Selasa, 16 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
KEJUTAN UNTUK TRANSJAKARTA ITU AKHIRNYA DATANG
 
15 April 2014


(Jakarta – haltebus.com) Kejutan baru untuk bus Transjakarta menjelang akhir semester pertama 2014 akhirnya datang juga. PT. United Tractsors, Agen Tunggal Pemegang Merek bus dan truk Scania di Indonesia mulai memperkenalkan bus gandeng untuk Transjakarta. "PT. United Tractors memperkenalkan sebuah bus premium yaitu bus gandeng Scania Euro 6 berbahan bakar gas yang ramah lingkungan sebagai moda sistem transportasi massal," demikian rilis yang diterima haltebus.com, Senin (14/4/14).

Rilis resmi ini mengkonfirmasi keterlibatan pabrikan Scania dalam mendukung sistem transportasi andalan Jakarta, Transjakarta. Sebelumnya, Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama mengundang sejumlah pabrikan bus Eropa untuk terlibat dalam pengadaan bus Transjakarta. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sendiri pernah mengungkapkan kebutuhan bus di ibukota mencapai 6 ribu unit.

Informasi akan masuknya bus Scania ke Transjakarta telah diperoleh haltebus.com sejak tahun lalu. Manager Sales Scania PT United Tractors, Andreas pun tak menutupi adanya rencana itu. Penjajakan dengan Pemprov. DKI Jakarta dilakukan semester kedua 2013. Sampai akhirnya, markas besar Scania di Swedia menyetujui penggunaan mesin berbahan gas tipe terbaru pengembangan mesin seri Gxx yakni OC09 102 berkapasitas 9 liter ditawarkan untuk Transjakarta. Sebuah sumber yang mengetahui Scania di Indonesia menyebut, “Mesin bertenaga 340 HP berstandar Euro 6 dan yang pertama kali digunakan di dunia.”

Menurut PT. United Tractors, chassis bus didatangkan langsung dari Södertälje, Swedia. Mereka mengklaim bus yang ditawarkan ini memiliki daya tahan yang tinggi, kemudahan dalam pengoperasian dan kenyamanan yang didukung keselamatan berstandar internasional. Jika kita bandingkan dengan bus-bus kota yang dibangun Scania dan pembuat bodi bus yang menjadi partnernya, bus Transjakarta memiliki kekhususan. Biasanya bus kota keluaran Scania berlantai rendah, sedangkan bus Transjakarta berlantai tinggi.

Scania sendiri sebenarnya memperkenalkan mesin berstandar Euro 6 sejak 2011. Namun pada Oktober tahun lalu mereka mendeklarasikan penggunaan mesin berstandar Euro 6 pada produk-produk yang dipasarkan pada tahun 2014. Rentang produk yang diperkenalkan sebenarnya sebagian besar untuk truk dan sebagian untuk bus. Dalam keterangan yang dirilis scania.com ada dua pilihan untuk mesin bus berbahan bakar gas, 280 HP dan 340 HP. Kemampuan adaptasi mesin juga sangat istimewa. “Mesin bisa beradaptasi untuk bekerja dengan bahan bakar compressed natural gas (CNG), liquefied natural gas (LNG) atau biogas,” demikian bunyi rilis scania.com.

Teknologi yang diusung Scania untuk mesin berstandar Euro 6 berbasis variable geometry turbocharging (VGT) dan exhaust gas recirculation (EGR) yang dikombinasikan dengan selective catalytic reduction (SCR). Ketiga sistem ini menghasilkan kinerja mesin yang effesien dan emisi gas buang yang rendah.

Rencananya, satu bus gandeng yang sudah berwarna khas Transjakarta akan dipamerkan pada awal bulan depan sebagai perkenalan. Meski bus gandeng Scania sudah tiba di Jakarta bulan depan, warga Jakarta bisa langsung mencicipi kenyamanannya. Masih harus menunggu proses pembelian antara Pemprov DKI Jakarta dan PT. United Tractors. “Kehadiran bus gandeng Scania Euro 6 siap menjawab kebutuhan moda transportasi massal di Jakarta,” demikian PT. United Tractors. (naskah : mai/foto : PT. United Tractors)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013