Kamis, 14 November 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
KOTAK BAGASI TAMBAHAN PADA BUS
 
21 Desember 2013


(Jakarta – haltebus.com)
Pernahkah anda melihat sebuah kotak menempel pada bagian belakang bus? Menutupi kap mesin dengan tinggi 2/3 dari bagian belakang bus? Kotak-kotak seperti ini lazim ditemui di kawasan Eropa. “Setra menawarkan wadah yang dapat diturunkan, yang dirancang untuk melengkapi konsep aerodinamis Setra Topclass 500 dan Setra ComfortClass 500,” demikian rilis Setra melalui daimler.com, Rabu (18/12/13)


Kotak ski yang dirancang tim Daimler menawarkan ruang yang cukup untuk peralatan olahraga musim dingin serta barang-barang lainnya dari bagasi. Bentuknya sekilas mirip dengan bagian belakang bus Setra. Tentunya disesuaikan dengan dua model terbaru Setra, TopClass 500 dan ComfortCalss 500. Dalam pembuatannya, teknisi Daimler menggunakan model 1:05 skala bus untuk tes di terowongan angin Daimler AG di Stuttgart – Untertürkheim. Alur udara yang terekam dalam terowongan itulah yang menentukan bentuk aerodinamis dasar kotak penyimpan.

Desain kotak penyimpan yang diciptakan mengikuti aliran udara di sekitar bus untuk mengurangi turbulensi udara yang tidak diinginkan di bagian belakang bus. Kotak penyimpan ini sengaja dibuat untuk melengkapi bus-bus terbaru dari Setra yang diposisikan menjadi bus-bus premium dengan fasilitas yang lengkap.

Di musim dingin, kotak semacam ini akan bermanfaat bagi para pelancong yang ingin bepergian membawa peralatan olah raga musim dingin. Penempatan papan Ski didesain dengan memperhatikan kebutuhan. Ada rak di dalam kotak penyimpan yang bisa dipasang secara vertikal maupun horisontal. Penempatan susunan barang memungkinkan barang-barang disusun dengan enam cara berbeda, sehingga bisa memaksimalkan penyimpanan barang dalam kotak. Sedikitnya tiga meter kubik barang bisa ditempatkan dalam kotak itu.

Secara fungsi, kotak tambahan sangat membantu penumpang untuk menjaga barang-barang khusus, seperti papan ski, papan selancar atau tongkat golf. Peralatan itu tentunya tak bisa ditempatkan bersama-sama tas-tas besar yang biasanya dimuat dalam bagasi bus. Selain dimensinya yang panjang, peralatan tersebut mudah patah jika harus menggung beban dari tas-tas lain.

Masih ingat dengan bus Golf milik PO Indah Murni yang memiliki ruang bagasi di belakang bus yang dimodifikasi pemiliknya? Nah, prinsipnya sama kotak penyimpan tambahan terbaru dari Setra.

Kotak penyimpanan seperti ini juga mengingatkan kita pada kotak tambahan yang sering terlihat pada mobil-mobil Sport Utility Vehicle (SUV) yang banyak lalu-lalang di Indonesia. Hanya letaknya saja yang berbeda. Jika pada mobil ditempatkan di atas kap mobil, pada bus letaknya tepat di belakang bus.

Berat kotak penyimpan Setra sendiri adalah 180 kg dengan toleransi berat kotor saat menyimpan barang mencapai 500 kg. Agar terlihat menarik, kotak dicat sesuai warna bus. Kotak memiliki lebar 2.375 mm dan tinggi 2.220 mm dengan ketebalan 750 mm. Satu lagi, agar memudahkan kontrol ruang mesin, kotak bisa dibuka menyamping karena dilengkapi engsel. Sayangnya, tidak ada keterangan dari Daimler, berapa harga kotak ini per unitnya. (naskah : mai/foto : daimler.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013