Minggu, 21 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
VAN HOOL SIAPKAN PESAING BARU
 
18 Mei 2014


(Jakarta – haltebus.com)
Pabrikan bus asal Belgia, Van Hool, mengumumkan tipe bus terbaru mereka yang akan beredar di Eropa mulai tahun 2015 mendatang. Bus ini juga ditujukan untuk pasar yang baru dibuka Van Hool di Macedonia. Pengumuman ini menandai beroperasinya fasilitas produksi Van Hool di Macedonia yang diresmikan PM Nikola Gruevski, Senin (12/5/14) demikian yang dikutip dari vanhool.be.


Menurut CEO Van Hool NV, Filip Van Hool, produksi bus terbaru mereka akan diproduksi pada kuartal keempat tahun ini. Bus itu mulai diproduksi di fasilitas produksi Van Hool di Skopje, Macedonia. Meski belum diproduksi Filip juga mengumumkan nama yang akan disandang besutan anyar, yakni EX (baca : eiks). “Van Hool ingin memainkan peran di pasar bus Internasional,” kata dia.

Filip mengatakan, ini pertama kalinya sejak krisis keuangan melanda Eropa mereka mengambil langkah penting dalam mencermati pertumbuhan ekonomi. Menurut dia, di tengah krisis Van Hool tetap menjalin komunikasi dengan pelanggan, sehingga mereka menangkap peluang untuk mengambil pasar bus dengan tipe terbaru. “Bus tipe terbaru ini akan menjadi standar bus dengan kualitias yang tinggi seperti yang dikenal melekat pada Van Hool,” ujar dia lagi.

Sayangnya belum ada informasi detil tentang bus EX yang akan dibangun itu. Sejumlah sketsa ditampilkan di situs vanhool.be. Jika dilihat sekilas sketsa yang dipublikasi itu mirip dengan seri TX yang diperkenalkan pada 2012 lalu. Hanya pada tampilan depan dan belakang detil desain lampu berbeda. Seri EX kembali ke lampu depan yang menjadi ciri khas Van Hool dengan lampu-lampu berukuran kecil sebagai head lamp. Sementara di bagian belakang, lampu rem dan lampu malam juga terlihat sederhana, seperti mengulang kembali produk seri T9xx yang diproduksi tahun 1995. Produk ini terbilang laris di masanya.

Rencananya Van Hool EX ini akan diperkenalkan pada pameran Internationale Automobil-Ausstellung (IAA) di Hannover, Jerman. Pameran itu menjadi ajang paling bergengsi di dunia industri otomotif Intrnasional, tak terkecuali untuk kendaraan niaga seperti bus. sebagai pendatang baru seri EX akan menyasar pasar bus baru yang akan dimasuki Van Hool baik di Eropa maupun belahan negara lain. Di Amerika misalnya, Van Hool cukup mendapat respon yang tinggi.

Tahun 2012 lalu, Van Hool mengumumkan naiknya permintaan di Amerika Utara. Sedikitnya mereka mendapat pesanan 500 unit bus di sana. Sejak saat itu mereka menginvestasikan 25 juta Euro di Skopje untuk memastikan pesanan 300 unit bus standar dan 200 unit bus yang mewah. “Kami ingin berperan untuk pasar Amerika, jika dibuat di Belgia sangat jelas kami tak mampu membuat 300 bus standar karena ongkos produksi yang mahal. Setelah melakukan analisa kami akhirnya memilih mendirikan fasilitas produksi baru di Macedonia,” kata Filip.

Sejak produksi dimulai pada Juli 2013, pada Oktober 2013 bus pertama untuk pasa Amerika dikirim. Dengan 431 karyawan mereka telah menyelesaikan 125 unit bus dan menyelesaikan 300 unit bus di tahun ini. Filip yakin, fasilitas produksi di Skopje tak hanya untuk memenuhi pesanan bus dari Amerika, melainkan juga mendekatkan Van Hool pada pasar yang lebih beragam. Menurut Filip, target pasar mereka berkembang, bukan hanya bus wisata yang mewah tetapi juga bus standar dengan beragam pilihan.

Van Hool adalah pabrikan independen yang memproduksi bus dan kendaraan industri yang didirikan di Koningshooikt, Belgia. Sebagia besar produk mereka dipasarkan di Eropa dan Amerika. Fasilitas produksi Van Hool ada di Koningshooikt dan Bree di Belgia, serta Skopje di Macedonia dengan total karyawan mencapai empat ribu orang. (naskah : mai/foto : vanhool.be)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013