Senin, 21 Agustus 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
MESIN BARU AWALI PRODUK BARU BUS HINO?
 
18 Desember 2012


(Jakarta – haltebus.com) Di tahun ke-30 kehadirannya di Indonesia pabrikan chassis bus dan truk asal Jepang, Hino, memperkenalkan mesin tipe terbaru. Mesin yang menggunakan teknologi commonrail ini diaplikasikan untuk truk seri FM. 285 JD “Kami menyiapkan produk-produk yang lengkap sesuai dengan kebutuhan pelanggan,” ujar Chief Engineer Hino Motor Limited, Jepang, Kenji Nagakubo dalam presentasinya  di Jakarta, Senin (17/12/12).

Nagakubo menjelaskan, mesin berteknologi commonrail ini diperkenalkan sebagai jawaban atas kebutuhan pelanggan akan mesin yang irit bahan bakar, bertenaga, tahan lama dan perawatannya yang mudah. Mesin diesel berteknologi commonrail ini hanya untuk produk-produk yang dipasarkan di Indonesia.

Dia mengemukakan, mesin yang diperkenalkan itu juga mengantisipasi kondisi bahan bakar yang tersedia di Indonesia. Hino menyiapkan tiga filter bahan bakar mulai dari tangki, hingga ke commonrail, yang terdiri dari pre-filter, main filter-1 dan main filter-2 yang ditempatkan pada pompa penyuplai sebelum bahan bakar sampai di commonrail. “Mesin ini akan dikembangkan untuk produk-produk kami berikutnya,” kata Nagakubo.

Tawaran mesin berteknologi commonrail cukup menarik mengingat teknologi ini kebanyakan dikembangkan pada kendaraan-kendaraan penumpang bermesin diesel. Namun, Nagakobu memastikan perangkat yang digunakan memiliki daya tahan yang cukup lama. Selain komponen filter yang ditambah, injector bahan bakar model terbaru Diamond Like Carbon atau DLC yang diklaim lebih tahan lama dari tipe terdahulu.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Director PT. Hino Motor Sales Indonesia (HMSI), Toshiro Mizutani optimistis dengan produk baru ini mereka bisa menjual 40 ribu unit di tahun 2013. “Dalam 30 tahun ada banyak tantangan seperti krisis mata uang Asia, krisis Lehman Brothers (Amerika) dan sebagainya. Namun Hino Indonesia tetap bergerak maju bersama-sama konsumen,” kata dia.

Apakah mesin baru J08E-VT ini akan diaplikasikan juga pada produk bus? Sales and Promotion Director PT. HMSI, Santiko Wardoyo enggan menjelaskan secara detil. Sinyal Hino akan memperkenalkan produk barunya sudah diisyaratkan saat Indonesia International Motor Show September lalu. Sayangnya, Santiko hanya menjawab, “Nantilah pada saatnya pasti kami perkenalkan secara terbuka,” ujar dia.

Informasi yang didapat haltebus.com, PT. Hino Motor and Manufacturing Indonesia dan PT. HMSI tengah mempersiapkan varian bus terbaru. Rencananya pertengahan tahun 2013 produk baru ini meluncur di pasar Indonesia. Sayang saat tak banyak informasi yang berhasil digali karena PT. HMSI menyiapkan sebuah kejutan. “Biasanya kalau ada mesin baru, produk-produk baru juga menyusul,” kata sumber tak resmi.

Hadir dalam peluncuran ini Presiden Hino Motor Ltd, Yoshiro Shirai dan Vice Chairman , Masakazu Ichikawa dan ada pula Presiden Director HMMI, Akihito Yamanaka. Mewakili pemegang saham lainnya hadir Executive Officer Sumitomo Co, Masao Tabuchi serta Presiden Director Indomobil, Jusak Kertowidjojo. Seperti diketahui, PT. Hino Motor Manucafturing Indonesia (HMMI) dan PT. Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) usaha patungan Hino Motor Ltd dan Sumitomo Cooporation dari Jepang yang bermitra dengan
PT Indomobil Sukses Internasional Tbk.

Keberadaan Hino di Indonesia yang diawali pada tahun 1982 tak terlepas dari usaha pabrikan ini memperkenalkan produk busnya di Indonesia. Bahkan, dua tahun sebelum memproklamirkan kehadirannya di negeri ini, pemerintah Jepang menyerahkan bantuan bus Hino seri BT pada TNI AL. Hino seri BT termasuk salah satu produk yang terpopuler di jamannya.(naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013