Jumat, 20 September 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
MAGNIT DARI MAGELANG
 
30 Maret 2014


(Jakarta – haltebus.com) Banyak model bus bertebaran hampir lima tahun terakhir. Setiap tahun selalu ada saja model bus terbaru yang diluncurkan karoseri pembuat bus. Karoseri New Armada termasuk salah satu yang cukup banyak menawarkan model bus untuk ukuran sedang dan besar. Tahun ini mereka memperkenalkan seri terbaru Magneto yang diberi nama Magneto Vizion. “Kami ingin menggantikan Magneto yang sudah lebih dari enam tahun kami pasarkan,” ujar General Manager Marketing Karoseri New Armada, Harris Imam S, saat ditemui haltebus.com di arena Indonesia International Bus and Truck Exhibition, Sabtu (23/3/14) lalu.

Menurut Harris, pihaknya memandang perlu penyegaran pada model Magneto yang mereka pasarkan. Dia mengakui, untuk bus sedang Magneto termasuk yang banyak dipesan pelanggannya. Di pasar bus ukuran sedang, bus-bus buatan New Armada termasuk yang laris. Selain untuk kebutuhn bus pariwisata, Magneto juga mengisi kebutuhan bus sedang pada instansi-instansi pemerintah.

Magneto Vizion banyak mengalami perubahan tampilannya. Di bagian depan, kaca tinggi yang menjadi khas seri sebelumnya teralihkan dengan griil lebar dan dua lampu yang cukup menyita perhatian. Lekukan profil pada bumper, grill dan lampu hingga bagian bawah kaca depan saling menyambung membentuk sebuah karakter, kesan robotik sangat terasa di bagian wajah ini. Aliran angin yang dibutuhkan bus sedang, yang umumnya bermesin depan, lebih dari cukup melalui grill yang besar. Tidak sedikit pengunjung yang memperhatikan bagian depan Magneto Vizion selama pameran.

Di bagian samping juga terjadi perubahan yang cukup besar. Kaca samping dihiasi profil yang menjadi pembatas kaca pertama dan kaca kedua. Sejatinya profil berwarna silver ini untuk menyatukan sudut datang kaca segitiga di bawah kaca pertama dan perbatasan kaca pertama dan kedua. Di bagian ini Magneto Vizion terlihat agak kaku. Kaca segitiga tetap di belakang pengemudi dan pintu depan penumpang menjadi standar bus-bus New Armada. Menurut Harris, mereka mendesain bus yang bisa membuat pengemudinya memilik pandangan yang lapang ke samping. Namun, ada yang menarik di sisi samping Magneto Vizion. Profil di atas ban cukup menarik dicermati sebagai pemanis. Lekukan dari arah depan yang berujung pada lampu sein bisa menjadi ciri khas lain di bagian samping.




Di bagian belakang, ada sisa-saia Magneto yang bisa dilihat dengan jelas. Kaca belakang dan sebagian profil di bagian bawah kaca Vizion masih mengikuti Magneto sebelumnya. Perubahan mendasar bagian belakang terjadi akibat perubahan lampu yang besar. Mau tak mau tim desainer Karoseri New Armada mengakali lekuk Magneto sebelumnya yang banyak diwarnai dengan sudut tajam dan lurus menjadi sudut lengkung yang disatukan melalui lekukan.

Harris mengungkapkan, tak banyak yang diubah dari interior Magneto yang melekat juga pada interior Magneto Vizion. “Penyegaran tampilan saja, untuk interior kami masih memilih desain yang lama yang sudah laris di pasaran,” kata dia.

Magneto dengan tambahan Vizion, menurut Harris, menjadi andalan baru Karoseri New Armada. Pameran IIBT 2014, kata dia, juga mengakhiri produksi Magneto yang selama ini menjadi magnit untuk karoseri asal Magelang itu di kelas bus sedang.

Banyaknya pilihan model yang ditawarkan Karoseri New Armada membuat Harris optimistis produk mereka bisa diterima pasar. Pilihan model bus bisa mendekatkan karoseri dengan selera pasar yang kerap didominasi faktor finansial. Selama pameran, Harris mencatat tak kurang dari 40 unit dipesan untuk bus besar, bus sedang dan mikrobus. Dalam catatan haltebus.com Karoseri New Armada sendiri menargetkan 1.200 – 1.500 unit untuk memproduksi ketiga jenis kendaraan niaga untuk transportasi darat. Akankah Magneto Vizion yang dibanderol Rp. 400 juta ini bisa menandingi seri sebelumnya sebagai magnit Karoseri New Armada? (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013