Minggu, 25 Juni 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
DUA GENERASI DALAM 20 TAHUN DARI STUTTGART
 
24 November 2014


(Jakarta – haltebus.com) Bus wisata Mercedes-Benz Tourismo merayakan kehadirannya yang ke-20 tahun November ini. Lahir di Eropa pada tahun 1994, dua generasi Tourismo telah dibuat 21 ribu unit di unit produksi bus Mercedes-Benz. “Awalnya dibangun sebagai bus berlantai tinggi dalam satu varian panjang. Generasi Tourismo yang dipasarkan sekarang mencakup berbagai model yang melayani kebutuhan segmen pasar yang luas,” demikian rilis daimler.com, Kamis (20/11/14).

Kelahiran Tourismo cukup istimewa. Bus yang mengusung konsep ekonomis dan fungsionalitas itu adalah bus pertama yang diproduksi Mercedes-Benz dan dipasarkan dengan nama. Sebelumnya produk-produk Mercedes-Benz hanya diberi nama berupa penomoran seri saja. Bus yang dibuat di Turki ini memulai debutnya di musim gugur tahun 1994, ketika secara resmi diperkenalkan sebagai Mercedes-Benz O 350 Tourismo.

Saat itu, Mercedes-Benz memposisikan Tourismo pada segmen yang khusus. Ada bus dengan kemewahan tinggi dan berlantai tinggi, yakni Mercedes-Benz O 404 dengan sepsifikasi tertinggi. Sedangkan O 350 Tourismo diarahkan lebih ke arah bisnis kelas yang lebih ekonomis juga nyaman dan kokoh.

Desain gaya bodi menyapu pilar C yang khas dan garis swage tak putus. Di atas lengkungan roda tersembunyi fitur teknis kelas atas : chassis yang luar biasa, menampilkan multi-link suspension pada suspensi depan dan rem cakram sangat canggih dan state-of-the-art kokpit keduanya mengadopsi yang tertanam di seri O 404.



Strategi Mercedes-Benz dengan kehadiran O 350 Tourismo untuk memecah industri bus konvensional masa itu. Di produksi dengan versi 2-axle memiliki fitur yang lengkap di kelanya dan tersedia hanya untuk bus 12 meter. “ Ini adalah solusi ideal, pada saat operator bus cenderung lebih mengantarkan pelanggan dalam waktu singkat sesuai kebutuhan mendesak mereka,” demikian daimler.com.

Bus ini mengusung mesin V8 diesel turbocharged 14,6 liter yang legendaris dengan output tenaga 280 kW/381 HP, transmisi manual enam percepatan. Transmisi itu akhirnya berkembang Electro-Pneumatic Shift (EPS) pada mesin Euro 3.

Keunggulan ini membuat O 350 Tourismo meraih penjualan terbaik tahun 1998, empat tahun setelah peluncuran. Perbaikan tampilan tahun 1999 mengubah pilar C menjadi diperpanjang ke depan di sisi pintu dengan penambahan panel dasar baru. Sementara lampu depan dan belakang juga tampil baru. Sejumlah perubahan juga dilakukan pada interior. Akhirnya namanya pun disebut Mercedes-Benz Tourismo.

Sepuluh tahun setelah kelahirannya, Tourismo mencatatkan Edisi ke 10 ribu. Dengan rata-rata produksi seribu unit per tahun, Tourismo terus dikembangkan. Tim pengembangan Mercedes-Benz terus memperbaharui mulai, lantai aluminium untuk bagasi, wadah air aluminium dan modifikasi lain yang bisa mengurangi berat bus tanpa muatan hingga setengah ton.

Puas dengan kinerja penjualan Tourismo, generasi kedua diperkenalkan tahun 2006 dengan konsep baru. Setelah terjual 12 ribu unit di lebih dari 50 negara, Tourismo menjadi bintang baru diantara bus wisata. Bus dengan lantai itu mulai diproduksi dalam tiga varian panjang yang berbeda mulai 12,1 sampai 14,0 m. Ada varian dua poros dan untuk pertama kalinya diperkenalkan varian berporos tiga.

Desain eksterior Tourismo pun berubah. Garis fitur di sisi samping membentuk hubungan antara kaca dan atap eksterior menjadi gaya menyapu yang baru dari pendahulunya. Peralatan yang dipasang pada Tourismo juga disesuaikan dengan kebutuhan operasi di berbagai negara. Kabin pengemudi yang baru menawarkan kebebasan bergerak dan perpindahan tuas persneling. Fitur keselamatan utama termasuk sistem stabilitas elektronik/ Electronic Stability Programme (ESP) yang menjaga stabilitas gerak bus mulai tertanam.

Pada edisi 2006, Tourismo ditopang mesin enam silinder segaris yang menghasilkan 260 kW/354 HP, 300 kW/408 HP. Sementara untuk 3-axle bisa menghasilkan 315 kW/428 HP. Mesin sudah berstandar emisi Euro 4. Kinerja mesin saat beroperasi didukung transmisi manual enam percepatan. Tiga tahun kemudian, Mercedes-Benz memperluas jangkauan lagi dengan Tourismo posisi kemudi di sisi kanan. Semua model Tourismo bisa dilengkapi opsi transmisi otomatis Mercedes GO 240-8 PowerShift delapan kecepatan sebagai pilihan.

Versi pengemudi di sisi kanan dan transmisi otomatis membuka potensi penjualan baru untuk Tourismo. Tak salah jika angka penjualan melejit. Pada tahun 2008, produksi tahunan memecah angka keramat 1.000 unit, dengan produksi yang dihasilkan pada tahun itu 1.273 unit. Mercedes-Benz memproduksi 5 ribu unit Tourismo generasi kedua pada Februari 2012, sehingga membukukan angka 17.500 unit secara keseluruhan.



Liberalisasi transportasi bus jarak jauh di Jerman tahun 2013 memberikan dorongan penjualan Tourismo yang mengusung konsep ekonomis. Pertumbuhan penjualan menyentuh rekor baru sepanjang masa kehadirannya, yakni 1.530 unit. Pada saat yang sama, total penjualan kendaraan sejak tahun 1994 mencapai 20 ribu unit.

Pengembangan Tourismo di masa depan sudah dirintis pada tahun 2013. Mesin enam silinder 10,7 liter dengan variasi tenaga 265 kW/360 HP dan 315 kW/428 HP berstandar emisi Euro VI yang bersih, efisien dan berdaya tahan tinggi. Varian baru Tourismo K diluncurkan dengan panjang 10,3 m untuk menjangkau pasar bus wisata yang kompak. Spesifikasi yang tersedia memungkinkan seri K ini digunakan sebagai shuttle VIP, bus klub dan bisa bermanuver di jalan sempit pedesaan. Dari kompartemen mesin, tenaga yang dihasilkan mesin diesel enam silinder segaris berkapasitas 7,7 liter mencapai 260 kW/354 HP.

Menyambut hari jadinya yang ke-20, Mercedes-Benz menghadirkan perangkat sistem keamanan Lane Asist dan sistem pengereman darurat Advanced Emergency Braking System (AEBS). Sistem yang terakhir ini bekerja otomatis di saat kritis jika pengemudi gagal menghindari resiko tabrakan.

Angka 9.4000 unit terjual untuk gerenasi kedua dan catatan rekor penjualan 21 ribu di tahun ke-20 membuat Mercedes-Benz bangga. Mereka menyebut Tourismo, “Terus berkuasa sebagai bus Coach No 1 di Eropa tak terbantahkan.” (naskah : mai/foto : daimler.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013