Sabtu, 25 Mei 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
INOVASI YANG DIGAGAS DALAM HURUF L
 
03 Mei 2012


(Jakarta – haltebus.com)
Memasuki semester kedua 2012, Karoseri Laksana mengukuhkan diri sebagai karoseri yang mengedepankan inovasi. Hal ini ditandai dengan perubahan logo baik untuk logo yang menempel pada produk maupun lambang perusahaan. “Kami ingin mengedepankan unsur bus modern dengan penggunaan logo baru,” kata GM Teknik Karoseri Laksana, Stevan Arman dalam rilis yang diterima haltebus.com Rabu (2/5/12).


Selama 30 tahun terakhir, logo yang sudah cukup melekat di hati pelanggan karoseri yang berbasis di Ungaran, Semarang, Jawa Tengah itu adalah logo bus tingkat. Dalam setiap poduknya, Laksana ‘membubuhkan’ logo bus tingkat di dalam lingkaran merah.


Kini, seiring dengan perkembangan industri karoseri Indonesia, Laksana ingin mengukuhkan diri sebagai karoseri yang menghadirkan inovasi. Menurut Stevan, perubahan logo diharapkan membawa warna baru bagi institusinya, baik secara internal maupun eksternal.


Logo baru yang digagas kali ini tetap mempertahankan ciri khas Laksana, yakni menonjolkan huruf L, huruf depan nama karoseri itu. Huruf L yang lebih runcing dan sedikit miring, kata dia, menandakan kreatifitas ide. Sedangkan huruf L yang melewati batas lingkaran, melambangkan kreatifitas yang melampaui batas-batas umum. “Seperti banyak pepatah, think out of the box, berpikir secara luas yang tak terbatas,” katanya.


Selama empat tahun terakhir, Laksana boleh dibilang berhasil mendobrak tradisi karoseri yang lazim berlaku di Indonesia. Mulai tahun 2008, Laksana memproklamirkan produk-produk baru yang tidak mengikuti selera pasar. Sebaliknya, mereka makin dilirik pasar dengan produk baru yang mereka hasilkan. Dimulai dengan Proteus, Nucleus untuk bus sedang yang juga dikembangkan untuk bus besar, Legacy, Legacy SR-1 dan terakhir Legacy SR-1 Limited Edition. Di kelas bus sedang, ada Sonic dan produk terakhir yang cukup populer adalah Tourista. Tak ketinggalan, di akhir tahun 2011, model Cityliner yang didesain untuk bus kota berlantai rendah dan diperkenalkan pada Indonesia International Motor Show 2011, diaplikasikan sebagai bus Transjakarta.


Logo baru Laksana disematkan pada produk pengembangan ketiga Legacy, yakni Legacy SR-1 Limited Edition. Meski sudah mulai diproduksi sejak medio Februari-Maret, baru sepekan terakhir emblem logo dipasang pada Legacy SR-1 Limited Edition sebagai produk unggulan mereka. Nantinya, pada semua produk Laksana terpasang logo baru ini.

Dalam dua tahun terakhir produk Legacy dan model pengembangannya yang kedua, yakni Legasy SR-1, sukses diterima pasar. Sejak kemunculannya dalam Indonesia International Bus and Truck Exhibition 2010, Legacy cukup populer, baik di kalangan pengusaha bus maupun pengguna bus.


Karena itu, semangat menghasilkan produk-produk baru yang inovatif, yang tergambar dalam logo baru, cukup beralasan. Dengan pencapaian empat tahun terakhir, kerja keras itu belum selesai. Inovasi masih terus berlanjut. (naskah : mai/foto : dok Karoseri Laksana)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013