Minggu, 20 Agustus 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
ASYIKNYA MENYUSURI PANTAI SELAT SUNDA
 
10 Juni 2014


(Pandeglang - haltebus.com)
Ribuan kilometer panjang garis pantai Indonesia menyimpan potensi wisata yang demikian besar. Jangankan di lndonesia Timur yang masih belum terjamah, di ujung Barat Pulau Jawa, ternyata memendam keindahan alam yang sayang jika dilewatkan. Masuk dalam wilayah Kabupaten Pandeglang, pantai di Kecamatan Sumur, yang berada di Tanjung dan Teluk sangat menarik jika kita kunjungi.

Sebenarnya ada tiga resort yang cukup dikenal di kawasan Pandeglang, kawasan wisata Carita, Pulau Umang dan Tanjung Lesung. Pantai di sepanjang pesisir Kabupaten Pandeglang bervariasi, ada yang berpasir coklat, ada pula yang berpasir putih. Sebagian besar yang berpasir putih masuk kawasan Taman Nasional Ujung Kulon.

Ada dua jalur yang bisa kita tempuh untuk mencapai Sumur. Pertama, melalui jalur utama Serang-Pandeglang-Labuan-Cibaliung-Sumur yang berkelok-kelok. Di jalur ini selain menggunakan kendaraan pribadi ada pula bus Damri atau mikrobus yang melayani rute Serang-Labuan-Cibaliung- Sumur.



Sabtu (31/5/14) haltebus.com mencoba menyusuri jalur kedua.  Di sepanjang jalan yang bersisian dengan pantai selepas Labuan. Bersama klub penggemar mobil four wheel drive (4WD) Monster Batugede, Pandeglang, kami mengambil jalur Panimbang-Tanjung Lesung,  dengan medan yang beragam. Syaratnya satu, kita harus menggunakan kendaraan 4WD. Selepas kawasan wisata Tanjung Lesung jalan berbatu menghadang di depan. Selebihnya ada jalan berbeton, aspal, bahkan jalan tanah yang cukup menantang. Kabarnya proyek pembangunan jalan ini terhenti akibat kontraktor utamanya tersangkut masalah korupsi di Komisi Pemberantasan Korupsi.

Dengan kondisi jalan yang beragam itu, jarak 20-30 Km ditempuh dalam waktu satu jam di kala kering dan lebih dari 1,5 jam di musim hujan. Kita bisa menikmati pantai sambil berkendara. Perjalanan sepanjang jalur off-road ringan ini cocok dinikmati bersama keluarga. Jika anda tertarik, sebaiknya mencari pemandu yang hafal daerah itu. "Kalau hujan asyik lagi nih, untuk sekedar rekreasi bersama keluarga bolehlah," ujar Endang Setiawan off-roader pemula asal Pandeglang.

Menyusuri jalan Sumur-Ciputih, lagi-lagi kendaraan 4WD berjasa. Jalan utama menuju Suaka Margasatwa Ujung Kulon ini dihiasi lubang di sana-sini. Meski ada pekerjaan perbaikan jalan, 5-10 Km ruas jalan nyaris tak bisa dilewati sedan. Pemandangannya? Pantai pasir putih yang membentang di sebelah Barat sisi jalan cukup menggoda. Ada beberapa resort yang tengah dipersiapkan.

Apa saja yang bisa kita nikmati di kawasan wisata Pantai Ciputih? Selain memandang indahnya matahari terbenam di ujung Selatan Selat Sunda dan bermain di pantai, pengunjung yang senang wisata pantai bisa memilih memancing di lepas pantai atau snorkling di Pulau Oar. Sementara yang senang berpetualang bisa mengunjungi Taman Suaka Margasatwa Ujung Kulon. Jarak tempuhnya 1,5-2 jam perjalanan.

Potensi wisata pantai yang terletak sekitar 250 km Barat Daya Jakarta itu belum tergarap dengan baik. Infrastruktur jalan di ruas Citeureup-Cibaliung-Sumur masih diwarnai jalan rusak seperti aspal mengelupas, berlubang dan rawan longsor.



Bagi anda yang suka berpetualang, tak ada salahnya menempuh jalur off-road ringan menyusuri pantai. Di ujung perjalanan anda bisa memilih Pulau Umang atau Pantai Ciputih. Dijamin perjalanan lima-enam jam dari Jakarta anda terbayar dengan keindahan alamnya. (Naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013