bus, operasional lintas negara, baik untuk rute reguler maupun wisata adalah keseharian mereka. Sementara, regulasi di berbagai negara tidak semuanya sama, khususnya untuk bus double-decker.

Meski tak menyebut spesifik alasan perubahan terkait ketinggian ini, Volvo menekankan bus terbaru mereka bisa beroperasi di seluruh negara Eropa. Salah seorang narasumber haltebus.com dari sebuah pabrikan di Eropa menyebutkan, mereka tak membuat bus double-decker karena alasan regulasi tiap negara yang berbeda dan masalah keamanan perjalanan.

Nah untuk masalah keamanan Magnusson punya argumen tersendiri. Bus double-decker model baru Volvo ini juga dilengkapi konektivitas yang canggih. Fitur yang disiapkan Volvo, memberikan operator bus pemantauan real time (secara langsung) yang lebih baik. Bagaimana bus beroperasi dan dikendarai, serta memungkinkan perencanaan servis untuk efisiensi yang optimal.

“Dengan bantuan Manajemen Zona, operator juga dapat menentukan seberapa cepat bus dapat dikemudikan dalam zona yang telah ditentukan sebelumnya. Ini berdampak positif pada keselamatan dan konsumsi bahan bakar,” kata Magnusson.

Volvo 9700 DD juga memiliki tingkat kebisingan yang masuk ke dalam kabin penumpang yang rendah. Kursi yang dirancang Volvo secara ergonomis untuk 96 penumpang dan sistem pengatur suhu ruangan yang efektif, dengan zona terpisah untuk penumpang dan pengemudi, memastikan perjalanan yang menyenangkan apa pun kondisi di luar.

Eksterior bus versi 4 meter ini tak berbeda dengan versi sebelumnya. Kaca depan lengkung mulai dari sisi kiri dan kanan, hingga di sisi atas, mengikuti kontur aerodinamis. Begitu juga di sisi sudut atas, di sisi kiri-kanan mulau dari depan hingga belakang tak membentuk sudut, melainkan melengkung.

Tidak ada spion yang menonjol, hanya terlihat beberapa titik kamera mulai di bagian depan samping kiri-kanan tengah hingga belakang. Kamera-kamera itu berfungsi sebagai pengganti kaca spion luar alias digital mirror. Ada pula kamera dan sensor untuk parkir dan sensor pendukung fitur-fitur canggih pergerakan bus.

Dari sisi hiburan, sistem audio, sistem multimedia dan sistem informasi penumpang tersedia dalam berbagai versi. Bukaan pintu, lorong tengah, tangga interior, dan ketinggian atap dibuat dimensi untuk memudahkan masuk dan keluar. Perusahaan bus yang membutuhkan bus tingkat memiliki pilihan fitur sesuai selera mereka.

Kabin pengemudi tak luput dari perhatian tim desainer Volvo. Kabin pengemudi di double-decker yang baru, berukuran luas dan ditinggikan, untuk meningkatkan keselamatan. Pengemudi memiliki pandangan lalu lintas di sekitarnya yang lebih luas. Bus ini juga dilengkapi dengan fitur yang membantu pengemudi. Ada Driver Alert Support (sistem peringatan untuk pengemudi), Lane Keeping Support (sistem pengendalian bus pada jalurnya) dan Collision Warning with Emergency Braking (sensor untuk menghindari benturan).









Masih ada pula fitur pengontrol rem secara elektronik, sistem stabilisasi kendaraan elektronik, dan Skid Control (anti selip). “Sistem suspensi yang dikembangkan dikombinasi dengan bobot bus yang renda menghasilkan pusat gravitasi yang rendah dan stabilitas yang sangat baik di jalan raya,” demikian pernyataan Volvo Buses. (naskah : mai/foto : volvobuses.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013