Minggu, 21 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
SCANIA TEMBUS PASAR BUS DI NORWEGIA
 
06 April 2014


(Jakarta – haltebus.com) Pabrikan bus Eropa berlomba-lomba menyuplai bus k berbagai negara. Pekan ini Scania menandatangani kesepakatan pembelian 114 unit bus dengan operator bus asal Norwegia, L/L Setesdal Bilruter and Agder Buss AS. “Scania dipilih karena faktor kunci yang mendasar seperti harga, kualitas, pertimbangan operasi dan perawatannya,” ujar Project Manager L/L Setesdal Bilruter and Agder Buss AS, Alf Reidar Birkeland dalam rilis scania.com, Jumat (4/4/14).


Jumlah armada yang dipesan L/L Setesdal Bilruter and Agder Buss AS adalah pemesanan terbesar yang pernah dicapai Scania di Norwegia. Menurut Birkeland, Scania memiliki nilai lebih dalam tender penawaran armada yang masuk ke mereka. “Harga dan kualitas yang ditawarkan Scania memang kompetitif, tetapi dari sisi perawatan dan operasional mereka mendapat penilaian tertinggi,” katanya.

Dalam kesepakatan pembelian itu, Scania akan mengirimkan 89 unit bus tahun 2014 dan 25 unit sisanya pada musim gugur 2016. Pabrikan yang bermarkas Swedia ini memasok kebutuhan L/L Setesdal Bilruter and Agder Buss AS untuk bus kota dan bus wisata. Ada Scania Citywide dan Scania Omnicity 320 serta Scania Omnicity 340 yang dikenal dengan Scania-Higher A30.

Sebagai bagian dari kesepakatan pembelian, Scania juga menyediakan layanan perawatan dan perbaikan. Scania akan mengintegrasikan operasional bus milik L/L Setesdal Bilruter and Agder Buss AS itu dalam sistem pengelolaan armada. Selama ini ada paket pembelian Scania Fleet Management yang ditawarkan pada pelanggan.

Sistem yang dibangun Scania untuk perawatan dilakukan pemantauan terkomputerisasi dan berbasiskan internet. Kontrol operasional dengan intenet memudahkan pemantauan dan perekaman setiap armada, sehingga memudahkan perawatan dan perbaikan. Pemantauan armada semacam ini menambah akurasi kapan bus harus menjalani perawatan, penggantian oli, ban, spare-part hingga perilaku pengemudi. “Pembelian ini adalah pengakuan atas solusi operasional yang komprehensif yang ditawarkan Scania untuk berbagai kebutuhan kendaraan transportasi penumpang,” ujar Senior Vice President and Head of Buses
and Coaches Scania, Klas Dahlberg.

Sayangnya scania.com tak menyebutkan angka dalam kesepakatan yang dicapai keduanya. Birkeland sendiri mengaku optimis dengan kerjasama yang mereka sepakati dengan Scania bisa menguntungkan perusahaannya. “Kami yakin Scania Fleet Management membantu operasional bus kami, tentunya kami tak sabar menunggu hasil positifnya,” kata dia.

Penjualan Scania di Norwegia ini sebetulnya menjadi bagian dari strategi pemasaran global mereka. Seperti gayung bersambut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga mengharapkan kehadiran bus-bus Scania dalam jajaran armada Transjakarta yang kini menjadi badan hukum Perseroan Terbatas (PT). Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama berulangkali mengungkapkan keinginan pihaknya mendatangkan bus-bus Scania demi menghadirkan transportasi massal yang nyamanan. Apalagi tujuannya kalau bukan memindahkan pengguna kendaraan pribadi berpindah ke Transjakarta.

Manager Sales PT. United Tractors Andreas, kepada haltebus.com mengungkapkan, pihaknya tengah mempersiapkan kehadiran Scania untuk kebutuhan Transjakarta. Menurut rencana, bulan depan akan ada bus Scania yang datang. Sayang, dia tak memerinci informasinya lebih lanjut, “Ditunggu saja kejutannya,” kata dia.

Sementara itu, sebuah sumber di PT. United Tractors memberi bocoran tentang bus yang akan didatangkan. Dia menyebutkan, spesifikasi yang disiapkan sesuai dengan kebutuhan Transjakarta. Berbahan bakar gas, berlantai tinggi dan dilihat fisiknya tak berbeda dari bus-bus yang sudah beroperasi. Namun dari sisi teknologi, dia menjamin jauh lebih maju dari yang sudah ada. “Ini menjadi bus berbahan bakar gas pertama dari Scania yang dipasarkan secara global, dengan standar emisi tertinggi,” ujar sumber yang tak mau disebutkan namanya ini.

Nah, semoga ini menjadi pertanda baik untuk kemajuan transportasi di kota Jakarta. Pengguna kendaraan pribadi bisa membuktikan kenyamanan yang ditawarkan pabrikan Eropa seperti Scania. (naskah : mai/foto : scania.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013