Jumat, 20 September 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
LEVEL BARU MENIKMATI BUS DI INDONESIA
 
28 November 2014


(Nusa Dua – haltebus.com) Setelah ditunggu sejak akhir tahun lalu, akhirnya PT. Mercedes-Benz Indonesia resmi meluncurkan chassis terbaru mereka OC 500 RF-2542. Chassis dengan tiga poros ini menjadi chassis pertama bus berporos tiga yang dipasarkan Meredes-Benz di Indonesia. “Ini adalah bus terpanjang, terkuat dan bus dengan teknologi terbaru dari Mercedes-Benz yang memperhatikan keselamatan dan kenyamanan,” ujar Director of Sales Commercial Vehicle PT. Mercedes-Benz Indonesia (MBI), Olaf Petersen, di Nusa Dua, Bali, Kamis (27/11/14) dalam acara peluncuran itu.

Chassis OC 500 RF 2542 melengkapi chassis kelas bus premium yang dipasarkan PT. MBI. Tiga chassis sebelumnya yang diperkenalkan sejak 2011 adalah OH-1526, OH-1626, O 500 R-1836. Sebelum meluncurkan O 500 R-1836 PT. MBI ada satu tipe yang sempat dipasarkan secara terbatas yakni OH-1830 sebagai tes pasar untuk bus bertenaga besar. Ragam tipe chassis yang dijual PT. MBI tersebut mewakili perkembangan teknologi chassis dan kelas yang mereka tawarkan pada para pelanggannya.

Pada chassis OH-1526 bus dengan tenaga 260 HP dengan sistem elektrifikasi pada mesin OM906LA Euro 3 penyempurnaan sistem pada mesin OM906LA pada OH-1525. Sementara OH-1626 teknologi mesin yang sama dengan OH-1526 hanya diperbaharui menggunakan suspensi udara. Sementara untuk O 500 R-1836 teknologi mesin OM457LA Euro 3 yang menghasilkan tenaga 360HP menjadi kelas baru bertenaga besar dari Mercedes-Benz di Indonesia. Beragam fitur keselamatan seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking Distribution (EDB), Acceleration Skid System (ASR) dan retarder yang melengkapi sistem pengereman yang dilakukan oleh rem cakram, tertanam di O 500 R-1836.



Kini Chassis OC 500 R 2542 bersumbu tiga atau yang populer disebut 3-axle menghadirkan fitur terbaru selain fitur standar yang sudah diperkenalkan pada versi O 500 R-1836, ada dua fitur penambahan. Electronic Stability Program (ESP) dan intarder untuk menjaga kestabilan dan effektifitas pengereman pada chassis yang masih diproduksi di perakitan
Mercedes-Benz Evobus Iberica di Spanyol ini. Fitur-fitur itu untuk mengimbangi panjang bus 13,5 meter, tenaga OM457LA yang mencapai 422HP serta kapasitas tempat duduk yang lebih banyak dibandingkan bus 12 meter. “Semuanya ini menjadi level baru untuk kenyamanan, keamanan dan teknologi bus di Indonesia,” ujar Olaf.

 

Menurut Deputy Director Commercial Vehicle Bus Sales Operation PT. MBI, Adri Budiman, untuk menambah kenyamanan pihaknya juga menghadirkan transmisi semi otomatis (automated transmission). Transmisi ZF AS Tronic 12 dengan 12 percepatan membuat akselerasi mesin lebih halus. Bersama intarder deselarasi mesin untuk mendukung sistem pengereman juga lebih tidak terasa bagi penumpang. “Automated transmission ini jika dibandingkan yang manual lebih ekonomis, karena putaran mesin bisa terjaga saat perpindahan gigi. Ada pula Eco gear pada dashboard yang memberi peringatan kapan pengemudi pindah tuas persneling di posisi 1-2-3,” katanya.




Adri menambahkan, panjangnya bus 13,5 meter juga tidak akan menjadi masalah. Sebab poros ketiga dilengkapi penggerak. Walaupun gerakannya tak seperti poros pertama, namun poros ketiga yang bisa bergerak mengikuti pergerakan poros pertama bisa mempermudah manuver di bawah kecepatan 20 km/jam. Panjangnya chassis space-frame juga memungkinkan operator bus memuat bagasi lebih banyak dibandingkan bus 12 meter. Dia mengklaim jika bagasi diisi penuh 10 unit sepeda motor pun bisa masuk di dalamnya. Selain itu, fitur tambahan lain adalah level adjuster untu suspensi udara yang memungkinan suspensi udara bisa diatur ketinggiannya. Fitur ini sangat membantu bus-bus dengan layanan antar kota antar provinsi.

Hanya berselang sehari setelah diperkenalkan pada media, PT. MBI mengajak pelanggannya untuk menguji kehandalan fitur yang mereka tawarkan. Mulai dari mitra mereka yakni karoseri pembuat bus, pemasok perlengkapan bus hingga operator bus. Mereka terlihat antusias mengikuti acara ini, tentunya sekaligus melihat dan merasakan apa yang dijanjikan Mercedes-Benz lewat produk terbarunya.

Bagi anda yang penasaran untuk merasakan fitur-fitur handal Mercedes-Benz, sementara harus pergi ke Medan. Di sana ada dua operator bus, PO. Kurnia dan PO. Putra Pelangi yang sudah mengoperasikannya sedikitnya lima bus. Sementara di Jawa baru operator bus wisata PO. Pandawa 87 yang berbasis di Pasuruan yang memiliki OC 500 RF-2542. Informasi yang berhasil digali haltebus.com, sedikitnya 10 -15 unit chassis OC 500 RF-542 sepanjang 2014 hingga semester pertama 2015, itu sudah dipesan pelanggan. (naskah : mai/foto : mai/istimewa)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013