Rabu, 20 November 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
CHASSIS HINO BERSUSPENSI UDARA, TUNGGU INFRASTRUKTUR
 
03 Oktober 2012


(Jakarta – haltebus.com)
PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) belum tertarik mengeluarkan chassis bersuspensi udara dalam waktu dekat. Menurut Direktur Promosi dan Penjualan PT HMSI, produk yang mereka tawarkan saat ini masih cukup diminati oleh pelanggan. “Kami masih menunggu pembangunan infrastruktur di Indonesia sebelum memasarkan produk chassis bus bersuspensi udara,” katanya di sela-sela Indonesia International Motor Show, pekan lalu, di Jakarta.


Santiko mengakui, rencana pengembangan chassis bus bersuspensi udara sudah dimulai sejak tahun 2010. Namun, lanjut dia, pihaknya masih memerlukan waktu untuk melepas produk chassis bersuspensi udara. “Sayangkan bus bersuspensi udara beroperasi sementara jalannya belum mendukung,” ujar dia.

Menurut Santiko, permintaan untuk chassis yang mereka jual saat ini seperti tipe R-260/RK8JSKA-NHJ dan A-215/AK8JRKA-FCJ masih mengalir. Dia yakin, kedua produk itu masih bisa bersaing di pasaran.

Kedua tipe chassis yang dipasarkan PT. HMSI memang tergolong terjangkau. Chassis R-260 yang mengusung mesin J08E-UF bertenaga 260 HP termasuk murah di kelasnya, yakni RP. 600-jutaan (harga kosong). Sementara untuk mesin depan A-215 dengan mesin J08E-UH bertenaga 215 HP hanya Rp. 400 jutaan (harga kosong).


Namun, Santiko menegaskan PT. HMSI memiliki infrastruktur untuk memproduksi chassis dengan teknologi tinggi. Tidak hanya chassis bus bersuspensi udara, tetapi juga yang berbahan bakar gas. Dalam situs resminya PT. HMSI juga menawarkan Hino CNG/RK1JSNL-RHJ bermesin J08C-VC yang menghasilkan 260HP dari bahan bakar gas.

Dalam kesempatan itu, Santiko mengungkapkan, pada semester pertama tahun penjualan truk dan bus Hino mencapai 17.096 unit. Sedikit melampaui target yang ditetapkan yakni 17 ribu unit. Hingga akhir tahun, lanjut dia, PT. HMSI menargetkan penjualan 35 ribu chassis baik truk maupun bus. Dia menambahkan, selama semester pertama Hino Heavy Truck Diesel terjual 7.139 unit dan menjadi primadona penjualan. “Pada Pameran IIMS ini kami memperkenalkan teknologi yang diusung Hino yakni truk berbahan bakar gas dan juga bus hybrid,” katanya.

Pria berkacamata ini enggan menjawab dengan tegas saat ditanya apakah saat pembangunan tol di Pulau Jawa selesai PT. HMSI akan melansir produk bersuspensi udara. Dia hanya menjawab, “Kita lihat saja nanti.”(naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013