Rabu, 20 November 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
MAN LATIH PENGEMUDI BUS TIM SEPAK BOLA
 
07 September 2013

(Jakarta – haltebus.com) Liga sepak bola Jerman musim ini diwarnai oleh bus-bus dari MAN dan Neoplan. Ada 13 klub sepak bola di Jerman menggunakan bus-bus yang dipasok dua pabrikan bus itu
untuk mobilitas kegiatan mereka. Tak salah jika MAN Bus mengadakan pelatihan khusus untuk pengemudi yang melayani perjalanan tim-tim sepak bola tak kurang dari 60 ribu Km sepanjang musim kompetisi. “Dalam rangka untuk memastikan mereka bisa mengantarkan penumpang ke tujuan, mereka dilatih bagaimana menangani kendaraan dengan aman oleh MAN ProfiDrive,” demikian rilis yang dikeluarkan MAN Bus, Jumat (6/9/13).

Pelatihan ini diadakan di fasilitas pendidikan pengemudi, MAN ProfiDrive. Bertempat di ADAC Fahrsicherheitszentrum Nordbayern milik MAN Profidrive di Schlüsselfeld pengemudi bus tim sepak bola itu mengikuti serangkaian pelatihan. Pelatihan dibagi dalam dua sesi. Pengemudi diajarkan berbagai macam teori di dalam kelas oleh instruktur pengemudi MAN ProfiDrive. Ada pengenalan bus secara fisik dan teknologi yang melekat di dalamnya. Di dalam kelas mereka diajarkan menangani sistem yang membantu pengemudi saat mengoperasikan bus yang tertanam dalam bus MAN dan Neoplan.


Sesi kedua, peserta mengaplikasikan apa yang mereka pelajari di kelas. Untuk praktek teknis mengemudi, ada berbagai halang rintang yang disiapkan untuk memastikan pengemudi bisa menguasai kendaraan mereka. Pada uji rute, pengemudi diajarkan bagaimana menjaga bus di bawah kontrol mereka. MAN ProfiDrive melakukan simulasi situasi kritis saat mengemudi. Ada air mancur, blok
bertekanan udara dan simulasi bahaya yang bisa tiba-tiba muncul, yang kesemuanya memerlukan respon cepat dan penanganan yang tepat dari kendaraan .



Materi seperti ini dianggap penting mengingat padatnya jadwal kompetisi sepak bola. Segala konsekuensi selama bertugas seperti jadwal yang ketat, kemacetan lalu lintas dan kondisi yang berbeda di setiap perjalanan menuntut konsentrasi penuh pengemudi. “Mengetahui kendaraan anda dengan baik dan penguasaannya dengan benar, dalam situasi berbahaya sangat membantu anda agar terhindar dari kecelakaan,” ujar Rolf Lechner penanggungjawab pelatihan pengemudi di MAN ProfiDrive.

MAN ProfiDrive adalah pusat pelatihan untuk pengemudi bus dan truk yang cukup lengkap milik MAN. Selain menyiapkan ruang pelatihan yang dilengkapi beragam modul pelatihan, ada pula fasilitas yang disiapkan untuk uji segala medan yang harus diantisipasi pengemudi saat mengendalikan kendaraannya. Pabrikan ini percaya hal terpenting untuk mencegah sebuah kecelakaan ada pada pengemudi.  Karena itu pengemudi dituntut untuk bisa mengantisipasi segala situasi, tetap tenang dan percaya diri dalam situasi kritis apapun untuk mengendalikan kendaraannya.

Di Jerman saja 3 – 4 ribu pengemudi ambil bagian dalam seminar yang diadakan MAN ProfiDrive. Kini, MAN ProfiDrive melayani sedikitnya pelatihan pengemudi di 25 negara, dengan 69 tenaga pelatih profesional. Mereka memberikan pelatihan untuk pengemudi profesional dengan pelatih yang mengajarkan bagaimana mengendalikan kendaraan dengan baik dalam situasi apapun dan juga sekaligus bisa mereduksi konsumsi bahan bakar hinggar di atas 10 persen.

FC Bayern Munich, Borussia Dortmund, VfL Wolfsburg, Hannover 96, Werder Bremen, dan TSG 1899 Hoffenheim mengirimkan pengemudi bus tim sepak bola mereka untuk mengambil kursus keselamatan MAN ProfiDrive. Kali ini, dari 12 pengemudi bus tim sepak bola yang mengikuti program pelatihan, satu diantaranya perempuan. Selama pelatihan
mereka didampingi dua instruktur MAN ProviDrive.

Rolf menjelaskan, dengan adanya pelatihan pengemudi ini, perjalanan anggota klub tidak hanya menjadi nyaman tetapi juga aman. Selama pelatihan pengemudi bus yang melayani klub benar-benar diuji untuk bisa menerapkan sistem keselamatan state-of-the-art yang diajarkan MAN ProfiDrive. Pelatihan pengemudi jelas sangat menguntungkan penumpang. Mereka bisa menikmati fasilitas bus yang nyaman, juga tak perlu khawatir akan keselamatan di perjalanan.
(naskah : mai/foto : MAN Bus)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013