Selasa, 16 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
ADA PERANGKAT KESELAMATAN PASIEN JANTUNG DALAM BUS
 
20 Februari 2015


(Jakarta – haltebus.com)
Kemajuan teknologi bus belakangan ini yang semakin berkembang membuat perusahaan pembuat bus asal Belanda VDL membuat terobosan-terobosan. Perusahaan itu mengikat kerja sama dengan salah satu raksasa elektronik asal Belanda, Philips, untuk komponen yang mendukung kinerja bus. “Royal Philips dan VDL Bus & Coach menandatangani kerja sama dalam rangka melengkapi bus-bus dengan perangkat pintar Automated External Defibrillators (AED) dan perangkat keselamatan darurat sebagai perangkat opsional,” demikian rilis yang diterima haltebus.com, Kamis (19/2/15).


Perangkat AED ini melengkapi bus-bus VDL untuk kebutuhan darurat yang terjadi pada penumpang yang terkena serangan jantung. Bus-bus yang memiliki perangkat itu akan terhubung dengan sistem AED. Dalam sistem AED bisa mendukung pelayanan yang cepat dan bisa meningkatkan kesempatan bertahan hidup penumpang yang terkena serangan jantung di tempat terpencil sekalipun.

Kinerja cepat perangkat pintar ini dimungkinkan dengan adanya perangkat Global Positioning System (GPS). Perangkat AED bisa terpantau saat menyala dalm jaringan sistem yang dibangun Royal Philips. Perangkat AED dilengkapi dengan teknologi komunikasi khusus yang secara otomatis melaporkan apakah sistem bekerja dengan baik dan siap untuk digunakan.

Status sistem individual yang terpasang pada bus dapat dipantau dari jarak jauh dan ada sistem komunikasi cepat dalam keadaan darurat. Ada sistem dimana orang-orang yang tepat dapat diberitahukan melalui e-mail, teks atau telepon. Selain itu, ada juga sistem secara real-time jika AED telah diaktifkan dan lokasi yang tepat dapat ditentukan melalui GPS.

Paket perangkat ini juga dapat mengukur suhu lingkungan dan kelembaban relatif sekitar AED. Dukungan hidup dan pembinaan selama tindakan resusitasi jantung dapat diberikan melalui fungsi komunikasi suara yang menghubungkan pengguna ke layanan darurat. Sistem berlangganan itu memberikan keuntungan bagi pelanggan karena tidak ada biaya tambahan untuk pemeliharaan dan tidak ada investasi dalam peralatan.

Penandatanganan kerja sama ini menandai tersedianya fitur baru pada produk bus VDL. Perusahaan angkutan penumpang yang memesan beragam model bus dari VDL Bus & Coach bisa memilih fitur AED. Fitur AED akan dikelola perusahaan pembuatnya, Royal Philips. Operator bus bisa menikmati layanan pemeliharaan dan pengujian dari Royal Philips.

“Kami melihat peningkatan permintaan dari berbagai pihak untuk AED, sehingga orang memiliki kesempatan yang lebih baik untuk bertahan hidup dari serangan jantung mendadak ketika mereka berada di tempat kerja atau di mana saja," kata Senior Manager AED Market Development Philips, Leon Lumens.

Lumens menyambut baik kerja sama dengan VDL Bus & Coach ini. Menurut dia, perjanjian kedua belah pihak menunjukkan keberadaan perangkat AED menjadi lebih mudah ditemui di lokasi umum. “Dan itu adalah hal yang baik, karena akan menyelamatkan lebih banyak nyawa,” ujar Lumens.

Bagi VDL Bus and Coach, perangkat kesehatan ini memberi nilai tambah bagi produk-produknya dalam hal kenyamanan dan keselamatan penumpang. "VDL berusaha untuk menjamin tingkat tertinggi kenyamanan dan keamanan bagi jutaan penumpang pelanggan kami. Membawa mereka ke berbagai destinasi di seluruh dunia,” ujar Product Manager VDL Bus & Coach, Pieter Gerdingh.

Salah satu produk bus VDL yang laris di pasaran adalah model bus untuk kebutuhan wisata. Tidak sedikit turis yang menumpang bus wisata itu adalah orang-orang lanjut usia. “Dalam masyarakat dengan kelompok usia tua yang aktif keluar dan berada di dalam bus perangkat AED menjadi nilai tambah yang besar untuk transportasi yang aman,” kata Gerdingh lagi.

VDL Bus & Coach yang berpusat di Belanda ini memproduksi beragam jenis bus untuk berbagai kebutuhan transportasi, termasuk chassis. Tak hanya pusat perakitan, VDL Bus & Coach juga memiliki jaringan penjualan di 30 negara baik di Eropa maupun belahan benua lain dunia. Perusahaan ini memiliki jaringan servis yang luas sehingga memungkinkan pelanggannya mendapatkan suku cadang, bahkan memodifikasi bus sesuai kebutuhan. (naskah : mai/foto : VDL Bus & Coach)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013