Senin, 27 Mei 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
KORIDOR PERTAMA YANG GUNAKAN BUS GANDENG
 
22 September 2011


(Jakarta – haltebus.com) Koridor XI Transjakarta Kampung Melayu – Pulogebang menjadi koridor Transjakarta pertama yang sepenuhnya dilayani bus gandeng. Rencananya 44 unit bus gandeng siap dioperasikan, saat peresmian koridor ini Desember 2011. “Pengadaan bus-bus gandeng ini dilakukan sepenuhnya oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta,” kata Kepala Badan Layanan Umum Transjakarta, Muhamad Akbar kepada haltebus.com di kantornya, Rabu (21/9/11).

Menurut Akbar, bus gandeng yang akan digunakan untuk Koridor XI ini sepenuhnya dibuat di Indonesia, yakni di PT. Inka dan PT Asian Auto Internasional (AAI). Seperti diketahui, PT. Inka mengembangkan produk yang diberi label INOBUS untuk produk bus gandengnya. Sedangkan PT AAI melabeli KOMODO pada produknya. Perinciannya, 21 unit INOBUS dan 23 unit KOMODO. Informasi tak resmi yang diterima haltebus.com menyebutkan dua karoseri di Jawa Tengah mendapat kepercayaan untuk membangun bus INOBUS. Sedangkan KOMODO siap masuk sebuah karoseri di Jawa Barat.

Akbar menjelaskan, bus gandeng sangat dibutuhkan untuk Transjakarta karena kapasitasnya lebih besar dibandingkan single bus. Menurut dia, targetnya di masa mendatang seluruh Koridor Transjakarta dilayani dengan bus gandeng.

Untuk operasional bus gandeng Koridor XI ini, BLU Transjakarta tengah dalam proses lelang untuk menentukan operator bus. “Mudah-mudahan saat pembangunan jalur Koridor XI selesai, armada sudah tersedia, kami pun sudah menentukan operatornya. Sehingga ketika semuanya siap, Korior XI sudah bisa beroperasi sepenuhnya,” kata dia.

Proses lelang untuk Koridor XI baru dimulai pekan ini. Akbar berharap pada akhir Oktober sudah bisa terpilih pemenangnya, dan penandatanganan kontrak kerja selesai paa Desember. Seperti yang berlaku pada koridor-koridor lain, kontrak kerjasama operasional dengan operator swasta ini selama tujuh tahun.

Dengan mekanisme lelang ini, Akbar menambahkan, harga operasional yang rasional per kilometer bisa tercapai. Menurut dia, cara lelang ditempuh agar tidak terjadi masalah perhitungan seperti yang terjadi di masa lalu.(mai/foto ilustrasi: mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013