Selasa, 19 November 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
OPERASIONAL BUS DIKENDALIKAN GPS?
 
11 Juni 2014


(Jakarta – haltebus.com) Volvo Bus, Swedia mengembangkan perangkat Global Positioning System (GPS) yang bisa mengatur dan mengendalikan bus. Mereka memulai ujicoba pengendalian bus melalui GPS untuk bus kota di Gothenburg dengan system yang dinamai Manajemen Zona. “Bus diprogram untuk menyesuaikan antara sumber bahan bakar dan kecepatan sesuai dengan zona yang dilaluinya. Ketika memasuki zona tanpa emisi, bus secara otomatis beralih ke tenaga listrik murni tanpa pengemudi harus melakukan sesuatu,” jelas Magnus Broback, Director City Mobilityat Volvo Bus dalam rilis yang diterima haltebus.com, Kamis (5/6/14).

Bus secara otomatis beralih ke tenaga listrik dan mengemudi dengan kecepatan rendah di daerah sensitif. Pengendalian otomatis dimungkinkan dengan pemetaan wilayah yang deprogram dalam perangkat GPS. Volvo Bus memulainya dengan bus hibrida yang menggunakan baham bakar minyak dan listrik. Menurut Volvo penerapan teknologi seperti ini memberikan kontribusi untuk lingkungan perkotaan yang bersih, aman dan tenang.

Manajemen Zona baru yang dirintis Volvo Bus diujicoba untuk bus kota Gothenburg rute 60. Sepanjang rutenya itu bus beroperasi dengan pengalihan dua sumber tenaga di zona tertentu di sepanjang rute. GPS digunakan untuk menentukan persis di mana di sepanjang rute bus harus berjalan di listrik atau diesel, dan juga seberapa cepat bisa mengemudi di berbagai zona.

Pengendalian pintar untuk bus adalah program terbaru Volvo bus dalam Mobilitas Kota yang selama ini ditawarkan mereka untuk membantu transportasi massal kota. Program Mobilitas Kota ini ditawarkan untuk membantu pemerintah kota-kota di dunia dalam mendorong peralihan warganya ke angkutan umum berkelanjutan.

"Teknologi ini memungkinkan untuk membawa bus lebih dekat ke daerah di mana orang bergerak: rumah mereka, pusat perbelanjaan, rumah sakit dan sekolah,” Broback melanjutkan penjelasannya.

Menurut Broback, teknologi ini membuat transportasi umum lebih mudah diakses, lebih aman dan bersih bagi warga perkotaan. Ujicoba di Gothenburg adalah kerjasama antara Chalmers University of Technology, Volvo Bus, otoritas lalu lintas Gothenburg, otoritas transportasi umum Gothenburg, operator angkutan umum daerah Västtrafik dan pemangku kepentingan di wilayah Västra Götaland.

"Lingkungan dan keamanan adalah dua isu yang terus-menerus kami perhatikan. Dengan kemampuan menentukan kapan bus beralih antara listrik atau diesel, kami dapat menunjukkan di bagian kota mana bisa diminimalisir kebisingan dan emisi gas buang dan menciptakan zona listrik yang sesuai,” kata Dan Paulström Process Developer pada Göteborgs Spårvägar, perusahaan operator bus di Gothenburg .

Paulström mengungkapkan, sistem ini juga akan menjadi bagian penting dari upaya Göteborgs Spårvägar dalam meningkatkan keselamatan bagi penumpang mereka. Batas kecepatan, kata dia, juga menjamin keamanan semua orang yang bergerak di sekitar rute bus kota dan halte bus. Ujicoba pengendalian GPS pada bus hibrida di Gothenburg hibrida dilakukan Volvo Bus mulai 2014 hingga 2015 dan diharapkan sepenuhnya bisa dioperasikan pada tahun 2016.(naskah : mai/foto : Volvo Bus)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013