Rabu, 20 November 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
SAAT PENGGEMAR BUS MELIHAT PEMBUATAN BUS DI KAROSERI
 
01 Juli 2013


(Bogor – haltebus.com) Sekelompok orang terlihat berkeliling areal Karoseri Rahayu Santosa Sabtu (29/6/13). Mereka terbagi dalam tiga kelompok. Kedatangan mereka sempat menjadi perhatian dari para pekerja yang tengah sibuk menyelesaikan pekerjaannya. Maklum, setiap menjelang musim mudik Lebaran kesibukan semua karoseri nyaris sama : sibuk menyelesaikan pesanan.


Nah, umumnya orang datang ke karoseri ingin membuat bus. Namun tidak dengan sekelompok orang yang satu ini. Mereka datang ke Karoseri Rahayu Santosa sekedar ingin memenuhi rasa keingintahuan mereka terhadap bus. Tak salah jika mereka sempat menyita perhatian para pekerja. Bahkan, mereka terlihat antusias berkeliling di areal produksi karoseri di Nanggewer, Bogor, Jawa Barat itu seperti layaknya berkeliling ke tempat wisata.
“Saya salut sama orang-orang seperti mereka, kok mau tahu sekali ya soal bus. Menurut saya mereka ini unik,” ujar seorang pekerja kepada haltebus.com.

Sedikitnya 20 orang yang aktif dalam Forum Bismania di Kaskus ingin melihat dari dekat proses produksi bus, sejak chassis datang hingga bus siap dioperasikan. Mereka datang dari berbagai latar belakang. Ada pelajar, mahasiswa, pekerja dan lain-lain. Umumnya mereka sangat aktif di dunia maya alias internet.

Menurut Penanggung Jawab Online Bismania Kaskus,
Adhy  S. Fatahillah acara kunjungan ke karoseri ini baru pertama kali mereka adakan, sejak forum itu terbentuk dua tahun lalu. Dia menambahkan, saat ini tidak kurang dari 200 orang tercatat aktif dalam forum itu. “Kami sengaja datang ke sini untuk melihat proses produksi salah satu karoseri besar di Indonesia, Karoseri Rahayu Santosa,” katanya.

Dalam sesi tanya jawab sebelum berkeliling areal produksi, mereka terlihat bersemangat. “Saya menilai produk Rahayu Santosa itu original. Gak mengikuti produk yang sedang tren saat ini. Ada saja model yang beda dari yang lain, seperti contohnya Euroliner dan Skyliner,” kata Galih Anggriawan.


“Mengapa produk RS tidak dipatenkan? tanya
Nur Hadi Wibowo.

Ada pula pertanyaan yang cukup detil yang datang dari Didhie Ramadhansyah, anggota Forum Bismania Kaskus yang berasal dari Makassar, “Mengapa produk awal Skyliner yang dipakai PO Bintang Prima di bagian depan tidak ada lubang AC, sehingga terasa panas?.

Pertanyaan-pertanyaan itu tentu saja menjadi perhatian dan masukan bagi Karoseri Rahayu Santosa. “Kami senang teman-teman penggemar bus mau datang berkunjung ke sini. Kami juga sering mendapat masukan-masukan dari berbagai pihak, salah satunya dari penggemar bus,” kata Davyn Mulyadi, yang mewakili pimpinan karoseri yang sering disebut dengan RS.


Menurut Davyn, mereka terbuka menerima masukan dari pihak manapun. Dia yakin, dengan adanya masukan-masukan dari penggemar bus sebagai pemakai bus, kualitas produk mereka bisa ditingkatkan. Apalagi kini RS mengembangkan motto : Future standard, Today !

Juru Bicara RS, Rusdi Gunawan mengungkapkan, kunjungan Forum Bismania Kaskus bukanlah kelompok penggemar bus yang pertama kali mereka terima. Sejak tahun 2007, beberapa kelompok penggemar bus juga mengunjungi mereka. Selain mereka ingin mengenal berbagai hal terkait produk RS, tidak sedikit masukan-masukan yang disampaikan penggemar bus. Menurut dia, banyaknya penggemar bus di Indonesia tentu berguna mengingat produk
Karoseri RS yang tersebar di berbagai wilayah di negeri ini. “Mudah-mudahan kerjasama semacam ini bisa berlanjut, antara kami dan penggemar bus dimana saja mereka berada,” kata dia.

Pertanyaan mereka terjawab saat mendatangi satu per satu bagian-bagian dalam alur produksi bus. Selama hampir satu jam mereka berkeliling didampingi tim produksi RS. Sambil melihat proses produksi, mereka juga melanjutkan pertanyaan-pertanyaan yang lebih teknis. Rusdi menilai, kegiatan semacam ini bisa menjadi hal yang positif bagi kemajuan industri transportasi bus. Seiring dengan perkembangan teknologi internet dan cepatnya arus informasi berputar di dunia maya, bisa menjadi sarana yang baik untuk menjaring masukan bagi Karoseri RS. (naskah: mai/foto: mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013