Senin, 18 November 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
TIGA JANGKAR NEW ARMADA DI 2012
 
22 Februari 2012


(Jakarta – haltebus.com) Gempuran produk-produk bus baru dari berbagai karoseri lain, tak membuat gentar Karoseri New Armada. Pembuat bus asal Magelang yang berdiri sejak 37 tahum lalu ini mantab dengan desain model dan strateginya sendiri. Khusus untuk tahun 2012 ini, mereka mengandalkan tiga model untuk pelanggannya. “Kami masih mempercayakan Evo-series dan Grand Aristo untuk big bus, Magneto untuk medium bus,” ujar Direktur Marketing Karoseri New Armada, Indra Krisna kepada haltebus.com, Senin (2/1/12) lalu.


Menurut Indra, mereka sengaja belum mengeluarkan Super Bus yang diperkenalkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011 lalu. Dia mengatakan, langkah ini bagian dari strategi menghadapi persaingan yang ketat. Pengalaman New Armada membuktikan, Evo-series yang membutuhkan waktu setahun riset dan pengembangan model, kini mulai menuai hasilnya. Sejumlah besar PO bus mulai mempercayakan armadanya menggunakan Evo-series.


Untuk tahun 2012 ini, Evo-series menjadi andalan untuk di kelas bus eksklusif yang mewah. Selain menawarkan fasilitas standar bus wisata yang mewah, pelanggan juga bisa memesan bus sesuai selera. Di tahun 2012, New Armadanya juga memperkenalkan Evo-series dengan varian pintu tengah. Salah satu PO yang sudah memesan varian ini adalah PO Pahala Kencana. “Kami optimistis, memasuki tahun ketiga,di tahun 2012 ini permintaan Evo-series meningkat,” kata Indra.


Di kelas menengah, New Armada menawarkan Grand Aristo. Bus ini ditujukan untuk pasar , yang sering disebut orang kebanyakan dengan kelas bumel. Di kelas bumel range fasilitas yang ditawarkan mulai bus kelas non-AC dengan konfigurasi kursi 2-3 hingga bus AC kursi 2-2 lengkap. Hanya saja harganya masih di bawah Evo-series.


Indra menyatakan, Grand Aristo menjadi secondline untuk produk bus besar. Dia menjelaskan, rentang waktu yang panjang perjalanan New Armada sebagai sebuah karoseri, memiliki konsekuensi. “Kami punya banyak pelanggan dengan berbagai macam kebutuhan. Ada yang menginginkan bus luks, ada yang cukup bus non-AC, kebanyakan mereka adalah pelanggan setia kami,” ujar dia.


Meski menjadi secondline, dari sisi penampilan Grand Aristo tidak kalah dengan bus-bus keluaran karoseri lain. Produk Grand Aristo sendiri sudah diperkenalkan lebih dari tiga tahun lalu. Setiap tahun, ada perubahan-perubahan di tampilan depan dan belakang. Untuk bus bumel, New Armada punya pelanggan tersendiri, di tahun 1990-an seperti PO. Sumber Kencono, PO Eka-Mira, dan PO-PO Jawa Timur lainnya. Di tahun 2000-an, ada PO. Handoyo dan PO Family Raya yang juga menggunakannya sebagai bus-bus kelas AC Ekonomi atau Patas. Belum lagi pelanggan setia seperti PO. Santoso, PO. Ismo dan lain-lain


Di kelas bus sedang, Magneto menjadi andalan untuk bus wisata mewah di kelas bus ukuran sedang. Seperti ‘kakaknya’ Evos-series, Magneto menjadi bus sedang yang berkelas. Berdasarkan catatan haltebus.com untuk kelas bus sedang yang mewah ini, pemainnya tak lebih dari tujuh karoseri saja. Karena itu, Indra yakin, Magneto tetap menjadi pilihan untuk operator bus wisata. “Kami juga tengah menjajaki kemungkinan meluncurkan second line di kelas medium karena ada permintaan pasar. Formulasinya masih kami matangkan supaya tidak saling mengganggu,” katanya.


Indra optimistis, tiga produk yang menjadi jangkar atau andalan New Armada bisa bersaing dari segala aspek. Dari sisi harga, adanya range produk, kata dia, memberikan pilihan bagi pelanggan untuk bisa menyesuaikan kebutuhannya. Dari sisi model, lanjut dia, pilihan pelanggan juga bisa disesuaikan dengan selera. “Setiap PO punya permintaan yang khas, dan kami berusaha mendekatkan produk kami dengan keinginan pelanggan,” ujar dia.


Berbagai strategi memang disiapkan New Armada sejak dua tahun lalu. Sebagai salah satu karoseri yang juga berkiprah di industri otomotif nasional, sang pendiri David Herman Jaya (Liem Wan King) ingin mengembalikan kejayaannya. Jargon yang diusung, To Be Number One. Tak heran, sebab New Armada adalah salah satu karoseri yang memiliki peralatan cukup canggih. Berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam memasok komponen kendaraan minibus, dan mulai 2012 ini diaplikasikan untuk produksi bus-busnya. (naskah: mai/ foto: mai-istimewa)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013