Selasa, 16 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
TEKNISI AC PUN PERLU PELATIHAN
 
24 April 2013


(Jakarta – haltebus.com)
Tiga puluhan orang terlihat asyik memperhatikan beberapa meja dalam sebuah ruangan di sebuah hotel di Jakarta, Rabu (17/4/13). Mereka antusias memperhatikan benda-benda yang dipajang di atas meja. Mulai kompresor, blower besar dan kecil, pipa dan selang hingga kabel-kabel. "Kami sengaja mengadakan pelatihan dan mendatangkan display produk kami, sebagai bagian service kami untuk pelanggan," kata Dirut PT. Gamatri Utama, Yanto Hadi kepada haltebus.com
.

PT. Gamatri Utama adalah sole distributor untuk pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC) untuk berbagai keperluan transportasi asal China, Song-Z. Menurut Yanto, pihaknya menggelar pelatihan teknisi AC bersama Perum DAMRI. Peserta yang mengikuti pelatihan adalah 33 orang teknisi dari seluruh kantor perwakilan DAMRI se-Indonesia.

Yanto menjelaskan, materi pelatihan yang diadakan selama sehari itu menyangkut pengenalan produk serta perawatannya. Pengenalan yang dimaksud adalah peserta pelatihan diberi pejelasan tentang suku cadang AC, bagaimana sistem kerjanya dan apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga AC tetap dingin.

Peserta yang hadir cukup antusias memperhatikan penjelasan, maupun suku cadang yang dipajang di dalam ruangan. Direktur Utama Perum DAMRI Agus S. Subrata juga hadir di tengah-tengah pelatihan. Pelatihan semacam ini memang jarang dilakukan. Biasanya transfer pengetahuan hanya dilakukan saat teknisi dari distributor memperbaiki kerusakan AC di garasi operator. Saat itulah teknisi distrobutor biasanya menginformasikan berbagai hal tentang perawatan pada teknisi operator tersebut.

Perawatan bus memang memerlukan kecermatan dari pemiliknya. Selain harus merawat kabin penumpang, cat luar bus, chassis beserta mesinnya, perawatan AC tak bisa diabaikan. Apalagi, persaingan membuat operator berlomba-lomba memberikan pelayanan yang terbaik. Seperti yang diakui Senior Manager Teknik Pemeliharaan Perum DAMRI Dono Unggul. Menurut dia, saat ini armada bus milik DAMRI yang ber-AC lebih banyak dari pada bus non-AC. “Kalo dilihat perbandingannya 40 non-AC, 60 persen ber-AC,” ujar dia.

Dono menyambut baik kerjasama dengan PT. Gamatri Utama untuk pelatihan teknisi AC bus. Menurut dia, sesuai komitmen DAMRI untuk memberikan yang terbaik dalam melayani penumpang. Karena itu, lanjut dia, teknisi dari seluruh perwakilan DAMRI dibekali cara merawat AC. Selain pelatihan secara teori, mereka juga melakukan praktek perbaikan AC di pool DAMRI Bandara di Tipar, Cakung, Jakarta Timur.

Menurut Yanto Hadi, sering kali pendingin udara pada bus dianggap masalah sepele. Padahal, tuntutan konsumen pengguna jasa angkutan bus saat ini lebih memilih bus yang ber-AC. Salah dalam merawat AC, operator bus bisa menghabiskan biaya yang tak sedikit. “Salah satu contoh, beli suku cadangnya sembarangan. Kerusakannya merembet, nanti ujung-ujungnya yang dianggap jelek AC-nya. Padahal cara merawatnya gak pas,” katanya.

Yanto menegaskan, pihaknya siap memberikan garansi service pada pelanggan yang bersedia mengikat kontrak. Kontrak service meliputi jaminan perawatan dan pengadaan suku cadang. “Kami siap kontrak service sampai kapan pun, biasanya kontrak berlaku setahun nanti diperpanjang,” ujar pria yang telah menggeluti bisnis AC lebih dari 30 tahun.

Dalam kesempatan pelatihan, PT. Gamatri Utama juga menyerahkan penghargaan terhadap konsumen yang loyal. Penghargaan berupa piagam itu diterima Perum DAMRI yang diwakili Direktur Usaha, Sarmadi dan PT. San Putera Sejahtera yang diterima Direktur Utamanya Kurnia Lesani Adnan. Selain itu, seluruh peserta juga mendapat sertifikat pelatihan.

Cara Yanto menjalankan bisnisnya cukup sederhana. Dia ingin menyediakan AC yang ekonomis,  mudah pemasangan dan perawatannya, suku cadang yang mudah dan mekanik yang siaga 24 jam, sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Ada moto yang unik dari perusahaan yang dipimpinnya, “Kalau bicara AC, yang penting dinginnya, bukan mereknya”. (naskah : mai/foto-foto: dok. Gamatri Utama)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013