Jumat, 06 Desember 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
VOLVO LUNCURKAN BUS GANDENG HIBRIDA
 
25 April 2013


(Jakarta – haltebus.com) Volvo meluncurkan model terbarunya untuk articulated bus (bus gandeng). Bus berteknologi hibrida itu memiliki kapasitas 154 penumpang dan konsumsi bahan bakar yang diklaim 30 persen lebih rendah dari bus bermesin diesel. “Banyak permintaan dari beberapa di Eropa atas bus yang menggabungkan kapasitas besar dengan konsumsi bahan bakar rendah dan ramah lingkungan. Dengan Volvo 7900 Hybrid, kami akan memenuhi kebutuhan pelanggan,” kata Product Manager Volvo Bus Eropa, Johnny Lidman seperti dikutip dari volvobuses.com Selasa (23/4/13)

Volvo mengklaim, bus gandeng ini hemat bahan bakar. Dibandingkan dengan Volvo seri 7900 Hybrid dua axle (gandar), konsumsi bahan bakar lebih rendah 15 persen per-penumpang, jika dihitung dalam keadaan bus terisi penuh. Bus gandeng Volvo 7900 Hybrid dilengkapi mesin diesel Volvo D5 berkapasitas 5.000 cc dengan tenaga 240 HP berstandar emisi Euro-6.

Emisi nitrogen oksida yang dihasilkan lebih rendah 87 persen. Sementara emisi partikelnya berkurang 50 persen. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan mesin berstandar emisi Euro-5. Selain mesin yang memungkinkan penghematan bahan bakar, Volvo juga mengembangkan sistem ventilasi udara yang membantu effesiensi untuk kinerja mesin yang maksimal.

Satu lagi, penempatan rangkaian baterai dekat gandar utama, bobot bus sepanjang 18 meter itu, lebih merata. Volvo 7900 Hybrid sendiri adalah bus berlantai rendah tiga gandar. Penempatan baterai itu memungkinkan peningkatan kapasitas penumpang yang diangkut.

Teknologi hibrida bus gandeng Volvo 7900 Hybrid sama seperti bus-bus hibrida lansiran Volvo sebelumnya. Bus ini mengusung mesin elektrik (150 kW max) Volvo I-SAM paralel. Dengan teknologi hibrida paralel, motor listrik dan mesin diesel dapat digunakan bersama-sama atau secara mandiri.

Saat bus berhenti di halte bus, bus nyaris tanpa suara karena kerja motor listrik. Energi yang dihasilkan selama pengereman akan disimpan dalam baterai dan digunakan untuk menghasilkan listrik untuk motor listrik. Teknologi inilah yang mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi hingga 30 persen dibandingkan dengan bus bermesin diesel yang banyak digunakan saat ini.

Sejak tahun 2010, pabrikan asal Swedia ini telah memproduksi lebih dari seribu unit bus  hibrida telah terjual di 21 negara dengan teknologi yang sama. Dalam rilis itu juga disebutkan, mulai tahun 2014, semua single-bus berlantai rendah akan masuk dalam program bus hibrida. Program bus hibrida meliputi bus berlantai rendah Volvo 7900 Hybrid (4x2) dan bus gandeng Volvo 7900 Hybrid, serta bus bertingkat Volvo B5LH.(naskah : mai/foto : volvobuses.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013