Sabtu, 19 Oktober 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
MENATA BENGKEL DAN SUKU CADANG BERSAMA ATPM
 
01 Mei 2013


(Jakarta – haltebus.com) Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) bekerja sama dengan PT. Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) menggelar pelatihan khusus untuk manajemen suku cadang. Pelatihan yang digelar 29030 April ini diikuti oleh staf operator bus yang menjadi anggota IPOMI yang khusus menangani suku cadang dan perbengkelan. “Terima kasih atas kerja sama ini. Pelatihan seperti ini adalah komitmen kami untuk membuktikan bahwa kami sangat concern dengan masalah keselamatan bus di jalan,” kata Ketua Umum IPOMI Kurnia Lesani Adnan dalam sambutan pembukaan pelatihan di Jatake, Tangerang, Senin (29/4/13).

Menurut Kurnia, anggota IPOMI yang terdiri dari pengusaha bus ingin memperbaiki standar operasional yang dimiliki masing-masing anggota. Dia mengungkapkan, peningkatan standar keselamatan dan keamanan operasional bus ini mereka lakukan dengan pelatihan-pelatihan. Maret lalu, kata dia, mereka memulainya dengan pelatihan pengemudi bus. Kini giliran staf yang menangani perbengkelan dan suku cadang yang dikutsertakan dalam pelatihan.

Di tempat yang sama, Service Advisor PT. HMSI Koichi Kato menyambut baik kerjasama yang diinisias IPOMI ini. Menurut dia, pengelolaan suku cadang sangat penting dalam mendukung operasional bus. Dia berharap, selama pelatihan mereka bisa berbagi informasi tentang perawatan bus dan pengelolaan suku cadangnya. “Suku cadang sangat penting untuk keselamatan operasional bus,” kata dia.

Peserta dari 11 operator bus itu cukup antusias mengikuti pelatihan ini. Mereka berasal dari PO. Sinar Jaya, PO. Agramas, PO. SAN, PO. Blue Star, PO. Bimo, PO. Luragung Termuda, PO. Gunung Harta, PO. Kalisari, PO, Fajar Transport dan PO. Maju Lancar. Di hari pertama, mereka mendapat penjelasan seputar workshop (perbengkelan). PT. HMSI memiliki pusat perbengkelan di kompleks pelatihan dan pergudangan suku cadang mereka di Jatake,Tangerang. “Memang tidak semua PO yang mengirimkan stafnya untuk ikut pelatihan memiliki armada Hino, tetapi sharing informasi ini penting bagi kami untuk mencari yang terbaik dalam melayani penumpang,” kata salah satu Koordinator Pelatihan dari IPOMI, Andreas D. Wijaya.

Peserta juga diajak berkeliling workshop oleh Departement Workshop Head PT. HMSI, Abdul Gofur. Mulai dari meja penerimaan service hingga bengkel modifikasi. Mereka diajak melihat bagian per bagian di areal bengkel yang terlihat bersih tanpa ceceran oli itu. “Ada prosedur sebelum menjalankan aktifitas sehingga semua pekerjaan bisa ditata dengan baik,” ujar Gofur.
   
Salah satu peserta Hendi Suhendi mengaku senang bisa mengikuti pelatihan. Kepala Bengkel PO. Luragung Termuda itu menjelaskan, pelatihan semacam ini menambah wawasannya dalam mengelola bengkel dan suku cadang yang menjadi tanggungjawabnya bisa bertambah. “Apa yang kita dapat sekarang bisa menjadi bahan perbandingan dengan apa yang telah kami lakukan. Maklum, tidak semua yang disampaikan pihak Hino bisa diterapkan,”ujarnya.

 

Hal yang sama juga diungkapkan Taryo, Supervisor yang bertanggungjawab di bengkel PO. Agramas Karawang. Menurut dia, pihaknya sedang berbenah untuk mencari system yang ideal dalam mengelola operasional bus yang beroperasi di seputar Jakarta ini. Dia mengatakan, ada dua pool milik PO. Agramas yakni di Karawang dan Bogor, sehingga sangat dibutuhkan sistem yang pas untuk mengintegrasikan pengelolaannya. “Kami baru membangun sistem komunikasi berbasis internet antara pool dan kantor pusat di Kelapa Gading. Mungkin ke depannya bisa terkoneksi antara dua pool dan kantor pusat,” kata dia.

Menurut Manager Training & Publication Dept. Service Division PT. HMSI Roffi Tresmawan, pengelolaan perbengkelan dan suku cadang menjadi tulang punggung operasional bus. Karena itu, sebagai ATPM, PT. HMSI senang bisa berbagi ilmu dengan operator bus yang notabene juga bagian dari customer Hino. Dia mengungkapkan dengan pertemuan semacam ini mereka juga bisa menyerap informasi yang berkembang di kalangan operator bus. “Kami bisa semakin meningkatkan kualitas pelatihan yang kami adakan,” kata dia. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013