Kamis, 24 Oktober 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
PASAR BUS MODERN DI EROPA
 
04 Maret 2014


(Jakarta – haltebus.com)
Jamaknya pasar, sebuah lokasi di Neu-Ulm, Jerman, dipenuhi barang dagangan. Ada berbagai fasilitas penunjang yang melengkapi pasar itu, tersedia tim mekanik, garasi perbengkelan, ada lahan parkir yang luas. Komoditas yang diperdagangkan pun boleh dibilang mulus. Mercedes-Benz memilih BusStore, demikian nama pasar yang memperdagangkan bus bekas ini, sebagai salah satu cara memasarkan bus bekas berkualitas. Mercedes-Benz dengan dua divisi busnya, Evobus dan Setra memilih BusStore sebagai bagian untuk memperdagangkan bus-bus bekas mereka dengan kualitas yang terjaga. Demikian rilis daimler.com yang diterima redaksi haltebus.com pekan lalu.


Pada 21 – 23 Februari lalu, di BusStore ini digelar ajang perdagangan bus bekas bertaraf internasional. Peluang perdagangan bus bekas di Eropa cukup tinggi, BusStore ingin meraih omset pejualan dari tak kurang 2 ribu unit bus bekas yang diperdagangkan setiap tahunnya. Saat ini baru 650 unit bus berpindah tangan di BusStore. Pasar khusus bus itu memiliki lokasi yang strategis di Eropa yang mudah dijangkau. Terletak di Neu-Ulm, kota di Jerman yang BusStore menyatukan semua kegiatan penjualan bus bekas Mercedes-Benz dan Setra ke tingkat yang lebih profesional.

BusStore memiliki jaringan di Eropa Barat dan Tengah tersebar 14 lokasi serta tiga outlet penjualan. Semua lokasi berada di sekitar pusat-pusat layanan utama Omniplus, salah satu layanan purna jual EvoBus. Namun di BusStore tak hanya menampung bus-bus keluaran pabrikan Mercedes-Benz semata. Di Pusat perdagangannya, BusStore memiliki penampungan yang teratur terdiri dan bisa menampung ratusan bus. “Pembeli dengan demikian dapat mencari bus ideal mereka bukan hanya di pusat perdagangan nasional mereka , tetapi dari seluruh Eropa,” demikian rilis daimler.com.

Cara untuk mencari bus-bus bekas yang diinginkan oleh pembeli cukup mudah. Sebelum datang melihat stok bus yang ada pada outlet BusStore, pembeli bisa mengakses www.bus-store.com. Di sana pembeli bisa memilih kriteria bus yang dibutuhkan. Jika sudah tergambar detail bus yang diminati, tenaga pemasaran BusStore akan mencari bus yang diminta pembeli.

Spesialis BusStore akan membuat semua perhitungan dan gambaran lengkap bus yang akan dibeli pelanggan. Setiap bus baru Mercedes-Benz, baik Evobus maupun Setra, tercatat tanggal pembelian dan penjualan saat pihak pembeli pertama menjualnya. Rekam jejak armada bus juga tersedia bagi pelanggan yang ingin mencari bus bekas. Pasar BusStore tidak hanya menjual bus pada individual/perusahaan, tetapi juga menyediakan armada bus dalam skala besar seperti misalnya tender lengkap untuk bus kota.

Meski berlabel bus bekas, jangan bayangkan seperti jual-beli bus di Indonesia. Di jaringan BusStore tersedia pula sebuah workshop yang siap melakukan pengecekan setiap bus yang dijual. Mekanik-mekanik handal siap memeriksa kelengkapan dan memperbaiki kerusakan untuk memastikan kesiapan keselamatan saat bus beroperasi kelak. Mereka mekanik-mekanik yang memiliki sertifikat perbaikan dan berada dalam layanan Omniplus Mercedes-Benz. “Pemeriksaan dilakukan hingga ke detail bus dengan mengacu pada daftar pengecekan bus yang lengkap.”

Pembeli juga bisa memilih bus dalam tiga klasifikasi. Ada kelas Glod, Silver dan Bronze. Kategori unik yang ditawarkan itu menggambarkan tingkatan kesiapan operasional bus. Kelas Gold untuk kendaraan dari in-house Mercedes-Benz dan Setra brandswhich tidak lebih dari tiga tahun dan beroperasi tak lebih dari 300.000 km. Tingkat kesiapan berstandar yang tinggi, ada garansi untuk powertrain dan hampir tidak berbeda dengan garansi kendaraan baru. Kelas Silver untuk semua merek kendaraan hingga maksimal enam tahun dan jarak tempuh sekitar 500.000 km. Bus kelas Bronze memiliki jarak tempuh lebih dari kelas Silver namun dinilai BusStore masih memiliki kualitas yang dapat diandalkan. Setiap bus di kelas Bronze telah lulus inspeksi teknis, berada dalam kondisi layak jalan dan telah dibersihkan secara keseluruhan. (naskah : mai/foto-foto: daimler.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013