Senin, 18 November 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
IIBT 2012 : KONTES INDUSTRI KAROSERI BUS INDONESIA
 
03 Februari 2012


(Jakarta – haltebus.com) Untuk keempat kalinya PT. Global Expo Management (GEM) menggelar pameran yang paling ditunggu oleh pelaku industri transportasi bus di Indonesia, Indonesia International Bus and Truck Exhibition (IIBT). Tahun ini IIBT digelar pada 28-31 Maret mendatang di JIEXPO Kemayoran, Jakarta. “Setiap tahun, peserta bertambah dua kali lipat dari tahun sebelumnya,” kata Direktur Utama PT GEM Baki Lee, Kamis (2/2/12).

Baki menyatakan, IIBT yang digelar bersamaan dengan empat pameran lain ini menjadi tolok kemajuan industri karoseri bus Indonesia. Menurut dia, ada peningkatan yang cukup signifikan dari jumlah peserta. Dia belum bisa memastikan angka pasti untuk tahun ini, sebab proses registrasi masih berlangsung.

Menurut Baki, untuk pameran bus dan truk, IIBT diproyeksikan menjadi pameran terbesar se-ASEAN. Dia optimistis target itu bisa tercapai. Sebagai contoh, menurut dia, pameran suku cadang otomotif yang digelar bersamaan dengan IIBT, yakni INAPA, sudah menjadi pameran yang terbesar di ASEAN. “Tahun ini, untuk semua event yang kami selenggarakan bersamaan dengan IIBT, peserta yang terdaftar sudah mencapai seribu perusahaan, dengan areal 50 ribu meter persegi di 10 hall,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Sekjen DPP ASKARINDO, Gregory Hatibie menyatakan, IIBT yang merupakan kerja sama dengan PT. GEM dan Asosiasi Karoseri Indonesia (ASKARINDO). Menurut dia, animo anggota asosiasi meningkat setiap tahunnya. Sejak tahun lalu atau pada pameran yang ketiga seluruh Dewan Pengurus Daerah terwakili. “Alhamdulillah pengurus daerah kami mulai Lampung, Banten, Jabar, Jateng dan DIY ikut serta. Saat kami pertama pameran pesertanya tak lebih dari sepuluh perusahaan,” katanya.

Secara kualitas, IIBT dari tahun 2009 hingga 2011 terlihat meningkat. Setidaknya dilihat dari model-model bus yang dipamerkan. Di tahun 2009, belum ada model bus yang menonjol saat IIBT digelar. Saat pameran di tahun 2010, kita mengenal Evo-series dari Karoseri New Armada, Legacy dari Karoseri Laksana dan Phoenix dari Karoseri Trisakti. Di tahun 2011, muncul lagi model baru seperti Legacy SR-1 dari Karoseri Laksana dan Caesar dari Karoseri Restu Ibu, disamping penyempurnaan dari Evo-series Karoseri New Armada dan Phoenix Karoseri Trisakti.

Nah untuk tahun ini, model-model baru seperti apa yang akan mewarnai IIBT? Sumber yang juga salah satu peserta IIBT yang dihubungi haltebus.com menyebutkan, mereka tengah menyiapkan kejutan pada IIBT kali ini. Seperti apa kejutannya? “Tunggu nanti saat IIBT, ada dua opsi untuk kami tampilkan. Opsi yang mana yang kami pilih? Lebih baik jadi kejutan nanti saja,” ujarnya sambil tersenyum. (naskah : mai/foto : mai/dok)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013