Selasa, 16 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
NGE-GADGET DI BUS YUUK
 
20 Juni 2014


(Jakarta – haltebus.com) Menikmati hiburan di dalam bus bisa menjadi teman perjalanan yang mengasyikan, apalagi kita bisa memilih hiburan yang kita inginkan selama perjalanan. Ada musik, ada film, juga sambungan internet yang memungkinkan penumpang merasa nyaman saat bus tengah melaju. “Kami sedang mengujicoba layanan hiburan multimedia dalam armada bus kami. Dalam waktu dekat kami akan meresmikan layanan ini untuk dua armada baru kami untuk jurusan Jepara-Denpasar,” ujar Manajer Marketing PO. BeJeU, Rifqy Roosdhani kepada haltebus.com Rabu (19/6/14).

Apa yang dimaksud dengan hiburan multimedia? Rifqy menjelaskan, sejak Mei lalu pihaknya menyediakan sarana bagi penumpang untuk memilih hiburannya secara personal. Ada layanan pemesanan lagu yang akan menemani perjalanan, ada pula film, belum lagi fasilitas internet gratis yang memang sudah terpasang di seluruh bus PO. BeJeU.

Cara kerjanya berbasis internet nirkabel atau yang dikenal dengan WiFi. Sebelum berangkat, penumpang disarankan untuk memesan lagu yang mereka inginkan. Setelah memesan, administrator akan menyusun daftar pesanan dan kata kunci pada pelanggan. Dengan pola seperti ini, Rifqy memastikan, setiap pelanggan bisa menikmati musik yang berbeda dengan pelanggan lain sesuai keinginan masing-masing. Sistem yang sama juga berlaku untuk pemesanan film. Cukup mengisi form pemesanan lagu atau film yang diinginkan di https://docs.google.com/forms/d/1bjrIl-knyWMPjBYkwvdUmQg8Wz5_w5q9OsRxOB1I25s/viewform.

Lalu bagaimana kita bisa menikmatinya? Menurut Rifqy mereka tidak menyediakan monitor personal di setiap kursi penumpang layaknya kursi di pesawat. Para pelanggan cukup menggunakan telepon pintar, komputer tablet maupun laptop. Jika pelanggan ingin menikmati lagu pilihan, cukup dengan telepon pintar. Sedangkan untuk menikmati film, minimal pelanggan harus menyiapkan komputer tablet. “Kami berupaya meningkatkan pelayanan dari tersedianya fasilitas internet nirkabel menjadi lebih personal,” kata Rifqy.

Satu lagi fitur layanan yang cukup unik. Penumpang bisa melihat situasi di luar bus, baik di depan maupun di belakang secara langsung tanpa harus melongok ke depan. Cukup dari telepon pintar, komputer tablet dan laptop yang digunakan untuk menerima layanan hiburan multimedia personal. PO. BeJeU menyediakan kanal khusus bagi penumpang untuk menikmati perjalanan dengan situasi real time selama bus berjalan. Maklum, ada sekat yang membatasi kabin pengemudi dengan kabin penumpang di setiap bus PO. BeJeU. “Biasanya penggemar bus senang dengan layanan yang satu ini,” kata dia lagi.

Rifqy menjelaskan, tawaran baru untuk menemani perjalanan ini adalah bagian dari strategi marketing mereka dalam menjaring pelanggan. Menurut dia, di tengah tren penggunaan peralatan yang terkoneksi internet, mereka ingin membuat deferensiasi fasilitas yang tersedia pada armada PO. BeJeU. Tiga tahun terakhir, fasilitas internet nirkabel memang menjamur di berbagai daerah. Operator bus berlomba-lomba memasang fasilitas yang memungkinkan pelanggan mereka mengakses internet selama perjalanan.

Pandangan Rifqy cukup sederhana, hanya ingin memberi nilai tambah atas apa yang sudah dirintis PO. BeJeU. Ayah tiga anak yang juga mempelajari pemasaran melalui internet ini, mencoba mengembangkan beragam teknik pemasaran. Bus-bus PO. BeJeU tak sekedar menyolok karena warnanya yang hitam, kini dibalik hitamnya bus asal Jepara itu ada fasilitas yang mengasyikkan sebagai teman perjalanan. (naskah : mai/ foto : dok. PO. BeJeU)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013