Selasa, 20 Oktober 2020 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
BUS RENDAH EMISI RAMBAH DUA BENUA
 
01 Desember 2013


(Jakarta – haltebus.com)
Menutup tahun 2013, pabrikan bus Volvo semakin gencar memasarkan produk mereka untuk mendukung transportasi kota di berbagai negara. Di akhir November, Volvo merilis kerja sama mereka dengan otoritas transportasi Montreal, Kanada, dan Brisbane, Australia.
Di kedua negara itu Volvo menawarkan bus rendah emis berbasis mesin listrik maupun diesel-hibrida yang menggabungkan mesin diesel dan mesin listrik.

Di Montreal, Nova Bus, perwakilan Volvo Bus untuk Amerika Utara menandatangani perjanjian kerjasama dengan Société de transport de Montréal (STM). Perjanjian itu mencakup ujicoba produk Volvo untuk tranportasi kota Montreal. Ditandatangani oleh Premier of Quebec (Gubernur) Pauline Marois, Presiden dan CEO Volvo Grup Olof Persson dan Chairman STM Michel Labrecque, Sabtu pekan lalu, perjanjian ini berlaku tiga tahun sejak 2016. Demikian rilis yang diterima haltebus.com Sabtu (23/11/13).

Pemerintah Quebec dan Volvo Group setuju untuk melakukan ujicoba tiga unit bus Nova LFSe elektrik dan dua stasiun pengisian listrik untuk Montreal. Mereka sepakat untuk melakukan uji coba di paruh ketiga tahun 2015, sebelum memulai operasional penuh di tahun 2016. “Kami bangga bisa memperkuat kemitraan kami dengan Montreal dan menyambut upaya Pemerintah Québec untuk elektrifikasi bus transit di Montréal,
” kata Persson.

Montreal menjadi kota pertama di Amerika Utara yang menjalin kerjasama dalam program City Mobility (Mobilitas Kota) dari Volvo Group. “Kami telah mengembangkan Program Mobilitas Kota bekerja sama dengan pemerintah kota di seluruh dunia untuk memecahkan tantangan transportasi perkotaan yang bebas emisi dan aman,” ujar Persson lagi

Program kerjasama sama ini sejalan dengan strategi elektrifikasi transportasi di tahun 2020. Kota Montreal menargetkan menurunkan emisi gas buang sebesar 30 persen di tahun 2020 dibandingkan emisi pada 1990. “STM ingin menjadi otoritas transportasi publik terbaik di dunia. Partisipasi kami dalam proyek ini memungkinkan kami mengujicoba teknologi baru dalam kondisi operasional sesungguhnya,” kata Michel Labrecque.


Sementara itu dari Australia, Dewan Kota Brisbane kembali memilih Volvo untuk kebutuhan transportasi kota itu. Dewan kota memilih Volvo untuk memasok 60 unit bus per tahun selama tiga tahun ke depan. Volgren juga telah ditunjuk untuk membangun sedikitnya 180 unit chassis selama tiga tahun ke depan untuk kontrak baru ini.


Volvo telah memasok chassis bus selama lima tahun terakhir untuk Brisbane. Dewan kota itu memilih bus B7RLE karena alasan ramah lingkungan dengan standar emisi Euro 4 dan Euro 5. Mereka juga telah berkomitmen untuk pembelian B7RLEs.


Ketua Bidang Transportasi Kota Brisbane, Peter Matic menyebut, Volvo menunjukkan diri sebagai produk yang handal. Terbukti, kata dia, dengan layanan pelanggan yang sangat baik dan dukungan produk untuk operasional. “Volvo menawarkan penjualan bus yang paling kompetitif dan responsif yang memenuhi persyaratan lelang yang utama,” ujar Peter.


Sementara itu Manager Kontrak Volvo Australia Ian Clarke menyatakan, mereka telah bekerja sama dengan Dewan Kota Brisbane selama lima tahun terakhir, termasuk memasok lebih dari 300 bus. Salah satu hal yang mereka kerjakan, kata dia, adalah menyediakan pelatihan mendalam untuk produk baru dan dukungan layanan untuk para pengemudi dan mekanik bus.


“Jika ada model bus yang berbeda bertukar depo, kami melakukan pelatihan pengenalan awal. Kami juga menawarkan kursus sepanjang tahun pada aspek-aspek tertentu dari operasi dan pelayanan, seperti komponen listrik , AC atau rem,” ujarnya.


Ian berharap bisa menawarkan bus diesel-hibrida untuk percobaan selama 2014. “Bus-bus diesel hibrida baru-baru ini diuji coba di Perth dengan hasil yang menjanjikan. Kami melihat kesempatan yang sama dalam pelayanan transportasi di Brisbane di masa mendatang,” kata Ian lagi.
(naskah : mai/foto-foto : volvobuses.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013