Minggu, 21 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
PERKENALAN SANG PENANTANG DI AKHIR TAHUN
 
11 Desember 2013


(Jakarta – haltebus.com) Pabrikan bus tengah berburu waktu menjelang tahun politik, 2014, agar agenda mereka tak terganggu dengan hingar-bingar Pemilihan Umum yang akan berlangsung hampir sepanjang tahun. Menjelang tutup 2013, PT. Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) memperkenalkan chassis terbaru mereka Hino RN 285 bersuspensi udara ke beberapa pengusaha bus di Jawa dan Bali dua pekan terakhir. Roadshow mereka lakukan akhir November untuk areal Jabodetabek dan Jawa Barat. Perkenalan berakhir di Bali, Jumat (6/12/13) lalu.

Sejumlah pengusaha diundang untuk diperkenalkan pada chassis yang dirilis PT. HMSI. Beragam tanggapan muncul dari pengusaha yang ikut dalam acara itu. Adi Prasetya dari PO Maju Lancar misalnya, mengaku senang bisa mendapatkan kesempatan mencoba chassis bus pertama bersuspensi udara dari Hino saat ujicoba di Yogyakarta. "Suspensinya enak, empuk, bus tidak terasa limbung," katanya kepada haltebus.com Sabtu (7/12/13).

Adi mencatat beberapa perubahan yang dia rasakan. Pengusaha yang mengoperasikan Hino AK8J dan Hino RK8J untuk trayek dari Yogyakarta-Jakarta ini menyebut, kinerja rem RN 285 lebih baik dari generasi sebelumnya. Transmisi juga dia rasakan lebih baik. Selama tes jalan, kata dia, bus diisi 40 penumpang, mendekati operasional bus sehari-hari. Meski mengikuti acara ujicoba itu, pria yang akrab disapa ini Didit mengaku tak mengetahui konsumsi bahan bakar bus bermesin dengan teknologi commonrail.

Di Jawa Tengah tak hanya mampir di Yogyakarta, PT. HMSI juga mendorong dealernya PT. Duta Cemerlang Motor menggelar acara serupa di Solo dan Semarang. Bus berwarna coklat dengan label Rajawali itu menyambangi pelanggan di tiga kota utama di Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta.

Di Jawa Timur, animo pengusaha di sana cukup tinggi. Melalui PT. Catur Kokoh Mobil Nasional, Hino menyediakan waktu dua hari di Surabaya. Di hari pertama yang dikhususkan untuk pelanggan sebagian Surabaya dan Jawa Timur Bagian Barat seperti Mojokerto, Jombang hingga Madiun dan juga di jalur Pantai Utara. Hari kedua dihadiri sebagian pelanggan Surabaya dan Jawa Timur bagian Selatan mulai Malang hingga ke Timur. “Kapasitas 38 tempat duduk di dalam bus PO. Harapan Jaya yang digunakan untuk tes jalan tak mencukupi,” kata penanggungjawab operasional Karoseri Tentrem, Yohan Wahyudi yang ikut dalam acara itu.

Manajer Operasional AKAS IV, Hardian Prayoga mengaku terkesan dengan kinerja suspensi udara Hino RN 285. Kemampuan chassis itu, menurut dia, cukup untuk kondisi operasional di Indonesia. Sama seperti komentar Adi Prasetya, kestabilan suspensi juga diakui sebagai keunggulan yang dia rasakan. “Chassis ini jauh dibandingkan dengan tipe sebelumnya, sudah lebih nyaman. Tenaganya sedikit lebih besar,” ujarnya.

Gede Bagoes dari PO Purnayasa Transport, Bali, lebih beruntung. Dia sempat mencicipi saat bus PO. Harapan Jaya yang digunakan untuk ujicoba menyusuri jalan menuju Kintamani. Dia mengemudikan bus itu, “Enak dibawanya, gak limbung. Di bagian belakang lebih stabil,” ujar pria yang murah senyum ini.

PT. HMSI mendorong dealer-dealer-nya untuk mendekati para pelanggan. Dengan menggunakan tiga unit bus dan dilaksanakan bergiliran, mereka mengajak pengusaha bus untuk menikmati keunggulan Hino RN 285. Beberapa paket perawatan juga ditawarkan, mulai dari program service gratis hingga kontrak service.

Sebenarnya tak hanya pengusaha bus saja yang penasaran mencicipi suspensi udara, penumpang setia bus Antar Kota Antar Provinsi tak sabar menunggu bus-bus Hino RN 285 beroperasi. Berbagai forum perkumpulan penggemar bus yang anggotanya sering menumpang bus, ramai membahasnya. Apakah suspensinya nyaman dan empuk? Keras? atau menimbulkan efek limbung pada saat berbelok?

PT. HMSI sengaja menggelar acara perkenalan chassis terbaru mereka hanya untuk kalangan terbatas. Menurut Executive Officer Marketing, Irwan D. Sutanto, animo di kalangan pengusaha cukup baik. Sebab, kata dia, banyak pengusaha yang ingin membuktikan keunggulan suspensi udara dari Hino. “Lebih comfort, lebih baik dari kompetitor,” kata dia.

Irwan mengatakan, di atas kertas peluang untuk segmen bus dengan suspensi udara masih terbuka lebar. Dia optimistis dengan keunggulan yang mereka tawarkan. Selain suspensi udara, Hino RN 285 ini juga menggunakan mesin J08E-VT berkapasitas 7,7 liter berteknologi commonrail dengan turbocharger intercooler. Satu lagi, transmisi ecolite dari ZF juga tersemat diantara axle dan mesin. Transmisi itu diklaim produsennya bisa membantu kinerja mesin untuk efesiensi bahan bakar. Sumber haltebus.com menyebut, saat menggelar acara di Bali, dealer Hino PT. Cahaya Surya Bali, Denpasar, langsung mendapat pesanan 13 unit chassis. Sementara, ada pula informasi yang menyebutkan salah satu operator bus terkemuka telah meneken kontrak pembelian RN 285 di atas 20 unit. Hadir di kelas 260 HP, Hino RN 285 bisa menjadi pesaing yang tangguh. (naskah : mai/foto : dok. haltebus.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013