Selasa, 23 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
UNTUK PELANGGAN, DARI PO GAJAH MUNGKUR
 
13 Februari 2012


(Wonogiri – haltebus.com)
Geliat usaha transportasi bus ternyata juga
dirasakan di pelosok Selatan Jawa. Gajah Mungkur, salah satu PO bus asal Ngadirojo, Wonogiri, Jateng, siap membuat gebrakan baru, dengan menghadirkan unit teranyarnya bulan ini. “Kami memang mempersiapkan dua unit bus untuk melayani penumpang kelas Big Top yang setia menggunakan jasa kami,” ujar Kepala Pemasaran PO Gajah Mungkur Wilayah Timur, Indra Jaya saat ditemui haltebus.com di kantornya, di Ngadirojo, Wonogiri, Jateng (11/2/12).

Menurut Indra, dinamika perkembangan di dunia transportasi bus, mengharuskan mereka juga ikut mencermati situasi. Selain mulai ramainya model-model bus terbaru yang dikeluarkan karoseri, juga tipe-tipe bus terbaru menjadi perhatian PO yang memiliki sejarah panjang di dunia transportasi bus ini.

Pria yang sebelumnya bermukim di Jakarta ini menyatakan, PO Gajah Mungkur tiga tahun terakhir tengah fokus berbenah diri. Selama itu pula, mereka mempersiapkan diri untuk peningkatan kenyamanan dan pelayanan pada pelanggan, sebelum akhirnya memutuskan peremajaan. Ditilik dari sisi armada, 30 unit bus milik PO Gajah Mungkur yang kesemuanya Mercedes-Benz dirawat secara baik. Bus terakhir yang dibeli tahun 2003 pun masih prima melayani pelanggannya. Dua unit Mercedes OH-1526 lansiran tahun 2011 melengkapi total armada menjadi 32 unit. “Dinamika dunia transportasi bus memang berkembang cepat akhir-akhir ini. Tetapi untuk peremajaan, kami lebih mementingkan pelayanan terhadap pelanggan setia kami. Jadi hadirnya bus baru demi kepuasan pelanggan,” kata Indra.

Secara umum, PO Gajah Mungkur tak jauh berbeda dengan PO-PO lain. Namun, diantara bus-bus jurusan Jakarta-Solo- Wonogiri, hanya PO Gajah Mungkur yang memiliki kelas Big Top dengan konfigurasi kursi 1-2, dengan total penumpang hanya 20 orang. PO yang menyediakan kelas serupa tak banyak untuk jurusan Jakarta-Solo. Selain PO. Gajah Mungkur, ada PO Raya (Sukoharjo) dan PO Rosalia Indah (Palur) yang menyediakan konfigurasi kursi 1-2.

Di masa kejayaan transportasi bus di tahun 1980-1990-an, ada banyak PO asal Solo-Wonogiri dan sekitarnya yang menyediakan layanan berkonfigurasi kursi 1-2 dengan jumlah penumpang antara 18 – 21 orang. Sebut saja PO. Dwi Jaya, Mulyo Indah, Muncul, Apollo, Raya dan lain-lain. Mengapa PO Gajah Mungkur masih bertahan menyediakan kelas ini? “Penumpangnya lumayan, di hari-hari tergolong sepi rata-rata 10 orang per hari naik dari Wonogiri hingga Boyolali,” ujar Kepala Operasional Wilayah Wonogiri, Wagino.

Wajar jika PO Gajah Mungkur memulai peremajaan dari kelas terbaiknya. Dengan armada berbasis Mercedes-Benz OH-1526 berkaroseri Adiputro, mereka berharap bisa memberikan yang terbaik untuk pelanggan. Kesetiaan pelanggan, kata Indra, adalah yang paling utama untuk sebuah PO bus.

Dia mengungkapkan, masing-masing PO di wilayah Wonogiri hingga Solo memiliki pelanggan khas. Setiap tipe pelanggan mewakili karakter PO yang bersangkutan. “Tapi yang pasti satu, pelanggan untuk wilayah ini umumnya sangat senang dengan bus yang nyaman,” katanya.

Ternyata isu peremajaan ini juga dipertimbangkan secara teknis. Saat haltebus.com berkunjung ke garasi Ngadirojo, Kepala Mekanik Wilayah Wonogiri, Witanto yang sehari-hari mengurusi masalah teknis juga menyebut tentang pelayanan. “Dengan bus yang diremajakan, otomatis resiko bus mogok di jalan lebih kecil dan penumpang yang diuntungkan,” kata pria yang telah 20 tahun bersama PO Gajah mungkur ini.

Indra mengaku, baru menyadari pentingnya pelayanan sebagai ujung tombak pemasaran sebuah perusahaan bus setelah terjun di dunia transportasi bus tiga tahun terakhir. Suami Niken Sukmasari menyatakan, tidak mudah mempertahankan persepsi pelanggan terhadap pelayanan PO Gajah Mungkur yang sudah dibangun pendirinya, Sumaryoto, di tengah dinamika dunia transportasi bus. Menurut dia, diperlukan inovasi dan kejelian bagaimana pelanggan dlayani. “Persaingan antar PO bolehlah sengit, tetapi PO yang memiliki pelayanan yang dinilai paling baik oleh pelanggan yang menjadi pemenangnya,” kata dia.

Di ujung pertemuan, kepada haltebus.com Indra sempat berbisik, “Tunggu kejutan lagi dari kami.” Ada yang baru? Kita lihat saja tahun 2012 ini, terobosan menarik lainnya dari PO. Gajah Mungkur. (naskah: mai / foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013