Selasa, 16 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
SETRA RAIH GERMAN DESIGN AWARD 2015
 
23 Februari 2015


(Jakarta – haltebus.com) Penghargaan kerap menjadi tolok ukur prestasi seseorang atau sebuah institusi. Penghargaan menjadi tradisi yang diraih salah satu pembuat bus asal Jerman, Setra, yang bernaung di bawah Daimler Grup. Tahun ini dua model mereka Setra ComfortClass dan Setra TopClass mendapat penghargaan German Design Award 2015. “Setra TopClass 500 dan ComfortClass 500 menerima German Design Award Special Mention 2015 dengan predikat Excellent Product Design dalam kategori Desain Produk Transportasi dan Publik,” demikian rilis Daimler yang diterima haltebus.com, Selasa (17/2/15).

Penghargaan ini bukan penghargaan pertama yang diterima kedua model itu. Setelah Setra ComfortClass 500 menerima Red Dot Award di tahun 2013, saudaranya Setra TopClass 500 juga menerima penghargaan yang sama di tahun 2014. Sederetan penghargaan lain juga disandang keduanya. Tentu saja ComfortClass 500 masih lebih lebih banyak karena lahir lebih dahulu dari TopClass 500.

Kali ini keduanya mendapatkan penghargaan bersamaan. Rat der Formgebung (Dewan Desain), entitas Merek dan Desain yang didirikan di Jerman tahun 1953, menganugerahi German Design Award Special Mention 2015. Lembaga yang diinisiasi oleh German Bundestag (Parlemen Jerman) menyatakan banyak aspek yang mendasari penilaian mereka.

“Desain aerodimanis di bagian luar dengan buntut bisa mengalirkan udara yang inovatif, bentuk secara keseluruhan mengagumkan dari keluarga model bus Setra ini,” demikian penilaian Rat der Formgebung seperti dikutip dalam rilis Daimler.

Mereka juga menilai, desain tampilan luar yang aerodinamis itu juga dipercantik dengan elemen-elemen desain model 500 dari kedua kelas itu yang progresif. Elemen desain inilah yang dinilai menampilkan unsur elegan dan kemewahan pada produk Setra.

Keselarasan antara kenyamanan, nilai tambah, bentuk dan warna hasil dari keserasian peralatan yang terpasang juga menjadi perhatian juri. Ada pula penilaian mereka tentang desain ergonomis untuk interior di seputar kabin pengemudi. Pencahayaan LED juga membuat suasana seperti di dalam rumah yang juga memperhatikan aspek keselamatan, menjadi catatan tim juri.

Kualitas yang diperhatikan Setra dari kedua model seri 500 itu membuat dewan juri menganuerahi Setra penghargaan Special Mention (perhatian khusus). Penghargaan itu menjadi pengakuan atas desain yang menampilkan aspek yang kompleks dan penghargaan atas komitmen perusahaan dan desainer untuk menhadirkan produk yang unggul.

Mathias Lenz, Head of Design Daimler Bus, sangat senang dengan penghargaan ini. “Bagi kami penghargaan ini adalah pengakuan yang sangat istimewa, karena menggabungkan desain model seri dua TopClass 500 dan 500 ComfortClass," ujarnya.



Penganugerahan German Design Award sendiri akan berlangsung di Februari 2015. Beragam penghargaan atas produk industri pembuat bus itu menjadi tolok ukur prestasi yang diraih setiap pabrikan pembuat bus. Dengan penghargaan yang diberikan institusi independen di bidang desain produk, nilai tambah, keekonomisan, kemewahan dan perangkat pendukung yang fungsional bisa diukur. Pabrikan pun dengan mudah menentukan standar seperti apa yang ingin diraihnya. (naskah : mai/foto : Daimler Bus)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013