Senin, 27 Mei 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
TOURISMO BARU DENGAN SISI PENGEMUDI DI KANAN
 
25 Juli 2013


(Jakarta – haltebus.com) Mercedes-Benz Bus memperkenalkan bus dengan posisi pengemudi di sisi kanan dalam balutan model Tourismo. Bus dengan lantai tinggi ini telah memenuhi standar emisi Euro VI dengan mesin baru OM470 BlueEfficiency. “Dengan pintu penumpang di depan kiri di sisi trotoar, Tourismo 2-axle disesuaikan dengan kebutuhan Inggris,” begitu yang ditulis dalam rilis daimler.com, Senin (15/7/13).


Beberapa perubahan dilakukan Mercedes-Benz dalam menghadirkan Tourismo berlantai tinggi ini. Dari sisi mesin, Tourismo sudah mengadaptasi mesin yang menjadi persyaratan emisi gas buang berstandar Euro VI yang akan berlaku di Eropa mulai tahun 2014. Mesin OM470 enam silinder segaris berkapasitas 10,7 liter yang menjadi penopang Tourismo memiliki beberapa fitur baru.

Kinerja mesin didukung dengan sistem transmisi otomatis. Ada tiga pilihan transmisi yang ditawarkan oleh Mercedes-Benz. Ada pilihan transmisi manual enam-kecepatan dengan kokpit joystick, ada transmisi otomatis delapan kecepatan dengan PowerShift Mercedes atau ZF Ecolife transmisi otomatis enam percepatan. Mesin ini diklaim lebih mulus saat beroperasi dan rendah tingkat kebisingannya, namun responsif dan lincah. Output yang dihasilkan tinggi di putaran sangat rendah.

Mercedes-Benz juga menyediakan dua pilihan tenaga yang bisa dihasilkan. Mesin tersedia dengan rating output 265 kW (360 hp) dan torsi 1.700 Nm atau output 290 kW dengan (394 hp) dan torsi 1900 Nm. “Pada posisi sekitar 800 rpm mesin sudah mampu memberikan 95 persen dari torsi mesin penuh.”

Dipasang secara vertikal di bagian belakang bus, OM470 memiliki dua overhead camshafts, empat katup per silinder. Mesin common-rail injection memiliki sistem injeksi X-PULSA fleksibel dengan penguat tekanan. Berat mesin hanya 990 kg dan dimensi yang kompak. Mercedes-Benz menyebut mesin ini sangat ideal untuk bus dengan ruang instalasi terbatas.

Salah satu fitur baru yang patut dicatat adalah posisi pendingin mesin dan kipas yang dipasang di sebelah kanan. Posisinya tepat disamping mesin yang dipasang vertikal namun dipisahkan oleh sekat. Desain ventilasi kompartemen mesin juga baru. Dua kisi diposisikan secara simetris pada flap mesin adalah karakteristik khusus yang membedakan Tourismo berstandar emisi Euro VI.

Untuk treatment emisi gas buang, Mercedes-Benz memilih BlueTec6 teknologi dalam semua varian. Dengan particulate filter tertutup dikombinasikan Mercedes-Benz SCR sistem dan catalytic converter pengoksidasi. Sistem ini telah berhasil digunakan Mercedes-Benz selama bertahun-tahun. Gas buang yang dihasilkan mesin juga didinginkan dan disirkulasikan. “Akibatnya, emisi partikulat dan nitrogen oksida direduksi ke titik di mana keduanya hampir tidak terdeteksi.”

Mercedes-Benz yakin, mesin berstandar emisi gas buang Euro VI tidak hanya beroperasi bersih, namun juga ekonomis karena konsumsi bahan bakar yang rendah dan mengurangi konsumsi oli mesin. “Selain itu operator dapat mengharapkan interval servis panjang dan daya tahan yang mengesankan.”(naskah : mai/foto: daimler.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013