Kamis, 19 Oktober 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
PENETRASI PASAR CITEA DI FINLANDIA
 
16 Maret 2015


(Jakarta – haltebus.com) Beragam teknologi bus yang tersedia di Eropa ternyata memiliki segmen pasar yang berbeda-beda. Salah satu pabrikan bus, VDL Bus & Coach, asal Belanda mendapat tambahan pesanan dari salah satu operator besar di Finlandia, Koiviston Auto. “Pengalaman positif kami dengan bus ringan ini di kota-kota Kuopio, Lahti dan Jyväskylä, telah meyakinkan kami untuk memesan Citea LLE,” kata CEO Koiviston Auto, Antti Norrlin, dalam rilis yang diterima haltebus.com, Senin,(9/3/15).

VDL Bus & Coach telah mengirimkan 78 unit bus model Citea Light Low Entry (LLE) yang mereka produksi untuk Koiviston Auto pada musim panas 2014. Kini mereka memesan lagi 30 unit model Citea tipe yang sama. Citea LLE adalah salah satu model bus kota yang dibuat oleh VDL Bus & Coach dengan mesin diesel berstandar Euro 6. Dalam yang dirilis di situs resmi VDL, Citea LLE mengusung konsep bodi bus yang ringan dan berlantai rendah. Citea dirancang khusus untuk kondisi di dalam kota maupun transportasi antar kota jarak dekat.

Metode konstruksi thought-out, di klaim VDL, bisa menghasilkan berat yang sangat rendah pada bodi bus cukup signifikan menekan konsumsi bahan bakar jauh lebih rendah. Otomatis biaya pemeliharaan juga lebih rendah. Penghematan yang didapat operator bus antara 10 – 20% dibandingkan dengan bus konvensional, terutama karena konsumsi bahan bakar. “Dalam hal konsumsi bahan bakar, kenyamanan berkendara dan biaya pemeliharaan, telah meyakinkan kami,” ujar Norrlin.

Biaya operasional yang ekonomis, menurut VDL Bus & Coach, menjadi fokus konstruksi bus VDL Citea. Pengurangan emisi juga bisa diwujudkan dengan konsumsi bahan bakar yang rendah. “Mengingat tekanan biaya saat ini, pilihan untuk konsep bodi VDL yang ringan adalah langkah logis bagi perusahaan angkutan penumpang, yang tidak hanya ingin memberikan transportasi terbaik untuk penumpang, tetapi juga berusaha untuk mengurangi emisi zat berbahaya,” demikian pernyataan VDL dalam rilisnya.

Citea LLE bersumbu dua ini memiliki panjang 12 meter. Khusus untuk Koiviston Auto, VDL Bus & Coach menyiapkan Cummins ISB6.7 (187 kW (255 HP) – 6,7 liter) dan transmisi otomatis ZF. Di dalam kabin penumpang ada 39 kursi tetap, empat kursi lipat untuk platform penumpang berkursi roda dan ruang untuk sekitar 35 penumpang berdiri.

Koiviston Auto memproyeksikan 25 unit bus untuk kota Jyväskylä, kota yang berpenduduk 136 ribu orang, kota ketujuh terbesar di Finlandia. Lima unit lainnya untuk kota Oulu, kota terbesar di Finlandia Utara, yang berpenduduk lebih dari 196 ribu orang. Pesanan akan dikirimkan pada Agustus dan September 2015.

Kursi di bus untuk kota Oulu tak seperti bus kota pada umumnya. Sandaran kursi yang tinggi (high-back), memberikan kenyamanan tambahan untuk penumpang. Dua kursi lipat dapat dikunci memungkinkan untuk digunakan sebagai kursi biasa. Citeas LLE yang beroperasi di Oulu juga digunakan sebagai bus antarkota. Interiornya dilengkapi lampu hemat energi LED memberikan pencahayaan yang seimbang. Karakteristik iklim dingin di Finlandia juga diantisipasi dengan kaca ganda, pemanas kabin dan insulasi agar panas dalam kabin penumpang bisa bertahan lebih lama.

Reputasi Koiviston Auto di Finlandia cukup baik. Perusahaan ini adalah perusahaan transportasi penumpang terbesar di Finlandia, dengan omset tahunan dari 118 juta Euro. Pendapatan mereka dihasilkan dari layanan transportasi kota dan divisi transportasi jarak jauh, didukung 1.500 karyawan dan 750 unit bus yang menempuh jarak 58 juta km per tahunnya. (naskah : mai/ foto : VDL Bus&Coach)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013