Sabtu, 20 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
TINGKATKAN PRODUKTIFITAS DENGAN HIJRAH
 
16 Maret 2014


(Bogor – haltebus.com) Setelah lebih dari 10 tahun bekerja di kawasan Kedoya, BaZe akhirnya harus merelakan tempat yang penuh sejarah itu untuk pengembangan usaha. Sejak Januari 2014, rumah produksi yang kini mengkhususkan diri untuk membuat bus-bus karavan itu menempati lahan baru di kawasan Karanggan, Bogor, Jawa Barat. "Sekarang kami benar-benar siap untuk mengembangkan produktifitas kami di workshop baru ini," ujar pemilik BaZe, Bari Setiadi, saat memperkenalkan workshop-nya, Sabtu (15/2/14).

Menurut Bari, kapasitas produksi di Kedoya tidak memberinya ruang untuk mendukung rencana pengembangan usaha. Di lokasi lama, dia hanya bisa menggarap dua unit bus saja. Sedangkan di lokasi yang baru, kini dia bisa menampung lima unit bus dan satu unit mikrobus atau van. Dua-tiga kali lipat dibandingkan bengkel lamanya.

Sejak 2012 Bari memang serius untuk menggarap pasar bus khusus dengan interior yang didesain sesuai keinginan pelanggannya. Pria berkaca mata ini awalnya memulai bisnis modifikasi audio mobil. Seiring perkembangan waktu, bisnisnya merambah dan bertambah luas. Memulai perkenalan di dunia bus dengan menata audio untuk bus di Jakarta sampai akhirnya di tahun 2006 ikut membangun interior Omah Mlaku milik PO Nusantara. Dari sinilah muncul keberaniannya membuat desain bus karavan yang padat keahlian detil. "Setting audio dan desain interior bus memiliki tuntutan yang sama, butuh ketelatenan untuk menggarap detilnya," kata dia.

Pengembangan usaha yang dirintis Bari bukan tanpa rencana. Kapasitas produksi terpasang yang direncanakannya sekarang adalah untuk delapan unit per bulan. Namun, untuk dua petak lahan seluas lebih dari 3 ribu meter dia masih bisa meningkatkan kapasitasnya lagi. Hijrahnya atau pindahnya BaZe ini tak sekedar beralih fokus bisnis, tetapi serius menggarap pasar yang lebih luas.

Sejak dua tahun terakhir, kata Bari, perkembangan kebutuhan bus khusus seperti bus karavan cukup signifikan. Dari BaZe sendiri telah lahir lebih dari dua lusin bus karavan sejak pertama kali membuat bus karavan. "Saya punya harapan di Indonesia suatu saat orang-orang berlibur di alam bebas dengan karavan, ada tempat parkir khusus karavan seperti kebiasaan orang-orang di Eropa, Amerika Serikat dan Australia," ujarnya bersemangat.

Seiring kemajuan berbagai sektor di Indonesia, kebutuhan masyarakat juga ikut berkembang. Menurut Bari, tidak sedikit pesanan datang dari perorangan maupun operator bus yang menyewakan bus caravan dengan fasilistas terbaik untuk Very Important Person/Very-Very Important Person (VIP/VVIP). Dari operator bus, ayah tiga anak ini menyebut pelanggannya antara lain Big Bird, Metropolitan, Arjuna Samba, Luxurious bus, adapula bus milik TRAC. Di luar operator bus, ada beberapa perusahaan juga yang menyediakan bus caravan untuk direksi maupun tamu-tamu penting perusahaannya. Sementara untuk perorangan, Bari memilih merahasiakannya, dengan alasan agar privasi pelanggannya terjaga.

Bari optimistis, di masa mendatang bisnis menyulap bus menjadi rumah berjalan bisa berkembang. Bus yang nyaman untuk bepergian memiliki fasilitas yang lengkap, tak hanya fasilitas sekedar mengantarkan orang. Dia berangan-angan, bus bisa menjadi sarana liburan keluarga dan kerabatnya yang santai tak terikat waktu dan tempat yang dituju lebih bebas. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013