Selasa, 23 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
SERIUS JALIN KERJASAMA LEWAT IPOMI
 
30 November 2012


(Jakarta – haltebus.com) Keseriusan Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) menjalin kerjasama di antara pengusaha bus mulai terlihat. Mereka menggelar rapat kerja ketiga tahun ini, untuk merumuskan program kerja di tahun 2013 mendatang di Semarang 26-27 November lalu. “Kami berencana menggelar beberapa pelatihan di tahun depan,” kata Ketua IPOMI, Kurnia Lesani Adnan saat dihubungi haltebus.com, Rabu (28/11/12).


Selama stahun terakhir, pengusaha muda yang sebagian besar berasal dari generasi kedua pengusaha bus ini mematangkan berbagai hal yang mereka perlukan di masa mendatang. Dalam sebuah perbincangan awal November Sani, sapaan akrab Kurnia Lesani Adnan mengungkapkan keprihatinan rekan sejawatnya akan kecapakan kru bus. Menurut dia, saat ini di kalangan operator bus ada kekhawatiran berkurangnnya pengemudi yang handal. Tak sekedar bisa mengemudikan bus tetapi juga paham betul situasi di lapangan dan masalah keselamatan penumpang.

Menurut Sani, kesadaran pemilik armada bus yang tergabung dalam IPOMI untuk mewujudkan pelayanan transportasi yang baik, mereka rumuskan dalam pertemuan dua hari di Semarang. Mereka juga ingin menunjukkan pada masyarakat, apa yang telah dilakukan anggota IPOMI terkait tanggungjawab pelayanan. “Ada tiga program yang kami canangkan di tahun 2013,” ujarnya.

Dalam triwulan pertama 2013, IPOMI meluncurkan situs yang berisi profil usaha dan kiprah para anggota. Situs internet ini, kata Sani, diharapkan bisa menjadi jembatan anggota IPOMI yang juga generasi muda pemilik dan penanggungjawab 29 PO bus dengan masyarakat. Situs internet, lanjut dia, masyarakat bisa mengetahui sejauh mana usaha anggota IPOMI untuk memberikan yang terbaik dalam pelayanan. Menurut dia, masih banyak pengusaha bus yang sadar akan tanggungjawabnya dalam melayani pengguna jasa transportasi bus.

Program lain yang tak kalah menariknya adalah pelatihan. Dua pelatihan tengah dirancang pengurus IPOMI untuk tahun 2013. Pelatihan pertama menyangkut sikap mental pengemudi bus dalam menjalankan tugasnya. Dan pelatihan kedua, ditujukan pada mekanik yang bertanggungjawab atas kesiapan operasional bus sehari-hari terkait kelayakan bus dari sisi keselamatan. “Rencananya kami gelar pelatihan pengemudi bersamaan dengan peresmian situs resmi IPOMI Februari 2013, untuk gelombang pertama pelatihan ada 60 orang pengemudi dari anggota IPOMI. Untuk yang berikutnya terbuka untuk umum,” kata dia.

Semangat pengusaha muda ini cukup tinggi. Selama setahun terakhir mereka menggelar tiga pertemuan. Dua pertemuan di Yogyakarta, yang salah satunya saat deklarasi pendirian IPOMI. Apakah ini bersaing dengan organisasi yang sudah ada seperti Organda? Menurut Sani, setiap kegiatan IPOMI dikomunikasikan baik dengan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan maupun Organda. Dalam catatan haltebus.com beberapa anggota IPOMI juga aktif sebagai anggota maupun pengurus Organda di daerahnya masing-masing. “Nanti kami undang juga dari Kepolisian, Ditjen Perhubungan darat, Organda dan masyarakat,” ujarnya.

Dalam rangkaian rapat kerja mereka menyempatkan mengunjungi garasi milik dua anggota mereka, yakni PO Sindoro Satria Mas dan PO Coyo di Semarang. Kunjungan itu selain sebagai sarana berbagi informasi, juga melihat dari dekat operasional sehari-hari antar anggota. Banyak orang meragukan effetifitas kerjasama diantara pengusaha bus ini, alasannya cukup sederhana : kerasnya persaingan antar pengusaha bus. Namun, seorang anggota IPOMI pernah mengungkapkan kegembiraannya bisa bergabung dengan pengusaha otobus yang seusianya. Tidak hanya bertukar informasi, dalam satu kesempatan kami bisa bertukar suku cadang, saling membantu jika ada armada yang rusak di jalan atau perlu perawatan,” kata anggota IPOMI yang enggan disebut namanya. (naskah : mai/ foto : dokumentasi IPOMI)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013