Rabu, 20 November 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
BUS BESAR MULAI RAMBAH INDONESIA
 
20 September 2014


(Jakarta – haltebus.com)
PT. Mercedes-Benz Indonesia memperkenalkan kepada media, chassis terbaru yang telah dipersiapkan sejak tahun lalu. Chassis OC 500 RF-2542, bus dengan tiga sumbu roda. "Kami memperkenalkan chassis premium terbaru yang lebih bertenaga dengan perangkat keamanan yang baik," kata Director of Sales and Marketing Commercial Vehicle PT. MBI, Olaf Petersen Kamis (18/9/14) di arena Indonesia Internasional Motor Show 2014 di Kemayoran, Jakarta.

Chassis OC 500 RF-2542 pertama sebetulnya sudah dipersiapkan sejak triwulan keempat 2013 lalu. Satu unit diantaranya telah selesai dibangun di Karoseri Adiputro untuk PO Kurnia, dan kini beroperasi melayani rute Banda Aceh – Medan.

PT. Mercedes-Benz menunggu waktu yang pas untuk memperkenalkan chassis dengan mesin bertenaga besar dan panjang 13,5 meter. Dimensi panjang bus ini 1,5 meter lebih panjang dari bus pada umumnya, tenaganya 422HP. Maklum tahun 2014 adalah tahun politik, mulai pemilu legislatif hingga pemilu presiden yang menyita perhatian seluruh masyarakat Indonesia sedikitnya delapan bulan. Beberapa operator bus potensial sesekali diajak untuk melihat chassis ini secara terbatas mengingat banderol harga Rp. 1,5 miliar yang bisa menyentuh dasar kantong operator bus.

Deputy Director of Sales Bus Operation Commercial Vehicle PT. MBI, Adri Budiman, menyatakan chassis OC 500 RF-2542 tidak diproduksi di Fasilitas Perakitan PT MBI di Wanaherang. Mereka mendatangkan dalam bentuk completly built up. "Tergantung regulasi pemerintah yang memungkinkan populasi chassis bus ini bisa bertambah. Sementara ini kami melihat untuk merakit chassis di Wanaherang dari sisi teknis dan cost tidak sepadan," kata dia.

Dirakit di Spanyol, OC 500 RF-2542 memiliki beragam fitur dan tawaran fungsi yang menarik. Perangkat keamanan standar Mercedes-Benz bisa ditemui pada produk ini. Ada Anti-lock Brake System (ABS) dan Electrically Distribution Brake (EDB) yang dilengkapi retarder dan rem cakram, Electronic Stability Program (ESP), serta kontrol elektronik untuk kinerja mesin yang memungkinkan mekanik mendeteksi kegagalan fungsi mesin. Ada pula tombol pemutus arus listrik yang tersedia di dashboard pengemudi.

Standar kenyamanan yang ditawarkan chassis juga menunjukkan segmen yang disasar PT. MBI yakni pangsa pasar bus premium. Tiga sumbu yang menopang bus dilengkapi suspensi udara. Khusus sumbu terdepan, PT. MBI memilih menghadirkan sumbu yang bersifat independen. Secara struktur OC 500 RF-2542 tak jauh berbeda dari pendahulunya OC 500 R-1836. Tiga sumbu roda ini secara teknis membuat titik beban bus terbagi merata sepanjang 13,5 m. "Dengan tiga sumbu roda chassis OC 500 RF-2542 ini bisa dibuat bus berlantai satu, juga cocok untuk bus tingkat wisata premium," kata Adri.

Deputy Director Marketing Communication PT. MBI Elvera N. Makki menambahkan OC 500 RF-2542 bisa menjadi alternatif pilihan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang berencana membuat bus tingkat wisata. Menurut dia, Mercedes-Benz berkomitmen untuk menghadirkan produk terbaik dalam rangka perbaikan angkutan massal di Jakarta. "Produk Mercedes-Benz sudah dikenal di Jakarta dan teruji dalam melayani angkutan kota di Jakarta. Kami menawarkan bus dengan kualitas terbaik di kelasnya," katanya.

Komitmen untuk menjaga kualitas produk OC 500 RF-2542 juga ditegaskan Olaf Petersen. Dia menjamin pihaknya siap melayani pelanggan dimana pun dengan kebutuhan apa pun. "Pelanggan kami selalu mendapat prioritas agar mereka mendapatkan dukungan yang diperlukan dalam menjalankan usahanya," ujarnya mantap.(naskah : mai/foto : mai/istimewa)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013