Jumat, 20 September 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
"SILAHKAN DATANG KE JAKARTA"
 
15 Mei 2014


(Jakarta – haltebus.com) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana mengembangkan jaringan sistem transportasi massal yang ada saat ini. Selain untuk memenuhi kebutuhan transportasi warga dari pinggiran kota menuju pusat-pusat bisnis di Jakarta, ada pula rencana pengembangan bus tingkat. “Kami akan membuat bus-bus tingkat di jalur-jalur wisata, nantinya setiap 10 menit lewat dan gratis,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pekan lalu.

Menurut Basuki, pihaknya ingin membuat angkutan yang nyaman bagi warga Jakarta. Dia mengaku mengundang semua pihak untuk mewujudkan program jaringan transportasi massal ini. Pria yang akrab disapa Ahok itu menyebutkan, bus kota yang nyaman memungkinkan warga Jakarta beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum.

Informasi yang dihimpun haltebus.com, sejak triwulan terakhir 2013 sejumlah perwakilan pabrikan bus diundang ke Balaikota. Bersama jajaran Pemprov DKI Jakarta mereka membahas kemungkinan memasukkan produk-produknya ke Jakarta. Scania sudah memamerkan produk mereka dihadapan Ahok pekan lalu. Sebuah bus gandeng berkelir khas Transjakarta Scania K340 6x2/2 dipajang di kawasan Silang Monas.

Ahok mengungkapkan, dia masih menunggu sedikitnya tiga pabrikan Eropa lainnya. Tak hanya bus gandeng untuk Transjakarta tetapi juga bus tingkat. Jika dirunut, sejauh ini ada dua pabrikan yang telah menyiapkan bus dengan chassis yang cocok untuk bus tingkat.

Awal tahun ini, pabrikan MAN yang menggandeng karoseri lokal Nusantara Gemilang, Kudus, memperkenalkan bus tingkat bernama Miracle. PT. Duta Putera Sumatera (APM) sebagai Agen Pemegang Merek MAN di Indonesia menghadirkan chassis 3-axle MAN R37. “Kami sudah daftarkan produk kami di E-katalog LKPP, kami siap bekerja sama dengan Pemerintah DKI Jakarta untuk pengadaan bus yang dibutuhkan,” kata Dirut PT. DPS Nugroho Tjandrakusuma.

Ini berarti, PT. DPS baru menyatakan kesiapannya untuk memasok bus bertingkat. Sementara untuk kebutuhan Transjakarta, Nugroho menyatakan, pihaknya masih terbentur ijin dari pabrikan MAN di Jerman. Menurut dia, pemilik merek MAN belum memberikan ijin penjualan di Indonesia.

Pabrikan lain, Mercedes-Benz tengah menyiapkan tipe terbaru. Ada bus 3-axle yang sudah mereka siapkan sejak tahun lalu. Ditilik dari spesifikasinya, chassis ini cocok untuk dibuat sebagai bus tingkat. Pabrikan yang telah berkiprah lebih dari 40 tahun di Indonesia juga menyatakan kesiapannya memenuhi kebutuhan Pemprov DKI Jakarta. Selain chassis bus untuk bus tingkat tetapi juga bus gandeng yang menggunakan bahan bakar gas. “On progress! Tunggu tanggal mainnya, kami akan memberikan kejutan,” kata Deputy Director Bus Sales Operation Commercial Vehicle PT. Mercedes-Benz Indonesia Adri Budiman.

Sumber haltebus.com di beberapa karoseri mengkonfirmasi bahwa mereka tengah menggarap chassis terbaru Mercedes-Benz 3-axle. Rencananya chassis bertenaga besar itu siap diluncurkan tahun ini. “Awalnya bulan April, lalu mundur ke bulan Juni. Karena tahun ini ada Pemilu, akhirnya peluncuran diundur lagi sampai September demi kelancaran acara,” sumber yang meminta namanya dirahasiakan.

Direktur PT. United Tractors Loudy Irwanto Ellias menyatakan, pihaknya siap merakit chassis bus Scania di Jakarta. Agen Tunggal Pemegang Merek Scania di Indonesia itu siap merakit 300 unit bus gandeng per tahun di fasilitas perakitan mereka di Cakung. “Kami juga bekerja sama dengan Karoseri Laksana dari Indonesia dan Gemilang dari Malaysia untuk pembuatan bodi,” kata dia.

Keinginan Ahok untuk menghadirkan transportasi kelas dunia di Jakarta tinggal menunggu waktu. Berbagai persiapan juga dilakukan pabrikan. Menurut Ahok, syarat untuk mengikuti tender Transportasi cukup mudah. Cukup daftar di E-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), dan prosesnya dilakukan secara online di internet. “Tinggal nanti kami bandingkan dari spesifikasi, harga, biaya dan umurnya, yang terbaik yang kami pilih,” ujarnya. (naskah : mai/ foto-foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013