Rabu, 17 Oktober 2018 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
NAIK TRANSJAKARTA GRATIS!
 
24 Februari 2012


(Jakarta – haltebus.com)
Meski sudah lebih dari delapan tahun beroperasi, ternyata Badan Layanan Umum Transjakarta masih merasa perlu melakukan sosialisasi bus Transjakarta. Caranya pun unik, yakni dengan menggratiskan masyarakat yang bepergian naik bus Transjakarta selama sehari penuh, Minggu 26 Februari 2012. “Tujuan diadakannya program ini untuk memperkenalkan pelayanan busway kepada masyarakat luas, sehingga lebih banyak masyarakat yang mencoba dan merasakan pengalaman menggunakan busway,” ujar Kepala BLU Transjakarta, M. Akbar dalam siaran persnya Kamis, (23/2/12).


Agenda ini menurut Akbar menjadi agenda tahunan BLU Transjakarta agar penumpang Transjakarta bisa bertambah di masa mendatang. Untuk tahun ini, program naik bus Transjakarta gratis mulai 05.00 hingga 23.00 dari Koridor I hingga Koridor XI. Bus yang terlibat, 485 unit. Demi mengantisipasi kepadatan, BLU Transjakarta juga menyiagakan 4.300 petugas, yang terbagi dalam dua shift kerja.

Antisipasi teknis juga disiapkan. Tak hanya petugas, BLU Transjakarta juga menyiapkan delapan unit mobil derek, di sejumlah lokasi strategis. Jika ada bus Transjakarta yang mogok, bisa segera ditarik dari jalur. ”SPBG juga diawasi secara langsung (petugas BLU) dalam pola pengisiannya sehingga antrian bus tak memanjang,” kata Akbar.

Seolah tak mau mengecewakan penumpang, BLU Transjakarta juga menyiapkan dua posko taktis di setiap koridor. Posko ini bertugas memantau operasional bus Transjakarta. Kesiagaan petugas selama program gratis, menurut Akbar, dikondisikan seperti saat jam-jam padat di hari kerja. Maklum, dalam operasional sehari-hari, pelayanan bus Transjakarta kerap dikeluhkan penumpangnya.

Armada yang selalu penuh sesak di jam-jam sibuk dan pengaturan penumpang di halte-halte persimpangan kerap menjadi momok bagi pelanggannya. Keluhan ini bisa kita lihat di situs resmi BLU Transjakarta yakni www.transjakarta.co.id. Seperti dikutip dari kolom suara anda Kamis (23/2/12), seorang pengguna, Kevin, menulis, “YTH BLU Transjakarta saya tiap hari menggunakan busway untuk ke sekolah dimohon ditingkatkan keamanan dan kelayakan busnya. karena saya sudah dua kali satu bus dengan copet yang ada di koridor IX..selain itu tolong bus yg ada di Koridor III diperbaiki, karena sering mogok dan AC-nya sering mati.”

Keluhan lainnya juga ditulis Ita Manalu, “Armada PGC – Ancol semakin sedikit. Harap jadi perhatian. Jika memang tidak ada lagi armada yg memadai, hapuskan saja jalur PGC – Ancol.”

Dalam berbagai kesempatan M. Akbar menegaskan, pihaknya berusaha meningkatkan pelayanan Transjakarta. Semoga program gratis sehari naik bus Transjakarta bisa menjadi momentum memperbaiki pelayanan. (naskah: mai/foto: dok haltebus.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013