Minggu, 21 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
PERANGKAT KESELAMATAN TERBARU TRAVEGO
 
22 April 2014


(Jakarta – haltebus.com) Keamanan dan keselamatan adalah hal utama di perjalanan, khususnya untuk kendaraan pengangkut banyak penumpang seperti bus. Berbagai fitur keamanan dihadirkan pabrikan bus sebagai salah satu nilai tambah produknya. Tidak ketinggalan Mercedes-Benz yang memperkenalkan sistem Active Brake Assist (ABA) generasi ketiga untuk Travego yang diproduksi tahun ini. “Active Brake Assist 3 secara aktif bisa mencegah terjadinya kecelakaan,” demikian rilis daimler.com, Senin (14/4/14).


Active Brake Assist (ABA) adalah perangkat keselamatan yang dirancang Mercedes-Benz untuk mengantisipasi kecelakaan dengan kendaraan di depannya. Dengan memanfaatkan hambatan stasioner, peringatan untuk pengemudi dan sistem pengereman menyala. Kali ini Mercedes-Benz memperkenalkan generasi ketiga dari sistem ABA ini.

Mercedes-Benz mengklaim Travego sebagai bus paling aman di dunia dengan perangkat ABA 3 ini. Sebelumnya dua generasi ABA telah diluncurkan. Pada generasi kedua ABA ada sensor yang berbasis hambatan stasioner dengan kendaraan di depannya yang berjalan lebih lambat. Saat sensor menyala, perintah pengereman pada pengemudi juga ikut menyala. Sistem sensor ini juga terhubung dengan sistem pengereman.

Nah, di generasi ketiga, sistem yang dikembangkan mampu melakukan pengereman secara langsung. Ada perangkat Adaptif Crusie Control, sistem kontrol bus adaptif untuk mengendalikan bus, yang menjadi prasyarat ABA 3. Sistem ACC dan ABA  3 ini menjadi perangkat keselamatan standar Travego terbaru. Kedua perangkat itu meringkankan kerja pengemudi. Saat ABA 3 mendeteksi kendaraan di depannya yang berjalan lambat, secara otomatis pengendalian bus yang berjalan juga diambil alih oleh ACC. Sensor pada ABA 3 juga mengatur jarak aman bus dengan kendaraan di depannya. Kecepatan bus akan mengikuti kecepatan kendaraan lain.

Banyak sistem keamanan telah dihadirkan Mercedes-Benz pada produk Travego. Pada tahun 1999, saat pertama Travego diperkenalkan, sistem pengereman elektronik yang dilengkapi rem cakram menjadi fitur andalannya. Selain itu, ada juga lampu xenon yang kuat yang membedakannya dengan kompetitor lain.

Tradisi ini berlanjut, Mercedes-Benz mengklaim, Travego edisi tahun 2002 menjadi bus pertama yang dilengkapi Electronic Stability Program (ESP). Fitur ini menjadi standar kelengkapan pada bus yang diproduksi tahun 2003. Tahun 2004, lagi-lagi Mercedes-Benz Travego menjadi yang pertama tiga sistem, Adaptif Cruise Control, Lane Keeping Assist (sistem pengontrol arah bus) dan Braking Limiter (pembatas sistem pengereman).

Sistem ABA generasi pertama diperkenalkan pada 2008 dan sistem keselamatan pasif didaftarkan hak patennya pada Front Collision Guard/ FCG. Terobosan ABA generasi kedua lahir pada 2012 dengan fungsi yang ditambahkan dengan Attention Assist (peringatan mengantuk untuk pengemudi). Mercedes-Benz yakin ABA 3 pada Travego 2014 melengkapi fitur keselamatan terdepan dalam teknologi transportasi bus.

Dailmer AG yang menaungi Mercedes-Benz dan Setra memperkenalkan berbagai produk sesuai dengan kebutuhan transportasi di Eropa. Grup usaha otomotif asal Jerman mengembangkan teknologi terkait fitur keselamatan dan effesiensi operasional. (naskah : mai/ foto : daimler.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013