Kamis, 22 Agustus 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
DAMRI SIAP OPERASIKAN BUS GANDENG DI KORIDOR BLOK-KOTA
 
20 November 2012


(Jakarta – haltebus.com)
Memasuki tahun kesembilan armada Transjakarta mulai diremajakan. Akhir tahun ini, Perum Djawatan Angkutan Motor Indonesia (DAMRI) telah siap mengoperasikan 22 unit bus gandeng di Koridor I (Blok-M – Kota) Desember mendatang. “Pengiriman pertama sebanyak 22 unit bus gandeng berlantai tinggi sudah di Tanjung Priok (saat ini), masih proses bea dan cukai,” kata Direktur Utama Perum DAMRI Agus Suherman Subrata saat dihubungi haltebus.com, Senin (19/11/12).

DAMRI adalah operator yang memenangkan tender pengadaan sekaligus mengoperasikan bus-bus Transjakarta untuk Koridor I (Blok-M – Kota) dan Koridor VIII (Harmoni – Lebakbulus). Damri mendatangkan 66 unit bus gandeng dari China, yang menjadi kewajiban pengadaan sesuai kontrak dengan Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta. Bus-bus yang dibuat di pabrikan Zhongtong itu merupakan peremajaan gelombang pertama armada bus-bus Transjakarta yang sudah beroperasi sejak tahun 2004.

Agus menjelaskan, dalam pengadaan 66 unit bus gandeng pihaknya telah merencanakan tiga tahap pengiriman, dan setiap tahapnya dikirimkan 22 unit bus. Pengiriman tahap kedua, lanjut dia, direncanakan pada akhir bulan ini dan pengiriman ketiga pada awal Desember. Bus-bus yang dioperasikan pun akan dilakukan secara bertahap. Pengiriman pertama, menurut dia, dioperasikan di Koridor I. “Insya Allah bulan Januari semua siap beroperasi,” katanya.

Menurut Agus, berdasarkan kontrak dengan BLU Transjakarta, operasional bus Tranjakarta Koridor I dan VIII harus sudah dimulai pada Januari 2013. Karena itu dia menyatakan, saat bus-bus gandeng sudah siap beroperasi pada Januari, berapa jumlah bus yang beroperasi di tiap-tiap Koridor pihaknya siap memenuhi ketentuan dari BLU Transjakarta. “Tergantung permintaan BLU Transjakarta semuanya 66 unit (bus gandeng) dioperasikan di Koridor I bagi kami tidak masalah,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala BLU Transjakarta M. Akbar menyatakan, selama Januari-Juni ada transisi operasional di Koridor I. PT. Jakarta Ekspress Trans yang saat ini mengoperasikan single bus di Koridor itu masih bertanggungjawab menjalankan kontrak hingga Juni 2013. “Yang single bus, 90 unit, yang lama tetap dioperasikan PT. JET hingga Juni 2013,” kata dia.

Akbar menambahkan, di saat yang hampir bersamaan pihaknya juga tengah menyiapkan pengoperasian armada bus gandeng untuk Koridor XII Tanjung Priok – Pluit. Menurut dia, ada 36 unit bus gandeng yang dipesan Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Bus-bus itu ditargetkan beroperasi pada Januari 2013. Jika rencana ini terealisasi, maka di awal tahun 2013 ada 112 bus gandeng yang beroperasi. (naskah : mai/foto ilustrasi : dok. haltebus.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013