Senin, 27 Mei 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
RAMAINYA PASAR BUS DI SEMESTER KEDUA 2013
 
18 September 2013


(Jakarta – haltebus.com) Tahun 2013 ini menjadi tahun pemanasan di antara pabrikan bus yang memasarkan produknya di Indonesia. Di semester pertama 2013 ada Mercedes-Benz dengan O 500 R-1836, Scania K-360IB-4x2, Golden Dragon XML6145D13 3-axle dan beberapa pendatang baru dari pabrikan bus China. Sementara di semester kedua ada chassis baru yang diperkenalkan di IIMS 2013 yang digelar pada 19 – 29 September.

Berdasarkan informasi yang dihimpun haltebus.com, dua pabrikan akan memperkenalkan produk mereka. Pabrikan MAN melalu Agen Pemegang Merk-nya di Indonesia, PT. Duta Putera Sumatera, dipastikan memperkenalkan chassis MAN R-37. Chassis ini telah dipersiapkan kedatangannya pihak PT. DPS sejak tahun lalu. Ada dua kejutan yang mereka siapkan untuk kalangan pelaku bisnis transportasi bus di IIMS ke-21.

Pekan lalu, haltebus.com sempat diijinkan melihat dari dekat apa yang dipersiapkan PT. DPS. “Kami mencoba menawarkan sesuatu yang baru untuk operator dan pengguna bus di Indonesia, seperti apa persisnya silahkan datang ke booth kami,” kata Bus Business Development Manager PT. DPS Joedijanto saat itu.


Menurut Joedijanto, pihaknya belum menggelar prosesi peluncurannya secara resmi. Dia menargetkan peluncuran perdana unit bus akan dilakukan sebelum tutup tahun.
Itu artinya, meski diperkenalkan di IIMS 2013, publik harus bersabar untuk mengetahui detil bus yang akan dipasarkan PT. DPS.

Sementara itu, PT. Hino Motor Sales Indonesia, Agen Tunggal Pemegang Merk Hino menyiapkan chassis terbaru mereka. Rencananya, chassis yang merupakan kelanjutan RK8JSKA-NHJ akan diluncurkan pada IIMS yang pembukaannya digelar besok. Sales and Promotion Director PT HMSI, Santiko Wardoyo tak menjawab saat dikonfirmasi haltebus.com melalui pesan singkat.

Namun, sebuah sumber di PT. HMSI menyebut mereka menyiapkan chassis dengan teknologi yang lebih maju dari chassis Hino yang dipasarkan sekarang. Mesin yang digunakan telah menggunakan teknologi commonrail yang telah diperkenalkan untuk truk pada pertengahan tahun lalu. Desember 2012 adalah saat pertama kali mesin tipe J08E-VT bertenaga 285 PS diperkenalkan. Peluncuran chassis bus kali ini adalah bagian dari 12 produk terbaru yang inovatif dan diluncurkan secara bertahap pada di tahun 2013.

ATPM bus Scania, PT United Tractors yang memasarkan Scania K-360IB-4x2 memilih jalur senyap untuk berpromosi. Tanpa prosesi peluncuran, mereka telah menyiapkan strategi di tahun 2014. Salah satunya dengan melepas tiga unit bus Scania K-360IB-4x2 ke pasar baru mereka di Sumatera. “Untuk IIMS 2013 ini kami tidak ikut pameran,” kata Scania Bus Sales Manager PT. United Tractors, Andreas merendah.

Diskusi di berbagai media sosial tentang chassis bus teranyar yang dipasarkan di Indonesia, sudah mulai ramai sejak awal 2013 lalu. Beragam spekulasi terlontar di ruang-ruang diskusi di dunia maya itu. Spesifikasi chassis dibahas detil dan persaingan operator bus yang menghadirkan chassis-chassis tipe terbaru juga tak kalah serunya dibahas berbagai kalangan.


Beragam chassis diprediksi akan beredar di Indonesia. Terutama sejak keran untuk bus dengan panjang 13,5 meter dan 18 meter dibuka pemerintah sejak Juni 2012 dengan hadirnya Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan. Peraturan itu memungkinkan spesifikasi bus berkembang dari yang ada sebelumnya.
Ada varian berdasarkan tenaga yang dihasilkan mesin, ada yang berdasarkan panjang, ada pula yang menonjolkan fitur-fitur elektris. Pilihan untuk operator bus pun semakin beragam, begitu juga dengan penumpang, semakin dimanjakan dengan fitur yang tentunya semakin nyaman. Ajang IIMS ke-21 September ini menjadi titik awal langkah beberapa pabrikan untuk memasarkan produknya di tahun 2014. (naskah : mai/foto: mai/dok)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013