Rabu, 14 April 2021 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
VOLVO PERKUAT POSISI DI SEGMEN HIBRIDA-ELEKTRIK
 
25 Agustus 2014


(Jakarta – haltebus.com) Kemajuan teknologi dan tuntutan menghemat energy di dunia otomotif membuat pabrikan bus memfokuskan bisnisnya. Salah satunya yang dilakukan Volvo. Pameran IAA Commercial Vehicle menjadi arena pabrikan asal Swedia itu untuk mengukuhkan teknologi hibrida pada bus yang mereka produksi. “Volvo 7900 Hibrida-Elektrik terbaru akan diluncurkan secara resmi pada pameran IAA Commercial Vehicle. Mesin yang senyap, lebih bersih dan sangat irit bahan bakar, menjadi generasi baru transportasi publik,” demikian rilis Volvo Bus yang diterima haltebus.com, Jumat (22/8/14).

Volvo Bus memulai langkahnya untuk serius mengembangkan teknologi ramah lingkungan untuk transportasi massal masa depan. Melalui Volvo 7900 Hibrida-Elektrik mereka mengklaim bisa mereduksi karbondioksida hingga 75 persen dibandingkan dengan bus bermesin diesel konvensional. Bahkan Volvo Bus mengklaim teknologi ini bisa menghemat energi mencapai 60 persen. Klaim itu dilansir setelah Volvo Bus mengoperasikan Volvo 7900 Hibrida-Elektrik di Gothenburg setahun terakhir. Selama ujicoba operasi inilah, konsumsi bahan bakar dan penghematan energi yang tercapai, bisa diverifikasi.

Tak hanya konsumsi bahan bakar, teknologi hibrida juga menekan polusi suara secara signifikan. Di kota-kota yang sibuk, polusi suara selalu menjadi masalah. Namun dengan teknologi hibrida, bus Volvo 7900 Hibrida-Elektrik bisa mereduksi suara hingga mencapai angka 65 desibel, jauh di bawah level mesin bus konvensional. “Volvo 7900 dengan Hibrida-Elektriknya tercatat rata-rata mengoperasikan mesin elektriknya hingga 70 persen rute. Cukup senyap dan bebas emisi,” klaim Volvo Bus.

Keunggulan dari performa Volvo 7900 Hibrida-Elektrik adalah pada pengoperasian motor listrik sangat mudah dan cepat. Dengan stasiun pengisian yang tepat, bus ini hanya membutuhkan waktu enam menit pengisian listrik. Bahkan, teknologi yang melekat pada bus yang diujicoba itu memungkinkan bus bisa beroperasi dengan mesin elektrik di area tertentu.

Bus dengan panjang 12 meter ini didukung oleh mesin diesel commonrail empat silider segaris D5K240 berkapasitas 5,1 liter berstandar Euro 6. Mesin bisa menghasilkan tenaga 240 HP pada torsi maksimum 1585 Nm dengan putaran mesin di angka 1200 – 1600 rpm. Mesin diesel bekerja saat bus menanjak. Sementara di jalan datar mesin listrik yang menghasilkan tenaga 150 HP bekerja. Untuk transmisi, Volvo 7900 mengandalkan transmisi otomatis Volvo I-shift AT2412E.

Demi menjamin emisi gas buang yang sesuai standar Euro 6 berbagai kelengkapan dipasang sebagai penyaring. Desain knalpot/muffler sangat diperhatikan dan ada beragam penyaring gas buang yang ditempatkan di saluran pembuangan. Ada Diesel Oxidation Catalyst (DOC), Diesel Particulate Filter (DPF), Selective Catalytic Reduction (SCR), Ammonia Slip Catalyst (ASC), ada pula generasi DPF terbaru yang otomatis bekerja saat pengemudi bekerja dalam kondisi tidak normal.

Sementara itu, sebagai pendukung kerja motor listrik ada Lithium-Ion battery sebagai penyimpan tenaga. Sistem pendinginan berbasis water cooled. Sistem pengisian cepat bisa mengisi battere dengan mekanisme pengisian diletakkan di atas bagian depan bus. Ada pantograf yang naik saat pengisian dimulai. System yang dirancang serba otomatis itu memungkinkan pengisian 150 kW hanya menghabiskan waktu 6 menit saja.

“Sejumlah kota di Eropa sangat tertarik dengan teknologi Hibrida-Elektrik ini. Hamburg, Luksemburg dan Stockholm sudah menandatangani kontrak pemesanan untuk pengadaan bus di tahun 2014 dan 2015. Produksi massal selanjutnya kami mulai di tahun 2016,” demikian rilis itu menyebutkan.

Pilihan teknologi yang menjadi fokus pabrikan di Eropa tidak terlepas dari peraturan yang berlaku di benua itu. Aturan tentang emisi gas buang yang rendah membuat pabrikan berlomba-lomba menghasilkan produk yang ramah lingkungan. Sementara aturan keselamatan, mau tak mau mendorong pabrikan berinvestasi menciptakan teknologi pintar demi menekan angka kecelakaan di jalan. (naskah : mai/foto : Volvo Bus)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013