Jumat, 22 November 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
OPERATOR BUS SWEDIA MULAI MELIRIK BUS HIBRIDA
 
17 Maret 2014


(Jakarta – haltebus.com) Populasi bus hibrida di Swedia bertambah lagi. Ada 10 unit bus milik Uddevalla Omnibus, di pantai Barat Swedia yang akan dioperasikan pada Juni 2014. Lima unit diantaranya adalah bus hibrida, sedangkan lima unit lainnya bermesin diesel. “Dengan bus hibrida kami akan memenuhi standar lingkungan yang lebih baik di masa depan. Kami merencanakan untuk mengganti semua bus kota yang kami operasikan dengan bus hibrida,” kata Lars-Göran Salevik, President of Uddevalla Omnibus seperti dirilis volvobuses.com, Jumat (7/3/14).

Sebelumnya kota Götheborg, juga di Swedia, mengoperasikan bus hibrida lengkap dengan stasiun pengisian battere. Sebelum mengoperasikan secara penuh, otoritas transportasi kota itu mengujicoba effesiensi yang bisa dicapai bus Volvo hibrida.

Uddevalla Omnibus memilih Volvo 7900 Hibrida karena dinilai memiliki effesiensi yang signifikan. Bus ini bisa mengkonsumsi bahan bakar 40 persen dan menghasilkan emisi gas buang 50 persen lebih rendah jika dibandingkan mesin diesel biasa. Operator bus ini menggunakan bahan bakar bio-diesel RME (Rapeseed Methyl Ester).

Menurut Lars-Göran Salevik, mereka pernah melakukan ujicoba bus Volvo hibrida. Dia mengaku hasil ujicoba itu sangat positif. Hal ini yang memantapkan Uddevalla Omnibus membeli bus hibrida Volvo. “Sekarang kami melakukan pelatihan khusus pengemudi kami untuk mengoperasikan bus-bus baru,” ujar dia.

Selain bus hibrida, Uddevalla Ombinus juga akan mengoperasikan bus ambulans komersial. Lima unit bus Volvo 9700 ini akan beroperasi antara Åmål dan Gothenburg. “Bus ambulans kami menawarkan fitur keamanan dan kenyamanan yang tinggi, ada toilet untuk difabel,” kata Lars-Göran Salevik lagi.

Meski memiliki workshop, Uddevalla Omnibus memilih untuk merawat armadanya di pusat pemeliharaan Volvo. Lars-Göran Salevik tak mau mengambil resiko dalam hal perawatan. Menurut dia, banyak hal teknis yang membutuhkan perawatan khusus yang spesifik seperti battere dan peralatan elektronik lainnya.

Untuk bus ambulans, mereka juga tak mau ambil pusing. Lima bus ambulans, direncanakan memiliki garasi di Åmål. Di kota itu, Volvo juga memiliki fasilitas pemeliharaan. Menurut, Lars-Göran Salevik, pemeliharaan seperti ini lebih praktis.(naskah : mai/foto ilustrasi : volvobuses.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013