Minggu, 21 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
YANG DITUNGGU DARI MERCEDES-BENZ ITU SEGERA MENGASPAL
 
18 Juli 2014


(Jakarta – haltebus.com) Nyaris setahun setelah desas-desus seputar kehadiran varian teranyar chassis bus Mercedes-Benz, kejelasan wujudnya mulai terlihat. Tiga hari lalu bus dengan karakter bertenaga mulai menyusuri jalan Malang-Jakarta. Bus yang dibuat di Karoseri Adiputro itu membuat sejumlah penggemar bus memburunya.

Bus ini adalah varian terbaru yang diperkenalkan PT. Mercedes-Benz Indonesia. Chassis bus bersumbu tiga (3-axle) dengan dua poros bergerak dan satu poros tetap kerap disebut dengan OH-2542. Varian ini termasuk keluarga O 500 RF, sama seperti pendahulunya yang berporos dua O 500 R-1836. Director of Sales Commercial Vehicle PT. MBI Olaf Petersen menolak berkomentar banyak saat ditanya haltebus.com di sela-sela acara penyerahan sertifikat body builder di Karoseri Rahayu Santosa, Rabu, (16/7/14). Dia hanya memberikan keterangan singkat, "Yang bisa saya pastikan adalah tunggu sampai akhir tahun ini. Kami perkenalkan varian terbaru kami," katanya sambil tersenyum.

Beberapa sumber haltebus.com yang menolak disebutkan namanya membenarkan bus bersumbu tiga yang dibuat di Malang adalah OH-2542. Memang belum banyak informasi yang digali. Penamaan secara resmi dari PT. MBI untuk chassis yang ditopang mesin 420HP itu juga belum dirumuskan. Namun, informasi yang dihimpun haltebus.com menyebutkan penamaan tipe chassis tak berbeda dari tipe chassis sebelumnya.

Sejak kuartal terakhir tahun lalu chassis ini telah diperlihatkan pada beberapa pelanggan loyal Mercedes-Benz. PT. MBI telah menghadirkan 10 unit chassis, satu unit sudah dibuat bodinya, sementara chassis yang lain masih dalam proses pembuatan bodi. Masih ada pula beberapa unit yang belum datang, namun sudah dipesan. "Mercedes-Benz tidak menyediakan stok, harus pesan dulu," kata sumber yang lain.

Tipe chassis bus yang tergolong baru ini masih membutuhkan penyesuaian untuk beberapa bagian. Mulai dari panjangnya yang 13,5 meter, dua sumbu roda belakang hingga fitur elektrik yang menyertainya. "Ini chassis bus yang sudah dilengkapi Electronic Stability Programme," ujar salah sahabat haltebus.com yang menolak disebutkan namanya.

Bocoran lain, chassis ini memiliki potensi untuk dibangun sebagai bus tingkat atau double decker. Dengan poros ketiga yang bisa bergerak, bus mampu bermanuver dalam radius putar yang sempit. Satu lagi, automated transmission AS-tronic melengkapi kemudahan pengendalian operasional.

Bagi sebagian operator bus, bus dengan tiga poros tergolong sangat mewah untuk kondisi jalan yang ada di Indonesia saat ini. Namun, bagi sebagian yang lain yang ingin menghadirkan kenyamanan untuk pelanggannya, tak ada salahnya melirik tawaran Mercedes-Benz. OH-2542 menjadi varian tertinggi pabrikan Jerman yang ingin lebih fokus untuk mengisi pasar bus kelas premium.

Pilihan yang ditawarkan Mercedes-Benz kini semakin lebar dengan ragam tipe chassis mulai OH-1518 E-III, OH-1521 E-III, OH-1526, OH-1626, O 500 R-1836 dan kini si kekar OH-2542 yang belum diluncurkan. Setelah pasar bus di Indonesia melemah karena Pemilu di 2014 ini, masuknya varian baru dari Mercedes-Benz siap memanaskan persaingan tahun 2015. Dan lagi-lagi, penumpang sebagai pengguna akhir yang paling diuntungkan.(naskah : mai/foto : mai/istimewa)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013