Sabtu, 20 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
HINO AWALI KERJA SAMA DENGAN TRANSJAKARTA
 
04 Maret 2015


(Jakarta – haltebus.com) PT. Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) menyerahkan satu unit kendaraan untuk perbaikan armada pada PT. Transjakarta. Kendaraan yang dilengkapi beragam kebutuhan penanganan kerusakan darurat di jalan itu, diserahkan oleh Presdir PT. HMSI Hiro Kayanoki dan diterima Direktur PT. Transjakarta Antonius N.S. Kosasih. Penyerahan ini disaksikan Gubernur DKI Jakarta, di kantor Balaikota, Selasa (3/3/15).


“Kami senang Transjakarta mendapat bantuan, mau satu mau berapapun kami terima, namanya juga bantuan. Tapi saya berharap truk ini gak perlu jalan, kalau jalan kan berarti gak siap operasi Transjakarta. Saya mau semua bus Transjakarta harus siap beroperasi sebelum keluar pool,” kata Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.


Basuki yang akrab disapa Ahok itu mengaku senang PT. HMSI mau ikut mendukung kebutuhan Pemprov DKI Jakarta. Menurut dia, saat ini PT. Transjakarta membutuhkan banyak armada. Konsekuensinya, dibutuhkan pengemudi dan mekanik yang bisa merawat bus agar tidak mogok di jalan saat beroperasi melayani warga Jakarta.


Ahok membuka kerja sama yang lebih luas dengan PT. HMSI. Dia mempersilahkan pabrikan bus yang ada di Indonesia untuk ikut memasok kebutuhan bus sekaligus melatih pengemudi dan mekaniknya. “Pengemudi bus Transjakarta gaji dua setengah kali UMR, syaratnya harus sarjana. Ini gak masuk akal. Saya sudah minta agar persyaratan itu diubah, dan siapapun yang ingin menjadi pengemudi bisa ikut pelatihan di BLK (Balai Latihan Kerja),” kata Ahok.

Dalam sambutannya, President Director PT. HMSI Hiro Kayanoki mengaku senang Hino bisa ikut mendukung program angkutan massal Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selama 11 tahun terakhir. Dia yakin, angkutan umum yang nyaman dengan perawatan yang baik akan membuat warga Jakarta. “Kami akan mendukung pelatihan pengemudi dan mekanik demi keselamatan, effesiensi operasional dan perawatan bus Hino,” ujarnya.


Menurut Kayanoki Penyerahan kendaraan perbaikan adalah bagian dari kerja sama ini PT. HMSI untuk mendukung operasional. Kendaraan hibah sebagai bagian dari Coorporate Social Responsibility (CSR) itu dilengkapi dengan beragam peralatan perbaikan. Ada tabung oli untuk mesin dan kebutuhan pelumas, ada genset, ada kompresor, kotak perlengkapan, serta crane untuk mengangkut mesin dalam keadaan mendesak.


Direktur Utama Transjakarta, Antonius N. S. Kosasih menyatakan penghargaannya atas bantuan dari PT. HMSI. Dukungan operasional, kata dia, memang sangat dibutuhkan. Semakin hari jumlah penumpang yang diangkut bus-bus Transjakarta meningkat. Dibutuhkan kendaraan yang siap operasi dengan dukungan teknis yang lengkap. “Tahun 2012 Transjakarta mengangkut 120 ribu penumpang dan tahun 2014 naik menjadi 320 ribu penumpang. Kami butuh banyak armada dan peremajaan armada yang ada,” kata dia.

Di tempat yang sama, Deputy General Manager Trainning & Dealer Development Division PT. HMSI, Roffi Tresmawan menyatakan, pihaknya tengah merumuskan kerja sama pelatihan dengan BLK. Menurut dia, kerja sama ini baru pertama kali dilakukan antara Pemprov DKI Jakarta dan swasta. “Ini juga pengalaman baru bagi kami karena kami melatih peserta didik dari nol hingga mengenal karakter kendaraan Hino,” katanya.(naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013