Sabtu, 20 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
BARU DIRESMIKAN, EMPAT RUTE LAGI DISIAPKAN
 
29 September 2011


(Jakarta – haltebus.com)
Tiga rute bus feeder atau pengumpan yang diresmikan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Rabu (28/9/11) hanya tahap awal dari yang direncanakan. Dinas Perhubungan DKI Jakarta sudah menyiapkan empat rute tahap kedua, yang siap beroperasi tahun 2012. “Target idealnyanya setiap tahun kami menambah empat rute baru bus feeder (pengumpan),” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono di sela-sela peresmian bus pengumpan Transjakarta di Kantor Walikota Jakbar, Rabu (28/9/11).

Menurut Udar, ada dua jenis rute yang dilayani bus pengumpan ini. Rute pertama disebut rute tujuan awal (origin) atau rute yang menghubungkan kawasan pemukiman dengan Koridor Transjakarta yang sudah beroperasi. Rute kedua, disebut rute tujuan akhir (destinasi), yakni rute yang menghubungkan Koridor Transjakarta dengan pusat perkantoran yang menjadi titik aktivitas masyarakat. “Untuk pengadaan bus-bus feeder (pengumpan) ini kami mengadakan lelang, ini sesuai amanat undang-undang,” katanya

Udar menjelaskan, rute yang direncanakan untuk beroperasi tahun depan adalah rute Muara Angke – Pluit, Kelapa Gading – Jl. Yos Sudarso, Jl. Kebayoran Lama – Ratu Plaza dan Cibubur – Pinang Ranti. Rute-rute ini menurut Udar, adalah rute pengumpan Koridor TRansjakarta dari kawasan pemukiman. Dia berharap, dengan penambahan rute bus pengumpan masyarakat bisa berpindah dari kendaraan pribadi ke angkutan umum.



Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo sendiri berharap rute tahap pertama ini bisa dievaluasi oleh masyarakat dan jajaran Dinas Perhubungan, untuk perbaikan pelayanan di masa mendatang. Dia menyatakan, bus Transjakarta bisa berkembang seiiring dengan baiknya pelayanan.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala BLU Transjakarta Muhamad Akbar menjelaskan, untuk operasionalisasi bus-bus pengumpan pihaknya bekerja sama dengan operator. Sebab, menurut dia, sistem bus pengumpan yang terintegrasi dengan bus Transjakarta. Dengan satu tiket, penumpang yang naik bus pengumpan bisa melanjutkan perjalanan dengan bus Transjakarta, tanpa membeli tiket lagi.

Akbar berharap, dengan adanya bus-bus pengumpan ini penumpang bus Transjakarta makin meningkat. Menurut dia, target BLU Transjakarta adalah menuju pelayanan prima berkelas dunia.

Berdasarkan survey yang dilakukan YLKI, alasan warga Jakarta memilih Transjakarta karena lebih nyaman dan bersih, lebih cepat, lebih aman dan tarifnya lebih murah. “Mudah-mudahan kami bisa segera mewujudkan harapan itu lebih baik,” kata Akbar. (mai/foto-foto: mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013