Senin, 27 Mei 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
APA MENARIKNYA GRANDE TOURISMO DARI NEW ARMADA?
 
03 April 2013


(Jakarta – haltebus.com) Tiga tahun sudah Karoseri New Armada memproduksi model berseri Evo. Di tahun ketiga ini model itu berevolusi. Di pameran Indonesia International Bus and Truck, Evonext naik kelas menjadi bus high-level premium. Nama ultra premium coach menjadi jargon yang ditawarkan Karoseri asal Magelang, Jawa Tengah itu.

Kelas baru produksi Karoseri New Armada ini memiliki detil yang berbeda dari seri sebelumnya, Evonext. “Sekilas memang bentuk model Evonext Grande Tourismo sama dengan Evonext sebelumnya, tetapi kalau dilihat lagi, banyak item yang berbeda,” kata Sales Operation Branch Head PT. Mekar Armada Jaya, Joko Susilo kepada haltebus.com, di sela-sela pameran, Jumat (29/3/13).

Tidak salah memang jika ada yang berpandangan Evonext Grande Tourismo nyaris serupa dengan Evonext sebelumnya. Secara garis besar, basis model yang baru dilansir ini memang sama. Perubahan yang menonjol terlihat di bagian depan dan belakang.

Lampu depan diubah. Lampu utama yang digunakan mirip lampu almond yang kini tengah menjadi tren model karoseri di Indonesia. Namun, secara ukuran, lampu yang dipilih New Armada lebih lebar. Yang menarik, lampu ‘transparan’ empat titik juga dihiasi deretan lampu LED (Light Emitting Diode) melengkung di dalamnya. “Lampu utama, yang menjadi penerang jalan menggunakan bohlam HID (High Intensity Discharge). Belum ada yang pakai lho..,” kata Joko sambil tersenyum.

Penggunaan lampu HID pada bus cukup menarik. Saat dinyalakan, sinar lampu yang keluar dari lampu utama cukup terang. Belum lagi ditambah dengan lampu kabut (foglamp) yang ada di bawah masing-masing lampu utama.

Di sisi belakang, perubahan besar terlihat pada lampu belakang dan grill kap penutup mesin. Lampu lebar yang terhubung dengan asesoris berwarna merah senada dengan lampu belakang. Lampu ini juga tengah digemari operator bus di Indonesia. Desainer New Armada memadukan lampu yang besar dan lebar dengan kontur tampilan belakang yang cenderung ramping dan tinggi. Dua pasang lampu kecil yang tersemat di bumper belakang menjadi ciri khas lain untuk membedakan dari model sebelumnya.

Joko menyatakan, Evonext Grande Tourisme yang dipamerkan sengaja menggunakan basis chassis Mercedes-Benz OH-1830. Menurut dia, Evonext Grande Tourismo memiliki berbagai opsi kemewahan sebuah bus. Bus bersuspensi udara, dengan tenaga 300HP mewakili apa yang ingin mereka tampilkan. Chassis model spaceframe yang dibangun di atas Evonext Grande Tourismo menawarkan kelapangan bagasi. “Model ini kami rilis untuk menyambut pabrikan-pabrikan yang mengeluarkan chassis tipe spaceframe. Informasi yang kami terima ada dua pabrikan yang siap memasarkan produknya tahun ini,” kata dia.



Di sisi interior, kain pelapis kursi yang dipilih cukup serasi dengan tata warna kabin penumpang. Jarak antar kursi dibuat lapang. Begitu pula dengan lebar kursi. Cukup nyaman diduduki. Kursi yang dipilih adalah kursi yang bisa digeser ke samping salah satunya. Agar menarik, deretan lampu LED berwarna biru terpasang memanjang mulai bangku depan hingga belakang. Cukup terang untuk menerangi koridor kabin penumpang.
 
Bus berpintu tengah ini juga menghadirkan toilet di sisi tangga. Pintu toilet model geser, mengingatkan kita pada pintu toilet di beberapa jenis pesawat. Jangan khawatir ada yang mengintip, sebab pintu bisa tertutup rapat.

Menurut Joko, pihaknya sengaja ambil bagian dalam pameran IIBT untuk mengawali memperkenalkan produk mereka di tahun 2013. Keluarnya produk Evonext Grande Tourismo, kata dia, menandai berakhirnya produksi edisi Evonext sebelumnya. Ini adalah seri ketiga Evo yang telah diproduksi New Armada. Maklum, selama tiga tahun memproduksi seri Evo, baru tahun ini mereka mengeluarkan produk baru lagi. “Kami menargetkan tiga model baru untuk bus, dua lainnya mikrobus,” ujar dia. (naskah: mai/foto: mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013