Senin, 18 November 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
MENATAP LANGIT DARI DALAM BUS, MUNGKINKAH?
 
18 Januari 2012


(Jakarta – haltebus.com)
Sudah sebulan lebih, bus berkelir hijau tua yang unik terparkir di garasi Safari Dharma Raya, Jakarta. Model terbaru dari Karoseri Morodadi Prima, Malang, Jawa Timur itu, hanya satu unit dibuat. Bisa juga dibilang khusus. Kita bisa langsung melihat awan berarak dan menikmati sinar matahari. “Kami mendesainnya atas permintaan PO. Safari Dharma Raya, “ ujar Wakil Presiden Direktur PT. Morodadi Prima David Lie saat dihubungi haltebus.com pesan singkat telepon selulernya, Jumat (30/12/11).

Ya, yang istimewa dari New Patriot ala PO. Safari Dharma Raya adalah sunroof atau kaca di langit-langit bus, layaknya sedan mewah. Di dalam kabin bus ini, pandangan lepas tak hanya horisontal, tetapi juga vertikal ke atas, khususnya di separuh bagian tengah belakang bus. Di siang hari, tentunya kabin menjadi semakin terang, karena sinar mahahari bisa masuk dengan maksimal.

Di Eropa, desain bus dengan langit-langit berpandangan lepas ke atas, dikenal sejak tahun 1960-an, khususnya untuk bus pariwisata. ”New Patriot ini ditujukan untuk mengembalikan kejayaan Patriot di masa lalu, nantinya akan diluncurkan untuk produksi massal, tapi tanpa atap ‘terbuka’ seperti ini,” ujar David.

David mengaku, ide awal untuk membuat sunroof berasal dari PO. Safari Dharma Raya. Secara kebetulan, Morodadi Prima juga punya rencana merilis produk New Patriot. Dua ide ini kemudian diwujudkan pada produk pertama New Patriot.

Jika ditilik, kaca yang menutup langit-langit bus berbasis Mercedes-Benz OH-1526 ini, terbagi dalam dua bagian. Masing-masing bagian, ditutup dengan tiga lembar kaca. Total, ada enam kaca yang melapisi atap bus. Meski terlihat lebar, kita tidak perlu takut kepanasan, ada pendingin ruangan terpasang, seperti layaknya bus-bus lainnya. Bus ini diperuntukkan untuk bus pariwisata.

Penempatan AC pada bus ini juga unik, yakni di bagian depan. Mengingatkan kita pada bus-bus di era 90-an yang menempatkan AC di bagian depan, nyaris di ujung bus di atas kaca depan. Penempatan AC di depan tak hanya terkait hal teknis, tetapi juga estetika. Coba tengok New Patriot bus PO yang juga dikenal dengan sebutan OBL ini secara keseluruhan, pas dengan kontur lengkung kaca samping di bagian depan.

Menurut David, nama New Patriot untuk mengingatkan model Patriot yang pernah dibuat karoseri itu saat kejayaan transportasi bus di Indonesia medio 1990-an. Saat itu boleh dibilang, model keluaran Morodadi Prima ikut meramaikan jalan-jalan di Jawa dan Bali hingga Nusa Tenggara.

Lalu apa yang menarik dari bus ini selain kaca di bagian atasnya? Setiap karoseri tentu punya pilihan untuk diaplikasikan pada desain bus yang mereka buat. Begitu pula dengan Morodadi Prima. “Jika diperhatikan produk-produk kami sejak dulu ada unsur curve mulai dari bawah ke atas,” kata David.

Mengamati lebih produk yang diproyeksikan untuk meramaikan pasar bus di tahun 2012 ini, cukup mengasyikkan. ’Wajah’ depan yang elegan dan sederhana memudahkan kita mengenali karakter desain dasar ala Morodadi Prima. Hanya sedikit perubahan pada kaca depan. Pada produk sebelumnya, kaca di bagian depan yang tinggi memberikan kesan keseluruhan bus menjadi jangkung. Namun kali ini, kaca depan terlihat lebih pendek, tetapi tak mengurangi kesan tinggi. Lampu depan juga terlihat lebih sederhana. Maklum, David mengaku lebih senang berkiblat pada produk-produk bus Eropa dengan desain yang sederhana, elegan dan tak lekang oleh masa.

Garis di bagian bawah kaca pertama di samping yang melengkung ke bawah, menyatu dengan garis kaca pintu depan. Di bagian atas pola lengkung yang sama seperti menyatukan pintu dan keseluruhan kaca samping. Pola seperti ini mengecoh pandangan, seolah-olah ada titik rendah dan titik tinggi di bagian samping bus.

Ada kesan menaik, yang tergambar saat mata kita memandang bagian samping mulai pintu depan hingga ke belakang. Kuncinya terletak di keseimbangan desain dinding samping antara titik tertinggi bus, lantai dan titik terendahnya. Proporsionalitas desain dijaga oleh Morodadi. Pada bus PO. Safari Dharma Raya kesan tinggi lebih terlihat dengan penempatan kursi penumpang yang terlihat menonjol, jika diperhatikan dari sisi samping. Ini juga menjadi salah satu ciri khas PO yang didirikan Oei Bian Lay di Temanggung pada tahun 1969.

Pada bagian belakang New Patriot punya gaya tersendiri. Jika beberapa produk karoseri lain mulai mengarah ke unsur lengkung dan menggembung, Morodadi Prima mantab dengan garis sudut yang tajam. Kontur kaca belakang di sisi samping dibuat persis desain Patriot di era 90-an yang juga menyudut di bagian bawah.

Berdasarkan catatan haltebus.com, sejak pertama kali diluncurkan, nama Patriot digunakan oleh tiga produk keluaran karoseri Morodadi. Memang di era 90-an bus-bus Morodadi cukup dikenal. David Lie kepada Majalah TEMPO (6/12/04) menyebut, puncak permintaan pelanggan karoserinya, untuk bus eksekutif, dicapai di tahun 1989-1992, yakni 40 unit per bulan. Di masa-masa itu, varian Patriot mengalami puncak kejayaannya.

Menurut dia, paska krisis, target sasaran untuk pemasaran produknya adalah bus-bus eksekutif untuk bus pariwisata dan bus antar kota antar provinsi, serta bus patas. Tak heran jika, desain Patriot edisi 2012 ini terlihat eksklusif. “Desainnya elegan gak pasaran mas, ini alasan kami memesan New Patriot,” begitu komentar salah seorang Manajer Operasional bus pariwisata di Yogyakarta. (naskah : bay/mai, foto : bay/dok PO. Kalisari)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013