Kamis, 14 November 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
HADIAH TAHUN BARU DI RUTE MEDAN-BANDA ACEH
 
11 Januari 2014


(Jakarta – haltebus.com) Tahun baru, koleksi baru. Begitulah yang ditargetkan PO. Bintang Sempati atau Sempati Star, operator bus yang berbasis di Medan. Mereka siap memberikan kejutan sensasi chassis asal Swedia, Scania, kepada para pelanggannya. "Insya Allah untuk rute Medan-Banda Aceh. Kemungkinan Senin malam sudah siap melayani jalur Medan-Banda Aceh dengan kelas Non-stop 21 seat," kata Penanggungjawab Operasional PO. Sempati Star, Budhy Rachmadsyah kepada haltebus.com, Sabtu (11/1/14).


Label Sempati Star tergolong baru untuk rute Medan-Sumatera, namun orang-orang di balik operasionalnya adalah orang lama di jalur itu. Mereka sebelumnya ikut mengelola PO. Pelangi yang kini berkembang menjadi PO. Putra Pelangi Perkasa dan PO. Sempati Star. PO. Sempati Star adalah reinkarnasi PO. Bintang Sempati yang pernah melayani Medan-Banda Aceh namun berhenti beroperasi di tahun 1998.

Budhy menjelaskan, pihaknya telah berencana membeli chassis Scania K360IB-4x2 sejak tahun 2012. Rencana itu baru terealisasi Oktober lalu yang ditandai dengan pembelian dua unit chassis. Menurut dia, manajemen PO. Sempati Star makin yakin setelah satu unit Scania K360IB-4x2 mengunjungi Medan. Pengusaha bus di sana diundang untuk merasakan duduk di kursi penumpang maupun dibalik kemudi chassis yang dirakit di Jakarta ini oleh PT. United Tractors selaku Agen Tunggal Pemegang Merek Scania di Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, begitu chassis didapat, langsung dibuatkan bodi. Agar bisa secepatnya dioperasikan, chassis yang sudah ada dalam antrean pembuatan bodi di Karoseri Adiputro, Malang, diganti Scania K360IB-4x2 ini. Menurut Budhy kedatangan bus Scania melengkapi koleksi chassis mereka. Sebelumnya mereka memiliki bus Mercedes-Benz berbagai tipe, mulai OH-1526, OH-1626, OH-1830 hingga yang terbaru O 500 R-1836.

Mengapa mereka memilih chassis Scania? “Teknologinya cukup menarik dan mudah dioperasikan,” kata Budhy. Menurut dia, fitur-fitur bus premium ada pada Scania K360IB-4x2 dan cocok untuk karakter pelanggan mereka yang memperhatikan kenyamanan. Dia mengatakan, tidak menutup kemungkinan ada penambahan armada Scania jika dalam pengoperasiannya dirasakan memuaskan.

Kelas yang dilayani PO. Sempati Star cukup beragam. Dengan koleksi chassis bus premium, mereka mengisi kelas Eksekutif, VIP dan kelas tertinggi Non-stop. "Kami ada Patas executive 2-2 dengan 32 seat OH-1626, PATAS VIP 2-2 penumpang 28 seat OH-1626. Sementara ada pula Non-stop 2-1 18 seat OH-1830 dan Non-stop 2-1 dengan 21 seat Scania K360," ujarnya.

Sementara itu dihubungi secara terpisah Departement Head Strategic Marketing Scania, PT. United Tractors, Roy H. Hutahaean mengaku senang atas kepercayaan PO. Bintang Sempati menggunakan Scania K360IB-4x2. Menurut dia, ini menjadi awal baru keseriusan PT. United Tractors menggarap pasar bus premium di Sumatera. "Kami berterima kasih atas kepercayaan PO. Bintang Sempati. Kami optimistis bisa menembus pasar potensial di Sumatera," kata dia.

Roy menyatakan, beroperasinya dua unit bus Scania K360IB-4x2 memberikan alternatif baru pengguna bus untuk merasakan kenyamanan perjalanan mereka. Rute Medan-Banda Aceh memang rute yang cukup menjanjikan untuk pangsa pasar bus premium. Hanya di rute ini berbagai tipe chassis bus terbaru bisa dengan mudah ditemukan. Apalagi karakter penumpang bus di sana mengutamakan kenyamanan.

PO. Sempati Star menjadi operator bus Antar Kota Antar Provinsi dari Sumatera yang mengoperasikan Scania K360IB-4x2. Sebelumnya ada PO. Siliwangi Antar Nusa yang telah mengoperasikan Scania sejak Juni 2013 lalu. Namun, untuk rute Medan-Banda Aceh, PO. Sempati Star menjadi yang pertama. (naskah : mai/foto-foto : dok Sempati Star)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013